6 Cara Menghilangkan Minyak di Lantai

Ada beberapa cara ampuh yang bisa diterapkan untuk menghilangkan minyak di lantai

18 September 2021

6 Cara Menghilangkan Minyak Lantai
Freepik

Kebersihan rumah membawa rasa nyaman tersendiri bagi setiap penghuninya. Namun, beberapa aktivitas yang dilakukan di rumah terkadang membuat lantai rumah menjadi kotor, terutama aktivitas memasak.

Aktivitas memasak seperti menggoreng, menumis, dan membakar pastinya berakhir dengan meninggalkan noda minyak di lantai. Terkadang, mengepel saja tidak cukup untuk menghilangkan minyak di lantai.

Lantai berminyak memang biasanya sulit dibersihkan. Bahkan, setelah beberapa kali dilap dengan kain pel, masih ada rasa licin dan bau minyak yang tertinggal.

Namun, Mama tidak perlu khawatir karena Popmama.com telah merangkum beberapa cara yang bisa diikuti untuk menghilangkan minyak di lantai.

Diperhatikan dengan baik yuk, Ma!

1. Menggunakan tisu dapur

1. Menggunakan tisu dapur
Pexels/charlottemay

Cara pertama yang bisa lakukan untuk menghilangkan minyak di lantai, yakni dengan menggunakan tisu dapur. Tisu dapur memiliki tekstur yang tebal dan lebar, sehingga mampu menyerap minyak. 

Usapkan tisu dapur pada lantai yang berminyak secara berkala. Pastikan juga lantai bersih secara menyeluruh dengan mengelap sela-sela lantai dengan tisu

Namun, jika minyak di lantai cenderung banyak, maka dapat dibersihkan menggunakan kain kering agar tidak boros dan buang-buang tisu.

2. Menggunakan sabun cuci piring

2. Menggunakan sabun cuci piring
Pexels/karolinagrabowska

Sabun cuci piring mempunyai kandungan zat yang efektif dalam menyerap minyak. Selain digunakan untuk membersihkan noda minyak dalam peralatan memasak, sabun cuci piring juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda di lantai.

Caranya, yakni dengan menuangkan satu sendok sabun cuci piring ke dalam wadah berisi air hangat dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tuang cairan tersebut pada lantai yang berminyak dan gosok menggunakan spons beberapa kali. Tujuannya untuk memastikan noda minyak telah hilang.

Setelah itu, bilas lantai menggunakan kain pel yang sebelumnya sudah dicelupkan pada air hangat.

Editors' Picks

3. Menggunakan alkohol

3. Menggunakan alkohol
Freepik/kamranaydinov

Alkohol memiliki banyak manfaat dalam keperluan rumah tangga, seperti membersihkan permukaan tubuh dari virus dan bakteri, membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, mengompres bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau pembengkakan, bahkan dapat menghilangkan bau pada sepatu.

Selain itu, ternyata alkohol juga bisa digunakan untuk menghilangkan minyak di lantai, caranya yakni dengan menuangkan beberapa tetes cairan alkohol pada permukaan lantai yang berminyak dan biarkan selama beberapa saat. 

Lalu, bersihkan dengan tisu dapur atau kain bersih.

4. Menggunakan terigu atau garam

4. Menggunakan terigu atau garam
Pexels/klausnielsen

Walau minyak di lantai sudah dilap menggunakan kain pel hingga bersih, terkadang permukaan lantai masih terasa licin. Untuk itu, Mama dapat menggunakan garam atau terigu untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih dan tidak licin. 

Taburkan terigu atau garam pada bagian lantai yang masih terasa licin karena minyak, lalu tunggu beberapa menit hingga seluruh minyak terserap.

Setelah itu, bersihkan sisa terigu atau garam dengan menggunakan tisu dapur dan bersihkan lantai kembali dengan kain pel.

5. Menggunakan kain microfiber

5. Menggunakan kain microfiber
Pexels/karolinagrabowska

Kain microfiber merupakan kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester dan 20 persen bahan polyamide. Kain ini memiliki tekstur serat yang sangat halus dan lembut, serta ampuh dalam membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan dengan kain biasa.

Untuk menghilangkan minyak di lantai dengan menggunakan kain microfiberMama dapat membasahi kain terlebih dahulu dengan air hangat sebelum mengusapnya ke bagian lantai yang berminyak.

Demi hasil yang optimal, Mama dapat menambahkan cairan deterjen agar noda minyak terangkat seluruhnya.

6. Menggunakan baking soda

6. Menggunakan baking soda
Freepik

Cara terakhir yang dapat Mama lakukan untuk menghilangkan minyak di lantai, yakni dengan menggunakan baking soda. 

Campurkan baking soda dengan air hangat dalam mangkuk dan aduk hingga menjadi cairan. Kemudian, celupkan kain bersih pada cairan tersebut dan usapkan pada bagian lantai yang terkena minyak.

Untuk noda minyak di lantai yang membandel, Mama dapat mengaduk campuran air hangat dan baking soda hingga mengental dan berbentuk seperti pasta, lalu usapkan pada lantai tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk menghilangkan minyak di lantai. Semoga informasinya bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.