7 Cara Ampuh Mengusir Lalat di Rumah dengan Bahan Alami

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat

24 September 2021

7 Cara Ampuh Mengusir Lalat Rumah Bahan Alami
Pexels/jerseypics

Lalat merupakan jenis serangga yang sering ditemui di rumah, khusunya di area dapur. Lalat biasanya berkeliaran di tempat kotor, lalu hinggap di makanan dan minuman. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena makanan dan minuman tersebut akan terkontaminasi oleh bakteri yang dibawa lalat.

Lalat dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tifus, diare, disentri, dan sumber penyakit lainnya karena banyaknya bakteri yang dibawa pada tubuh serangga tersebut.

Untuk itu, menjaga kebersihan rumah pun menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar lalat tidak masuk ke rumah. Cara mengusir lalat relatif mudah dan dapat menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya ditemukan di rumah.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir lalat di rumah.

1. Bunga lavender

1. Bunga lavender
Unsplash/pplpw

Bunga lavender umumnya dirawat sebagai tanaman hias di dalam rumah untuk memperindah tampilan ruangan.

Aroma alami yang dimiliki bunga ini juga dapat membuat seluruh penjuru ruangan terasa harum dan terbukti ampuh dalam mengusir lalat. Pasalnya, aroma dalam bunga lavender memiliki kandungan linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai serangga seperti lalat.

Mama dapat menaruh beberapa tangkai bunga lavender ke dalam pot dan menempatkannya di setiap sudut ruangan yang kerap dihinggapi lalat. Dijamin, lalat akan pergi dengan sendirinya. 

2. Garam

2. Garam
Pixabay/katie175

Selain berguna sebagai bumbu penyedap masakan, ternyata garam juga ampuh dalam mengusir lalat di rumah lho, Ma.

Caranya, yakni hanya perlu merebus garam dalam panci yang telah diisi dengan dua gelas air. Setelah air garam larut, lalu dinginkan beberapa saat. Lalu, jika sudah dingin bisa langsung dituangkan ke dalam botol. Semprotkan larutan air garam tersebut pada lalat agar pergi menjauh.

Cara lainnya yang dapat Mama lakukan, yakni dengan menaburkan garam di sekitar tempat yang sering dihinggapi lalat, seperti dapur, tempat sampah, dan meja makan.

Editors' Picks

3. Cuka apel

3. Cuka apel
entrepo.co.za

Bau asam menyengat yang dimiliki cuka apel ternyata disukai lalat. Jadi, Mama dapat memanfaatkannya sebagai perangkap untuk mengusir lalat.

Caranya, yakni dengan menyiapkan gelas plastik dan tuangkan cuka apel hingga memenuhi separuh gelas. Kemudian tutup gelas dengan plastik dengan rapat sebelum nantinya akan membuat lubang-lubang kecil seukuran lalat. 

Aroma dari cuka apel akan mengundang lalat untuk mendekat dan masuk ke dalam gelas. Lalat akan kesulitan keluar karena lubang dari plastik sangat kecil, sehingga terperangkap di dalamnya. 

4. Daun pandan

4. Daun pandan
Freepik/Jcomp

Daun berwarna hijau dan berbentuk panjang yang biasanya digunakan untuk memasak ini rupanya memiliki aroma khas. Aroma dari daun pandan ini dibenci oleh lalat. Maka dari itu, Mama dapat menggunakannya sebagai bahan untuk mengusir lalat.

Caranya tergolong mudah, yakni dengan memotong daun pandan menjadi ukuran kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah seperti mangkuk atau piring. Kemudian, taruh wadah berisi daun pandan ke tempat yang sering menjadi sarang lalat.

5. Cengkeh

5. Cengkeh
Freepik

Cengkeh merupakan tanaman rempah yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok dan bahan masakan pedas. Aroma tajam yang dimiliki cengkeh ternyata dapat digunakan untuk mengusir lalat.

Mama dapat menaruh cengkeh pada wadah berisi air, lalu letakkan wadah berisi rendaman cengkeh tersebut pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Agar dapat mengusir lalat secara maksimal, jangan lupa untuk mengganti air rendaman cengkeh secara berkala untuk menjaga ketajaman aromanya.

6. Daun kemangi

6. Daun kemangi
Pixabay/kkolosov

Selama ini daun kemangi biasanya dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan seperti lalapan atau campuran makanan berkuah. Ternyata aroma daun kemangi yang tajam juga dapat digunakan untuk mengusir lalat lho, Ma.

Caranya mudah, yakni dengan meletakkan beberapa helai daun kemangi di dekat dapur atau area yang sering didatangi lalat. Ada cara lainnya juga, yakni dengan menaruh daun kemangi ke dalam wadah berisi air, lalu letakkan di area yang banyak dihinggapi lalat.

Ganti rendaman air dan daun kemangi agar aroma tetap segar dan efektif saat ingin mengusir lalat di rumah.

7. Kulit jeruk

7. Kulit jeruk
Freepik

Kulit jeruk kaya akan antioksidan vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kulit jeruk ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengusir serangga seperti nyamuk dan lalat. Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki senyawa limonene yang dibenci oleh serangga.

Cara membuat bahan pengusir lalat dari kulit jeruk yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu. Kemudian, letakkan kulit jeruk yang sudah kering di tempat-tempat yang banyak dihinggapi oleh lalat. Aroma yang muncul dari kulit jeruk ini akan membuat lalat pergi.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir lalat di rumah. Semoga informasinya bisa bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.