Ayo, Lengkapi Aquarium di Rumah Dengan 5 Jenis Tanaman Aquascape Ini

Java Moss tidak membutuhkan perawatan yang rumit

14 Maret 2021

Ayo, Lengkapi Aquarium Rumah 5 Jenis Tanaman Aquascape Ini
Unplash/Delbert Pagayona

Aquarium di rumah hanya berisi ikan hias saja? Nah, kini saatnya melengkapi dengan tanaman aquascape.

Tanaman aquascape adalah ragam jenis tumbuhan yang banyak diletakkan di dalam aquarium sebagai hiasa, sehingga keberadaannya bisa memperkaya keindahan aquarium seperti di dasar laut.

Secara sederhana, aquascaping adalah layaknya berkebun di dalam aquarium. Namun tanaman aquascape ada banyak macamnya.

Berikut ada 5 pilihan jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh dan cocok untuk pemula. Yuk, simak ulasannya dari Popmama.com :

1. Anubias Coffeefolia yang tahan banting dan perawatannya mudah

1. Anubias Coffeefolia tahan banting perawatan mudah
Amazon.com

AnubiasCoffeefolia merupakan salah satu tumbuhan favorit para aquascaper di Indonesia, karena tahan banting dan perawatannya sangat mudah.

Dikutip dari AquariumDomain.com, AnubiasCoffeefolia adalah spesies yang bagus dan harus ditanam di tempat teduh untuk membatasi pertumbuhan ganggang pada daunnya. 

Tanaman air jenis ini biasanya tidak peru mendapatkan cahaya terlalu banyak dan dapat bertahan hidup pada suhu 22-28 derajat celcius.

Pertumbuhan tumbuhan AnubiasCoffeefolia begitu serempak dengan ketinggian 15-25 cm, sehingga bisa diletakkan di bagian tengah aquarium.

Editors' Picks

2. Dwarf Baby Tears yang memiliki daun kecil dan padat

2. Dwarf Baby Tears memiliki daun kecil padat
Aquatic Mag

Jenis tanaman aquascape selanjutnya adalah DwarfBabyTears atau HemiantusCallitrichoides.

Dwarf Baby Tears adalah tanaman asli Kuba dan merupakan jenis tanaman aquarium yang memiliki daun kecil serta padat. Tumbuhan aquascape ini memiliki tingkat pertumbuhan sedang dengan ketinggian yang rendah.

Dilansir dari TheAquariumGuide, idealnya DwarfBabyTears akan tumbuh subur di sebagian besar air asam dengan kisaran pH antara 5,0-7,5 dan suhu antara 70-84 derajat Fahrenheit.

Berbeda dari AnubiasCoffeefolia, Dwarf Baby Tears perlu mendapatkan cahaya yang tinggi namun tetap mampu beradaptasi pada kondisi cahaya menengah.

Sementara karakter tumbuhan aquascape ini cukup lebat dan menjadi pilihan favorit sebagai karpet di dalam dasar aquarium.

3. Hygrophila Polysperma yang hidup sebagian di permukaan air

3. Hygrophila Polysperma hidup sebagian permukaan air
Amazon UK

HygrophilaPolysperma juga bisa kamu tanam di dalam aquarium rumah.

Jenis tumbuhan ini hanya membutuhkan cahaya dengan intensitas rendah. Perawatannya pun mudah, sehingga Hygrophila Polysperma sangat cocok untuk pemula.

Menurut TropicaAquariumPlants, Hygrophila Polysperma adalah tanaman aquarium yang berasal dari Asia Tenggara dan memiliki batang setinggi 25-40 cm dan lebar daunnya 4-8 cm.

Sementra untuk keperluanya, HygrophilaPolysperma juga tergolong tanaman yang bisa hidup di sebagian atas permukaan air dan terendam di dalam air.

4. Java Moss dapat memberikan perlindungan untuk telur dan benih ikan

4. Java Moss dapat memberikan perlindungan telur benih ikan
Arizona Aquatic Gardens

Java Moss juga salah satu jenis tanaman yang paling umum diminati.

Tumbuhan yang memiliki warna hijau terang nan asri ini tidak membutuhkan perawatan rumit, sehingga sangat cocok untuk pemula.

FishKeepingWorld mengatakan bahwa Java Moss adalah tumbuhan aquascape yang paling mudah tumbuh, kuat dan dapat memberikan perlindungan untuk telur maupun benih ikan.

JavaMoss dapat menempel pada batu, akar dan kayu apung di dalam aquarium.

Tumbuhan yang termasuk keluarga Hypnaceae tersebut berasal dari kawasan Asia Tenggara dengan nama ilmiah Taxiphyllum Barbieri dan bisa dibilang sebagai tanaman karpet aquapsacelowlight yang mampu bertahan pada kondisi highlight.

Idealnya JavaMoss dapat hidup dengan suhu 21-32 derajat celcius. 

5. Lilaeopsis Brasiliensis yang mirip dengan rumput di daratan

5. Lilaeopsis Brasiliensis mirip rumput daratan
Aquarium Tidings

Ya, berikutnya ada LilaeopsisBrasiliensis yang mirip dengan rumput di daratan.

LilaeopsisBrasiliensis dikategorikan sebagai tanaman aquascape dengan perawatan cukup mudah, yaitu hanya perlu memangkasnya sesekali agar tercipta tanaman yang rapi dan teratur.

Di mana Lilaeopsis termasuk tumbuhan yang tumbuh pada dasar aquarium dan memiliki tinggi tanaman berkisar 5 cm.

AquariumTidings mengemukakan bahwa Lilaeopsis Brasiliensis termasuk tanaman bertangkai pendek yang banyak ditemukan di sebagian besar Brasil. Meski bisa tumbuh di tempat teduh, sebaiknya diberikan dengan pencahayaan yang sangat baik seperti lampu neon.

Itulah 5 informasi mengenai tanaman aquascape untuk pemula. Sementara jika tidak bisa merawatnya dengan baik, maka tanaman mudah mati dan akan mengotori air di aquarium.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.