Agar Awet, Ini Dia 5 Cara Gunakan Teflon yang Benar

Teflon yang tergores akan kehilangan fungsi anti lengketnya

31 Agustus 2019

Agar Awet, Ini Dia 5 Cara Gunakan Teflon Benar
Freepik/suksao

Kehadiran berbagai alat masak yang terbuat dari teflon memudahkan penggunanya untuk memasak. Lapisan anti lengket pada teflon tak perlu menambahkan banyak minyak.

Sementara teflon adalah nama dagang terdaftar oleh anak perusahaan DuPont untuk senyawa polimer politetrafloroetilen (PTFE Compound Summary) dan pertama kali dibuat oleh Roy Plunkett.

Namun menggunakannya agar tidak tergores memang gampang-gampang susah. Kamu perlu menjaga ekstra agar peralatan memasak jenis ini tetap dalam kondisi baik.

Sebab jika tidak dirawat, maka lapisan polytetrafluoroethylene pada teflon bisa rusak dan membuat fungsi anti lengketnya rusak.

Agar awet, coba lakukan 5 cara penggunaan teflon yang benar berikut ini. Yuk, cek ulasan dari Popmama.com :

1. Gunakan api kecil hingga sedang saat memasak

1. Gunakan api kecil hingga sedang saat memasak
Freepik

Kamu suka memasak dengan api besar?

Sepertinya kamu harus menghilangkan kebiasaan tersebut. Sebaiknya gunakan api kecil atau sedang ketika memasak dengan teflon, karena peralatan masak jenis ini dirancang khusus untuk memasak pada suhu panas yang rendah hingga sedang.

Jika memasak makanan dengan teflon menggunakan api yang tinggi di atas suhu 250 derajat celcius, maka akan mengurangi fungsi lapisan anti lengketnya dan membuat senyawa kimia teflon menguap menjadi racun.

Editors' Picks

2. Hindari memasak makanan yang mengandung asam dan tidak menggunakan peralatan logam

2. Hindari memasak makanan mengandung asam tidak menggunakan peralatan logam
Freepik

Tahukah kamu? Bahwa permukaan anti lengket pada teflon terbilang mudah rusak. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan masakan yang kamu buat dengan teflon tidak mengandung asam seperti tomat dan lemon.

Sebab asam yang terkandung pada makanan akan mengelupas lapisan anti lengket pada teflon.

Lalu jangan pernah juga menggunakan spatula berbahan metal atau logam. Pakailah alat pengaduk yang terbuat dari silikon, plastik dan kayu halus agar tidak menggores permukaan teflon.

3. Jangan jadikan teflon sebagai wadah makanan

3. Jangan jadikan teflon sebagai wadah makanan
Freepik

Sayangnya kebanyakan orang masih salah kaprah dalam memakai teflon saat memasak, yakni menghidangkan makanan dengan menggunakan teflon sebagai wadahnya.

Sedangkan teflon dibuat khusus dengan teknologi canggih dan diselimuti dengan bahan anti lengket berwarna hitam di permukaannya. Namun jika lapisan tersebut tergores, maka akan mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Sifatnya yang kuat, fleksibel dan self lubricating membuat teflon cocok digunakan sebagai pelapis alat masak saja.

Sedangkan dalam penyajian makanan, kamu harus menaruhnya sesuai dengan jenis makanan. Di mana makanan panas diletakkan dalam wadah yang sesuai untuk makanan panas, demikian juga makanan dingin.

4. Membersihkan teflon dengan pasta baking soda dan spons lembut

4. Membersihkan teflon pasta baking soda spons lembut
Freepik

Setelah selesai memasak menggunakan teflon, hindari menyiram atau merendam teflon ke dalam air dingin pada saat wajan tersebut masih kondisi panas. Sebab perubahan suhu yang drastis akan menyebabkan kerusakan pada lapisan anti lengketnya.

Selain itu, saat pencucian sebaiknya tidak disarankan menggunakan sabun pencuci piring yang keras.

Sebisa mungkin membersihkan teflon dari pasta baking soda yang dicampur air, lalu gosoklah memakai spon khusus pencuci piring agar tidak menimbulkan goresan pada lapisan anti lengketnya.

Setelah teflon dibersihkan, segera keringkan dengan kain lembut agar noda kerak air tidak menempel pada wajan.

5. Lakukan penyimpanan yang tepat dengan menggantungnya

5. Lakukan penyimpanan tepat menggantungnya
wayfair.com

Setelah teflon dibersihkan dan kering, baru lakukan penyimpanan dengan cara yang tepat.

Simpanlah teflon di tempat yang bersih. Usahakan jangan menimpa bagian teflon dengan peralatan lain yang berbahan metal atau logam, hal tersebut guna mencegah lapisan teflon tergores atau rusak.

Agar permukaan panci tidak tergores, sebaiknya digantung dan memberi ruang antara teflon dengan panci yang lainnya.

Demikian 5 cara tepat menggunakan peralatan memasak dari bahan teflon. Jika kamu mencuci dan merawatnya dengan tepat, teflon pun akan tahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.