5 Cara Membersihkan Selang Air yang Berlumut

Lakukan perawatan selang air, yuk!

28 Februari 2019

5 Cara Membersihkan Selang Air Berlumut
Freepik/Nnudoo

Selang air yang sehari-hari dipakai tentunya dalam keadaan basah. Hal itu dikarenakan selang sering terkena aliran air.

Namun lamanya penggunaan selang, lama-lama selang air tersebut dapat tumbuh lumut. Coba deh kamu perhatikan bagian dalam selangnya, pasti warnanya lebih gelap tidak sebersih sewaktu pertama kali dibeli.

Itu artinya terdapat lumut di dalam selang. Biasanya, sebagian orang merasa malas untuk membersihkan lumut yang ada di dalam selang air.

Berikut ini Popmama.com bagikan 5 tips membersihkan selang air yang berlumut.

1. Keringkan selang di bawah sinar matahari

1. Keringkan selang bawah sinar matahari
Pexels/Skitterphoto

Sebagai langkah awal, kamu harus mengeringkan selang air di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Cara tersebut bertujuan untuk membuat lumut menjadi kering dan lentur hingga berwarna kecokelatan.

Langkah selanjutnya kamu pun dapat menginjak-injak selang, dengan begitu lumut-lumut akan terlepas dari permukaan bagian dalam selang. Lalu kamu gulingkan bagian sisi lain selang dan injak kembali selangnya, dengan begitu semua lumut pun akan terlepas.

2. Alirkan air yang cukup deras ke selang

2. Alirkan air cukup deras ke selang
Freepik/zilvergolf

Setelah lumut mengering dan terlepas di dalam selangnya, maka tugas kamu selanjutnya adalah memasukkan kembali selang air pada keran.

Lalu putar keran air dan mulailah mengalirkan air yang deras melalui bagian dalam selang untuk membersihkan lumut yang sudah mengering dan terlepas. Cara ini membuat lumut tersebut mengalir keluar bersama dengan aliran air dari keran.

Editors' Picks

3. Memakai batu kerikil

3. Memakai batu kerikil
Pexels/Pixabay

Kita sering mendapati selang air yang sudah lama dipakai dan lama-lama terdapat lumut di bagian dalamnya.

Tentunya lumut mengganggu aliran air yang keluar dari selang. Cara membersihkan lumut dari selang airnya yaitu memakai batu kerikil. Caranya ialah menggunakan batu kerikil atau menghancurkan batu bata sampai berukuran kecil.

Kemudian masukkan batu-batu tersebut ke dalam selang. Setelah sebagian batu kerikil masuk ke dalam selang, lalu alirkan air ke selang untuk mengeluarkan lumut yang tergeser dari batu-batu tadi.

Maka aliran deras air akan membawa kotoran dalam selang mengalir keluar.

4. Memakai potongan sponge

4. Memakai potongan sponge
Freepik/Wavebreakmedia

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan spons.

Potonglah spons dengan ukuran seperti dadu. Dengan sponge kamu dapat menyingkirkan lumut dari dalam selang.

Caranya yaitu memasukkan potongan sponge ke dalam selang. Di mana sponge yang dimasukkan harus memadati ruang dalam selangnya. Lalu masukan sabun, selanjutnya sambungkan selang keran dan alirkan air yang deras agar mendorong potongan sponge. 

5. Menggunakan batang bambu

5. Menggunakan batang bambu
Pexels/icon0.com

Ternyata membersihkan selang yang berlumut juga bisa dengan menggunakan batang bambu atau ranting pohon.

Caranya mudah, yakni memakai sebatang bambu yang sudah diselimuti kain, tujuannya agar pada waktu memukul selangnya tidak pecah.

Lalu pukul-pukullah selang yang berlumut dengan batang bambu yang dilapisi kain, dengan cara ini maka lumut akan rontok. Setelah itu alirkan air ke selang agar lumutnya keluar. Mudah bukan?

Jika sedang memakai selang dan airnya terdapat lumut, tentunya sangat menyebalkan dan mengganggu kenyamanan dalam rangkaian aktivitas kamu. Nah, dengan 5 cara tadi maka selang pun akan kembali bersih.

Baca juga: