Sebelum Memasangnya, Kamu Harus Tahu Cara Memilih Water Heater

Pastikan membeli water heater yang hemat energi, ya

11 Juni 2019

Sebelum Memasangnya, Kamu Harus Tahu Cara Memilih Water Heater
Freepik/cherayut000

Kamu sedang merenovasi rumah dan membutuhkan sesuatu yang berbeda di kamar mandi?

Ya, nggak ada salahnya memasang water heater di rumah. Alat pemanas air adalah penyelamat kamu saat cuaca sedang dingin.

Kini water heater sudah banyak berbagai merek dan desain yang semakin variatif. Namun mau menggunakan water heater tapi masih bingung memilih yang mana?

Jangan khawatir, Popmama.com akan kasih 5 cara memilih water heater yang tepat.

1. Daya listrik

1. Daya listrik
Freepik/Jannoon028

Tips membeli pemanas air mandi yang pertama yakni memilih water heater yang sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah kamu. Sesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki, sehingga alat pemanas air tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa mengganggu arus listrik lainnya.

Pada umumnya water heater yang berkapasitas 15, 20 dan 30 liter bisa digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik 350 hingga 500 watt saat menyesuaikan tingkat panas dari air yang dihasilkan.

Namun ada pula heat exchanger water heater yang lebih efisien dan murah, karena memanfaatkan pembuangan panas dari AC untuk memanaskan air. Kamu pun juga dapat memakai pendingin ruangannya dari produk ini.

2. Keamanan

2. Keamanan
Freepik

Cara kedua dalam memilih water heater ialah mengutamakan faktor keamanan.

Pilihlah water heater listrik yang tidak mudah terjadi konsleting dan kerusakan lainnya, pastikan pemanas air yang kamu pilih sudah dilengkapi dengan elemen pengaman seperti ELCB, safety device dan switch anti kontak pada bagian luarnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah alat pemanas yang akan kamu beli sudah dilengkapi dengan sertifikat keamanan dari International Electro-technical Commission dan Singapore Standards.

Editors' Picks

3. Perhatikan kapasitas air nya

3. Perhatikan kapasitas air nya
www.waterheatercity.com

Hal lainnya dalam memilih water heater yakni jumlah air yang akan digunakan dengan kapasitas pemanas airnya.

Pilihlah kapasitas pemanas air yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah, jumlah kamar mandi dan menggunakan shower atau bathup.

Pemakaian bathup biasanya dibutuhkan water heater listrik dengan kapasitas 30 liter dan minimal 50 liter jika yang menggunakan 2 orang. Sementara untuk kamar mandi dengan shower kamar mandi yang digunakan oleh 2 orang membutuhkan water heater dengan kapasitas sebesar 15 liter.

Jadi pertimbangan jumlah penghuni di rumah akan berkaitan dengan perbedaan kapasitas tangki air pada water heater yang akan kamu beli.

4. Pipa instalasi

4. Pipa instalasi
Freepik

Agar tidak terjadi kesalahan pada saat membeli water heater, tanyakan kepada pihak toko mengenai biaya instalasi maupun pipa pemanas airnya.

Namun sebelumnya pastikan kamu sudah mengukur panjang pipa yang dibutuhkan dan menanyakan harga pipanya untuk menggunakan water heater di rumah.

Biasanya memerlukan 2 instalasi pipa, yaitu pipa untuk air panas dan air dingin yang nantinya berkaitan dengan peletakan water heater di rumah kamu, apakah akan diletakan di dalam kamar mandi atau di area lain.

5. Temperatur pada water heater

5. Temperatur water heater
Freepik/madeaw_ec

Saat cuaca dingin, water heater di kamar mandi akan sangat berguna bukan?

Cara terakhir dalam memilih water heater yang tepat ialah pastikan alatnya bekerja efisien.

Ada water heater yang memiliki temperatur konstan dan ada juga yang selalu berubah. Alat pemanas air yang memiliki temperatur konstan akan menghemat waktu saat menyakakan kran air, karena kamu tidak perlu repot menyesuaikan temperatur yang pas di tubuh lagi.

Sementara pada water heater yang punya temperatur selalu berubah, kamu dapat mengubahnya menjadi suhu panas atau dingin.

Nah, itulah kelima cara memilih water heater untuk di rumah kamu. Pastikan membelinya sesuai budget kamu, ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;