6 Cara Menjaga Bantal Guling agar Bebas dari Tungau

Coba periksa, apakah bantal guling sudah bebas tungau?

30 Desember 2020

6 Cara Menjaga Bantal Guling agar Bebas dari Tungau
Pexels/Donald Tong

Tungau merupakan salah satu hewan avertebrata yang mampu hidup di berbagai keadaan. Ukurannya yang sangat kecil menjadikan kehadirannya kurang disadari dan terlihat oleh manusia.

Jangan salah, tungau dapat ditemukan di bantal dan guling yang tidak dirawat kebersihannya. Terutama jika sudah menggunakannya dalam jangka waktu lama. 

Apalagi tempat tidur sangat penting untuk tempat melepas lelah. Nah, maka dari itu Mama bisa lebih sering mengganti serta mencuci seprei dan sarung bantal guling di kamar. Dengan begitu tungau tidak akan hidup di sekitar kita.  

Untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur tentunya harus tetap selalu menjaga kebersihan area kamar. Tapi harus tahu juga cara menjaga kebersihan bantal guling kita di rumah agar terbebas dari aroma tidak sedap, debu maupun tungau:

1. Menjemur bantal guling

1. Menjemur bantal guling
Pexels/Skitterphoto

Menjemur kasur di bawah terik sinar matahari tentunya sangat dianjurkan, akan tetapi jangan lupa juga menjemur bantal serta guling ya?

Jika bantal dan guling mulai mengerut, Mama bisa kembalikan seperti semula dengan cara menepuk-nepuk dengan keras. 

2. Periksa keadaan bantal

2. Periksa keadaan bantal
Pexels/Jaymantri

Sebelum membersihkan bantal, periksalah keadaan bantal apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika sudah tak berbentuk jelas, ratakan bantal terlebih dahulu agar kondisi bahan yang ada di bantal tidak menumpuk di satu sisi saja.

Lalu lipatlah bantal menjadi dua bagian dan lepaskan. Jika bantal kembali pada bentuk yang semula, artinya kondisi bantal Mama masih terbilang cukup bagus. 

Editors' Picks

3. Menjahit bagian yang sobek

3. Menjahit bagian sobek
Pexels/SuzybHazelwood

Mama juga harus perhatikan setiap sudut bantal guling yang dipakai dengan memastikan tidak ada lubang yang isi bantalnya akan berkeluaran.

Jika ada lubang atau sobekan, sebaiknya tamballah atau dijahit pada bagian yang sobek. Fungsi dari menjahit bagian yang sobek adalah agar tempat tidur tetap rapi terhindar dari kesan berantakan disebabkan oleh bantal sobek. 

4. Cuci bantal guling

4. Cuci bantal guling
Pexels/Jens Mhanke

Bantal guling yang dipakai juga perlu dicuci lho. Gunanya untuk membersihkan bantal dari sel-sel kulit, tungau, serta keringat tubuh.

Mama bisa mencuci bantal maupun guling menggunakan tangan atau mesin cuci. Namun perhatikan isi bantal sebelum mencucinya, jika bantal berisi busa ada baiknya hanya dicuci secara manual.

Apabila bantal berisi bahan dakron, silikon bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Yang terpenting, saat pencucian keadaan bantal dalam posisi terendam semua di air sabun. Selanjutnya, keringkan bantal guling secara alami. 

5. Gunakan baking soda saat mencuci

5. Gunakan baking soda saat mencuci
Pexels/Kaboompics

Saat mencuci bantal guling, Mama bisa menambahkan 2 cangkir baking soda ke dalam rendaman atau mesin cuci.

Fungsi dari baking soda adalah untuk membantu mengangkat noda dan memutihkan kembali bantal guling yang telah menguning. 

6. Pastikan Kering Sempurna

6. Pastikan Kering Sempurna
Pexels/Bruce Mars

Setelah mencuci bantal guling, pastikan Mama mengeringkannya dengan sempurna. Mama bisa mengguncang-guncangkan bantal guling setiap satu jam sekali, fungsinya agar air yang di dalam bantal dapat terurai. Lalu taruhlah bantal guling tersebut di jemuran kembali.

Sudah tahu kan bagaimana cara menjaga bantal guling agar tetap bersih dan bebas dari tungau, jadi Mama sekeluarga dapat tidur nyaman dan aman dari gangguan tungau maupun debu.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.