6 Cara Tepat Bersihkan Sofa di Rumah

Punya sofa cantik nan elegan di sudut ruang tamu. Tapi tahu cara bersihkannya?

1 Februari 2021

6 Cara Tepat Bersihkan Sofa Rumah
Pexels/Rawpixel

Sofa merupakan furniture yang hampir banyak orang sediakan  di ruang tamu rumah karena kursi tamu yang baik adalah  bisa memberikan kenyamanan serta keindahan.

Banyak orang rela membeli kursi tamu dengan harga mahal demi sebuah kualitas terbaik.

Model dan jenis sofalah yang menjadi faktor utama dari kualitasnya, diantaranya ada single seater, double seater, daybed, L kursi tamu, dan lain-lain.

Namun, apakah Mama di rumah tahu tentang bagaimana cara membersihkan sofa, berikut panduan cara membersihkan sofa yang dirangkum Popmama.com

1. Tuntaskan debu dan kotoran

1. Tuntaskan debu kotoran
Pexels/Pixabay

Tahap awalnya Mama harus bersihkan sofa dari debu maupun kotoran yang ada di permukaan sofa.

Alat yang digunakan yaitu lap, kemoceng, sikat berbulu, atau vacuumcleaner. Pastikan Mama membersihkan permukaan sofa hingga ke bagian-bagian dalamnya. Pastikan juga untuk semua permukaan hingga sudutnya bersih ya. 

Karena bila tidak nantinya akan terjadi penumpukan yang mengakibatkan sulit dibersihkan dikemudian hari.

2. Bersihkan bercak-bercak kotoran atau minuman

2. Bersihkan bercak-bercak kotoran atau minuman
Pexels/Steve Johnson

Apabila di bagian sofa banyak menempel bercak-bercak noda, Mama bisa bersihkan menggunakan tisu basah. Kandungan tisu basah yang lembut tidak akan merusak sofa. Sedangkan teksturnya yang kering juga tidak membuat sarung sofa jadi basah. Atau cara lainnya dengan memakai kain mikro fiber yang sudah dibasahi sedikit cuka.  

Editors' Picks

3. Bersihkan seluruh permukaan

3. Bersihkan seluruh permukaan
Pexels/Terje Sollie

Tetap pakai kain mikro fiber. Kali ini basahi kain dengan larutan cairan khusus pembersih sofa atau detergen cair untuk menyeka kain penutup sofa. Buatlah kain mikro fibernya dalam keadaan lembap, lalu gosoklah secara perlahan dan diamkan beberapa saat agar kandungan detergen bekerja efektif mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa. 

4. Keringkan sofa

4. Keringkan sofa
Pexels/Michael Ruiter

Untuk mengeringkan sofa, Mama bisa memakai hairdryer. Namun alangkah baiknya jika sofa kering secara alami, yaitu lewat udara maupun cahaya matahari yang masuk dari jendela.

5. Gunakan pembersih khusus material kulit

5. Gunakan pembersih khusus material kulit
Pexels/Pixabay

Kali ini untuk membersihkan sofa bermaterial kulit ada baiknya memakai pembersih khusus. Lalu aplikasikan cairan tersebut ke spons atau kain lembut, gosoklah dengan gerakan memutar. Dan angkat kotoran menggunakan kain bersih.

6. Aplikasikan pelembap pada sofa kulit

6. Aplikasikan pelembap sofa kulit
Pexels/Pixabay

Meski kursi tamu hanya dipakai saat-saat tertentu, tapi sebaiknya rawatlah sebaik mungkin.

Apalagi jika sofa berbahan kulit, maka setelah dibersihkan langkah berikutnya yaitu menambahkan pelembap khusus kulit agar tidak pecah-pecah dan mengembalikan aroma khas yang alami dari kulit.

Demikian, enam cara sederhana dan mudah dalam membersihkan sofa. Diharapkan Mama selalu menyempatkan waktu untuk membersihkan sofa, setidaknya sebulan sekali agar sofa tetap wangi dan bersih. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.