Wajib Dicoba, Ini 5 Cara Membersihkan Dapur yang Berminyak

Jangan malas untuk selalu membersihkan dapur, ya!

29 Agustus 2021

Wajib Dicoba, Ini 5 Cara Membersihkan Dapur Berminyak
Freepik/Yanalya

Dapur merupakan salah satu ruangan yang selalu ada di setiap rumah.

Fungsi dapur itu sendiri ialah sebagai tempat melangsungkan aktivitas memasak. Sementara aktivitas memasak merupakan kegiatan yang melibatkan banyak macam bahan dan aneka bumbu.

Maka bukan lagi hal yang aneh jika dapur di rumah Mama sering kotor hingga berminyak. Namun, jika noda minyak dibiarkan biasanya akan mengendap dan akan sulit dihilangkan.

Untuk membersihkannya, Mama perlu mengikuti 5 cara tepat membersihkan dapur berminyak yang sudah dirangkum oleh Popmama.com berikut ini :

1. Gunakan cairan pencuci piring

1. Gunakan cairan pencuci piring
Freepik/bushalex

Saat bagian dapur penuh cipratan minyak, maka segeralah membersihkannya dengan cairan pencuci piring. Memakai cairan pencuci piring adalah langkah tepat dalam membersihkan noda minyak.

Caranya yakni masukkan satu sendok teh sabun cuci piring merek apapun ke dalam larutan air hangat. Lalu aduklah keduanya hingga merata, jika sudah usapkan pada permukaan dapur yang berminyak dengan spons lembut.

Setelah itu bilas dengan menggunakan kain basah yang sebelumnya sudah dicelupkan di dalam air hangat. Dengan bantuan air hangat ini, maka akan mengangkat minyak membandel.

Editors' Picks

2. Memakai baking soda

2. Memakai baking soda
Freepik

Cara terbaik untuk menyingkirkan noda minyak selanjutnya ialah memakai baking soda. Gunakanlah baking soda dengan campuran air.

Caranya dengan mencelupkan spons ke dalam campuran baking soda dan air yang sudah menjadi bentuk pasta, kemudian usapkanlah pada bagian yang terkena noda minyak maupun peralatan masak lainnya.

Lalu biarkan selama 10 menit. Jika sudah bilas meggunakan kain kering hingga bersih. Baking soda pun akan membuat noda minyak menjadi hilang. Lakukan pembersihan ini secara teratur untuk menjaga kebersihan dapur.

3. Menaburkan garam

3. Menaburkan garam
Freepik

Sudah pasti bagian yang terkadang selalu terasa berminyak adalah dapur.

Meski sudah disapu dan dipel, terkadang lantai di dapur terasa licin karena permukaannya berminyak. Oleh karenanya segera bersihkan dengan menaburkan garam.

Taburkanlah garam pada bagian yang licin karena noda minyak dan diamkan beberapa saat hingga garam menyerap minyak yang tersisa. Setelah itu barulah membersihkan sisa garam dengan menyapunya.

Selanjutnya kamu bisa mengepel lantai.

4. Rutin mengepel lantai dapur

4. Rutin mengepel lantai dapur
Freepik/Rawpixel.com

Lantai dapur yang berminyak tentunya sangat mengganggu penghuni rumah. Oleh karenanya segera bersihkan dengan air hangat dan sabun khusus pembersih lantai.

Metode pembersihan meggunakan cairan pel lantai memiliki kemampuan yang baik untuk menghilangkan noda, termasuk noda minyak.

Caranya yaitu menambahkan deterjen kering bersama cairan pel beraroma pinus atau cemara dengan kain lap dan diamkan beberapa menit. Kemudian segeralah mengepel lantai.

5. Serap noda minyak dengan spons

5. Serap noda minyak spons
Freepik/Bearfotos

Dalam membersihkan noda berminyak di dapur, diperlukan cara cerdas untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah dan praktis.

Segeralah serap minyak di dapur dengan spons atau koran bekas. Ambillah spons, lalu usapkan spons tersebut pada kompor atau bagian lain yang terkena minyak.

Kamu bisa mengusapkan spons dengan gerakan memutar hingga noda bekas minyak tersebut hilang.

Cukup mudah dan sederhana bukan cara membersihkan dapur yang berminyak? Saat ini kamu pun bisa langsung mempratekkannya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.