Waspada, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul Jika Kamu Jarang Bersihkan Rumah

Jangan malas bersih-bersih, terutama genangan air di rumah

20 September 2019

Waspada, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul Jika Kamu Jarang Bersihkan Rumah
Freepik

Kamu sering merasa malas membersihkan rumah?

Ternyata malas membersihkan rumah bisa membuat rumah jadi berantakan dan mendatangkan ancaman kesehatan bagi keluarga.

Di mana tingkat kebersihan rumah sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan penghuninya, baik itu kondisi fisik maupun mental.

Sebenarnya seseorang yang malas membersihkan rumahnya akan mengancam kesehatan dan menimbulkan beberapa penyakit. Berikut ulasannya dari Popmama.com :

1. Alergi saluran pernapasan karena jarang membersihkan rumah

1. Alergi saluran pernapasan karena jarang membersihkan rumah
Freepik/tutatama

Apa yang akan terjadi kalau seseorang sering bernapas menghirup debu akibat jarang membersihkan rumahnya?

Ya, partikel debu yang lebih kecil atau halus sangat berbahaya bagi manusia. Partikel ini akan menembus ke paru-paru kamu dan bahkan diserap secara langsung ke dalam aliran darah. 

Ukuran debu berukuran sangat halus maupun mikro organisme dapat masuk ke dalam hidung dan mulut yang akhirnya menyebabkan kamu menjadi alergi saluran pernapasan seperti bersin-bersin hingga infeksi tenggorokan.

Jika tidak ditangani, maka sesak napas bisa lebih parah hingga menjadi bronchitis yang membahayakan kesehatanmu.

2. Malas bersihkan rumah, diare menjadi salah satu penyakit yang menghantui

2. Malas bersihkan rumah, diare menjadi salah satu penyakit menghantui
Freepik/Jcomp

Saat terserang diare pastinya sangat tidak nyaman, karena kamu akan terpaksa bolak-balik ke kamar mandi hingga berkali-kali.

Penyakit diare yang akan membuat tubuh menjadi lebih lemas ini diakibatkan karena lingkungan rumah yang kotor. Saat rumah jarang dibersihkan dan kondisinya kotor, maka ada banyak binatang pembawa penyakit seperti lalat dan kecoa yang akan menghampiri.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh bakteri yang tertinggal di peralatan masak seperti wajan, spatula dan kotak makanan yang tidak dibersihkan secara maksimal.

Jika peralatan memasak dan wadah makanan di dapur telah mengandung bakteri e.coli, salmonella, dan listeria, ketiga bakteri inilah yang dapat menyebabkan seseorang terkena diare.

Editors' Picks

3. Bukan hanya saat musim hujan, demam berdarah juga bisa mengintai keluarga

3. Bukan ha saat musim hujan, demam berdarah juga bisa mengintai keluarga
Freepik/sunnygb5

Selain diare, penyakit apa lagi yang bisa menyerangmu jika malas membersihkan rumah?

Ya, sejumlah area basah dan lembab di rumah seperti kamar mandi, kolam hias, kolam renang, dan akuarium juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah.

Penyakit demam berdarah itu sendiri disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang dipicu karena lingkungan kotor maupun adanya wadah air yang tidak terpakai, sehingga nyamuk terus berkembang biak dan menularkan penyakit.

Cara mencegahnya adalah dengan segera membersihkan wadah penampung air di rumah yang sudah terlihat kotor.

Selain itu jangan lupa menerapkan pencegahan dengan 3 M (menguras, menutup dan mengubur). Kamu pun juga bisa tempatkan tanaman hias pengusir nyamuk di sekitar wadah air tersebut.

4. Flu menjadi penyakit yang sering ada saat kamu malas membersihkan rumah

4. Flu menjadi penyakit sering ada saat kamu malas membersihkan rumah
Freepik/Katemangostar

Kamu sering mengalami flu dan pilek? seperti hidung terasa basah ketika sedang berada di dalam rumah?

Ternyata debu juga bisa memicu timbulnya flu. Kurang bersihnya tempat tinggal juga bisa menjadi penyebab penghuni rumah menjadi flu.

Di mana saat debu berterbangan bisa membuat hidung kamu jadi lebih sensitif dan mengalami bersin-bersin.

Bahkan beberapa kotoran menumpuk di dalam rumah juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan seperti batuk dan pilek yang berujung pada munculnya flu.

5. Iritasi kulit bisa berasal dari sprei kasur dan bangku yang jarang dibersihkan

5. Iritasi kulit bisa berasal dari sprei kasur bangku jarang dibersihkan
Freepik/doucefleur

Saking malasnya membersihkan rumah sampai-sampai kamu jarang mengganti seprai kasur? Jika ya, segeralah menggantinya sekarang juga.

Sebab jika sampai berminggu-minggu seprai tak kunjung diganti, bersiaplah dengan berbagai gangguan kesehatan yang akan menyerang anggota keluarga.

Di mana debu yang menempel pada pelapis perabot rumah kotor, seperti kasur, sprei, dan kain sofa dapat mengakibatkan gatal-gatal dan eksim pada kulit. Bahkan tungau dan kutu kasur juga turut mengganggu kenyamanan tidur dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Untuk membasmi sarang tungau di rumah, sebaiknya kamu perlu mengganti sprei kasur dan mencucinya paling tidak seminggu sekali.

Ayo, mulai sekarang jangan pernah malas untuk membersihkan rumah. Selain menciptakan tampilan estetik interior, membersihkan rumah juga menjadikan hunian yang lebih tertata rapi dan bersih.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!