5 Tipe Gorden yang Bisa Kamu Sesuaikan dengan Tipe Ruangan

Kamu berencana ingin memasang gorden?

4 Juli 2019

5 Tipe Gorden Bisa Kamu Sesuaikan Tipe Ruangan
Freepik

Siapa bilang gorden hanya berfungsi untuk menutupi jendela dari sinar matahari saja, ternyata keberadaannya membuat penampilan rumah jadi lebih indah.

Sebenarnya memilih jenis gorden jendela yang tepat tidak terlalu sulit, asalkan kamu mengetahui berbagai macam tipe gorden yang ada di pasaran. Sebab tidak semua tipe gorden cocok untuk semua ruangan.

Nah, hal tersebut tentunya memudahkan untuk menyelaraskan gorden jendela dengan gaya ruangan di rumah kamu. Sebelum membeli, kamu perlu mengetahui 5 tipe gorden jendela berikut ini yang sudah dirangkum oleh Popmama.com:

1. Gorden jendela tipe blinds

1. Gorden jendela tipe blinds
Freepik/Kjpargeter

Untuk tipe jendela pertama yaitu blinds atau tirai.

Biasanya kamu akan menemukan tirai seperti ini di ruangan kantor. Namun pemasangannya tidak hanya untuk di ruang kerja saja. Gorden tipe blinds juga cocok digunakan di dalam rumah.

Pada umumnya bahan gorden ini terbuat dari kanvas, belacu, dan lain sebagainya.

Sementara gorden blinds sendiri punya dua macam, yakni roller blinds yang dapat digulung menggunakan batang di pinggir jendela dan ada juga roman blinds yang saat ditarik akan membentuk lipatan-lipatan indah.

Selain itu ada vertikal dan horizontal blinds, di mana jendela akan terbuka dengan mendatarkan bilahnya baik secara vertikal maupun horizontal.

2. Gorden jendela tipe cascades

2. Gorden jendela tipe cascades
Pexels/Jahns Chavez

Ketika menentukan sebuah desain rumah, pasti salah satunya memilih gorden jendela. Tipe gorden jendela cascades bisa kamu pakai untuk di ruangan rumahmu.

Tipe cascades akan menjuntai di kedua sisi jendela. Gorden cascades ini punya variasi yang cukup beragam, di mana tipe gorden tersebut ada yang sama panjang atau panjangnya di salah satu sisi saja.

Biasanya bagian atas cascades bergelombang dan membentuk setengah lingkaran, sehingga bentuknya sangat anggun dan dapat kamu pasang di ruang tidur.

Editors' Picks

3. Gorden jendela tipe draperies

3. Gorden jendela tipe draperies
Freepik/salehtawakal1

Berbeda dari tipe cascades, model gorden draperies termasuk salah satu gorden jendela yang paling dekoratif.

Draperies memiliki motif dan warna-warna indah. Selain itu pemasangan draperies juga menampilkan jendela ruangan yang lebih simpel dengan permukaan bergelombang dan menggantung sama panjang.

Meski draperies punya banyak beragam warna, tapi bahannya cukup berat karena mengandung bahan akrilik pada bagian lipatannya. Makanya tipe gorden ini akan membuat ruangan terasa lebih hangat, mampu meredam suara maupun menghalangi cahaya yang masuk.

Biasanya sangat cocok dipasang untuk rumah yang punya ruang musik atau studio band.

4. Gorden jendela tipe eyelet

4. Gorden jendela tipe eyelet
Freepik/Navintar

Ternyata memilih gorden kamar tidak bisa sembarangan jika belum mengetahui tipenya.

Keberadaan gorden itu sendiri ialah menjadi sebuah elemen dekorasi untuk melengkapi hiasan ruangan yang berfungsi melindungi jendela kamar sepanjang harinya.

Tipe gorden selanjutnya ada eyelet. Model gorden jendela ini bagian atasnya terdapat ring-ring besi sebagai tempat menggantung pada batang jendela. Keberadaan ring tersebut untuk memudahkan seseorang dalam menggeser gordennya.

Gorden eyelet biasanya terbuat dari kain atau tirai ringan yang tidak terlalu berat.

Selain itu gorden eyelet memiliki desain yang cukup simple dan lebih modern, sehingga lebih cocok untuk kamar tidur bergaya minimalis atau dipasang di ruang keluarga.

5. Gorden jendela tipe sheer

5. Gorden jendela tipe sheer
Freepik/Lunamarina

Jika kamu menginginkan sedikit privasi namun cahaya matahari atau lampu jalan tetap bisa masuk melalui jendela, maka gorden jendela tipe sheer bisa kamu gunakan.

Di mana tipe gorden ini bersifat hanya sebatas pelapis, itu sebabnya bahannya lebih tipis dari tipe yang lain.

Pada umumnya pilihan warna gorden sheer hanya berwarna putih polos atau menggunakan motif tertentu dari bahan voile.

Penggunaan gorden jenis ini cocok sebagai pelapis gorden jendela tipe lainnya dan cocok untuk dipasang di semua ruangan.

Sekarang kamu sudah mengenal 5 tipe gorden jendela, jadi kamu tidak perlu bingung lagi. Namun pastikan untuk memilih gorden jendela yang berkualitas baik, ya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!