5 Tips Memilih Kasur yang Tepat agar Tidur Berkualitas

Usahakan ukurannya sesuai dengan kamar kamu, ya

12 Juni 2019

5 Tips Memilih Kasur Tepat agar Tidur Berkualitas
Freepik/mrsiraphol

Kamu harus tahu, bahwa kasur yang digunakan sehari-hari berpengaruh terhadap kelancaran aktivitas kamu sehari-hari. Kasur yang bagus akan menghasilkan kualitas tidurmu.

Berbicara mengenai kualitas istirahat, tentunya tidak bisa melupakan fungsi tempat tidur itu sendiri. Itulah mengapa hal tersebut sangat berkaitan dengan kualitas tempat tidur yang kamu gunakan.

Berikut ini ada 5 tips memilih kasur yang sesuai dengan kebutuhan sehingga menghasilkan tidur yang berkualitas. Simak ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Kenyamanan adalah segalanya

1. Kenyamanan adalah segalanya
Freepik

Ketika memilih kasur, sebaiknya mencoba berbaring di atas beberapa kasur selama 10 sampai 15 menit dengan berbagai posisi tidur. Pastikan kamu merasa nyaman saat tidur di kasur pilihanmu kelak.

Pasalnya kasur yang baik dapat sangat menentukan durasi dan kualitas tidurmu.

Jadi pastikan kasur yang akan dibeli cukup untuk Mama dan suami, jangan lupa juga memerhatikan kenyamanan sesuai kebutuhan kamu.

Sebab kualitas tidur seseorang ditentukan oleh kenyamanan kasur yang dipilihnya. Oleh karena itu kenyamanan adalah segalanya.

2. Mengecek tingkat kelembutannya

2. Mengecek tingkat kelembutannya
Freepik

Pernahkah kamu merasa lelah atau pegal saat bangun tidur? Hal ini bisa terjadi karena salah memilih kasur, sehingga tidur kamu tidak berkualitas.

Sementara saat ini banyak produk kasur matras yang dijual dari berbagai produsen.

Tips selanjutnya ialah perhatikan bagian jenis pegas pada kasur dan elastisitas bahan pada kasur yang tidak menggunakan pegas.

Selain itu pilihlah kasur dengan tingkat kelembutan dan konsistensi kekerasan busa yang pas, tidak terlalu lunak maupun terlalu padat.

Editors' Picks

3. Memilih jenis kasur yang sesuai kebutuhan

3. Memilih jenis kasur sesuai kebutuhan
Freepik/mrjub

Kini ada banyak jenis kasur yang ada di pasaran, begitu banyaknya jenis kasur malah membut kamu jadi bingung.

Nah, tips berikutnya ialah memilih jenis kasur yang sesuai kebutuhan. Jenis kasur yang paling umum dijual seperti lateks, memory foam dan spring bed. Ketiganya pun memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi kamu yang memiliki alergi kulit tertentu sebaiknya sesuaikan jenis bahan kasur dengan jenis kulit kamu, tujuannya untuk menghindari alergi di kemudian hari.

Jadi perlu diingat, bahwa harga selalu sebanding dengan kualitas jenis kasurnya. Oleh karenanya jangan pernah tertarik dengan harga yang murah karena kualitas jenis kasurnya belum tentu bagus.

4. Pertimbangkan ukuran kasur

4. Pertimbangkan ukuran kasur
Freepik

Sebelum membeli kasur, sebaiknya pertimbangkan lebih dari satu ukuran kasur.

Sebab menyesuaikan ukuran kasur adalah hal yang wajib dilakukan. Idealnya kasur harus lebih tinggi 10 sampai 15 cm dari tinggi badan kamu.

Pada umumnya standar universal ukuran kasur di pasaran ada ukuran king, queen, double, king single atau single. Jadi tentukan ukuran kasur dengan kebutuhan kamu dan anggota keluarga lainnya.

5. Sesuaikan dengan ukuran kamar tidur

5. Sesuaikan ukuran kamar tidur
Freepik/Noxos

Tentunya tidur nyenyak adalah hal yang penting untuk hidup sehat.

Poin berikutnya dalam memilih kasur yang tepat yaitu perhatikan ukuran ruang tidur kamu. Sebab tidak mungkin memilih tempat tidur dengan ukuran king, namun ruangan kamarmu sempit atau terlalu kecil.

Lantas, pertimbangan apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin membeli kasur?

Ya, jadi sesuaikan ukuran kasur dengan kamar yang sudah diperhitungkan ruang untuk membuka pintu.

Itulah 5 cara memilih kasur yang berkualitas. Sebaiknya jangan membeli kasur saat kamu sedang lelah atau mengantuk, karena kondisi seperti itu semua kasur akan terasa nyaman.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;