5 Tips Memilih Tempat Sampah Sesuai Kebutuhan untuk Setiap Ruangan

Yuk, menyediakan tempat sampah di setiap ruangan

28 April 2019

5 Tips Memilih Tempat Sampah Sesuai Kebutuhan Setiap Ruangan
Freepik

Fungsinya memang hanya sekadar untuk membuang sampah.

Ya, keberadaan tempat sampah sangat penting untuk di setiap hunian. Tapi sayangnya tempat sampah sering menjadi hal yang kurang diperhitungkan dalam interior rumah.

Padahal tempat sampah menjadi aksen penting dalam membangun estetika hunian yang lebih nyaman.
Salah menempatkan tempat sampah dalam ruang tentu akan memengaruhi estetika ruanganmu.

Agar tetap sesuai fungsi dan memiliki estetika, oleh karena itu kamu perlu memerhatikan pemilihan tempat sampah yang tepat sesuai ruangan.

Berikut ada 5 tips memilih tempat sampah yang bisa jadi rujukan bagi kamu dari Popmama.com :

1. Penempatan untuk area dapur

1. Penempatan area dapur
www.simplehuman.com

Seperti halnya tempat sampah yang berperan penting di tempat umum, yakni juga berlaku pada ruang rumah. Nah, lantaran berada di rumah maka pemilihan tempat sampah menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

Kamu bisa menggunakan tempat sampah berbahan plastik untuk area dapurmu. Sementara tempat sampah dari plastik memiliki bentuk dan warna yang beragam dan bisa memilih bentuk maupun warna yang disesuaikan dengan kondisi dapur.

Kamu pun dapat memilih tempat sampah dengan ukuran sedang dan jangan lupa menempatkan kantong plastik di bagian dalamnya untuk mencegah sampah tercecer atau berantakan.

2. Penempatan untuk luar rumah

2. Penempatan luar rumah
Freepik/chatchawan39

Biasanya keberadaan tempat sampah di area luar rumah dijadikan sebagai penampungan sementara seluruh sampah rumah tangga sebelum diangkut petugas kebersihan.

Oleh sebab itu kamu membutuhkan tempat sampah dengan ukuran besar. Kamu bisa memilih tempat sampah berbahan fiberglass yang lebih ringan, kuat dan tahan terhadap paparan cuaca ekstrem.

Sebaiknya memilih tempat sampah yang menggunakan penutup untuk mencegah paparan langsung sinar matahari, air hujan, angin dan mampu meredam bau. Jangan lupa melapisinya dengan trashbag agar  memudahkan petugas mengangkut sampah.

Editors' Picks

3. Penempatan untuk kamar mandi

3. Penempatan kamar mandi
recycling.com

Sementara untuk ruang-ruang dengan risiko kotor yang cukup besar seperti kamar mandi, sebaiknya memilih tempat sampah berbahan berkualitas tinggi seperti material plastik polipropilena atau baja tahan karat.

Tempat sampah dengan bahan tersebut terbilang lebih tahan lama jika terkena air dalam waktu lama dan mudah dibersihkan.

Selain itu kamu bisa memilih tempat sampah berpedal dengan tutup atau sesuai dengan tema kamar mandi di rumahmu.

4. Penempatan untuk ruang keluarga

4. Penempatan ruang keluarga
Freepik/xb100

Selanjutnya kamu bisa melengkapi ruang keluarga dengan tempat sampah dengan bentuk yang lebih elegan. Kamu dapat memilih tempat sampah berbahan stainless steel, bentuknya pun berbagai macam seperti bulat, kotak hingga memanjang.

Modelnya yang lebih modern dan minimalis sangat cocok ditempatkan pada ruang keluarga.

Agar tempat sampah dapat terhindar dari gangguan kecoak, lalat atau semut pastikan penutup tempat sampahmu dibuat presisi dan sesuai dengan bentuk tempat sampahnya.

5. Penempatan untuk kamar tidur

5. Penempatan kamar tidur
Freepik

Memang terkesan hal yang simpel. Namun dalam jangka panjang kebersihan kamar tidur sangatlah penting, yaitu dengan menyimpan tempat sampah.

Tips berikutnya kamu dapat menggunakan tempat sampah berukuran kecil dan berwarna cerah untuk ruang tidur agar membuat ruang tidur terkesan bersih dan lapang.

Pilihlah yang berbahan kayu, rotan, baja berlapis serbuk polyester dengan model keranjang sampah dengan celah-celah kecil atau jaring-jaring.

Itulah 5 tips memilih tempat sampah sesuai ruangan di rumah. Kamu pun bisa menyediakan tempat sampah di sudut atau tempat berkumpulnya tamu.

Biasakan untuk menyimpan tempat sampah di setiap ruangan rumah kamu, agar membiasakan keluarga untuk tertib membuang sampah dari yang sampah yang paling kecil. Dengan kebiasaan ini, keluarga bisa lebih tertib membuang sampah ketika mereka berada di luar rumah. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!