Agar Dinamis, Intip 5 Tips Memilih Warna untuk Ruangan Apartemen

Ayo, buat sebuah interior apartemen kamu terlihat menarik

21 September 2019

Agar Dinamis, Intip 5 Tips Memilih Warna Ruangan Apartemen
Freepik/senivpetro

Meski luas ruangannya tidak terlalu luas, tapi nyatanya kini banyak orang yang memilih apartemen sebagai huniannya.

Sementara untuk kamu yang sedang berencana mengubah suasana ruang di apartemen, sebaiknya memulainya dengan menentukan warna yang cocok untuk aksen interiornya terlebih dahulu.

Sedangkan pemilihan warna pada sebuah ruangan minimalis haruslah membuatnya terlihat lebih menarik dan berkesan luas.

Ya, dengan penggunaan warna yang berbeda pada setiap fungsi ruang dapat menciptakan kesan tanpa batas pada layout ruangan terbuka seperti di apartemen.

Jika ingin tahu bagaimana cara tepat untuk mewujudkan warna dinamis, sebaiknya simak 5 tips memilih warna untuk ruangan apartemen yang sudah dirangkum oleh Popmama.com :

1. Hindari pemberian warna gelap pada ruangan apartemen

1. Hindari pemberian warna gelap ruangan apartemen
Freepik/Rawpixel.com

Sebenarnya warna mampu menciptakan kesan yang indah pada sebuah hunian, termasuk apartemen. Tak hanya itu, warna juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Ya, di mana ruang yang baik adalah ruang yang dapat memberikan efek kenyamanan untuk penghuninya.

Memilih warna terang pada dasarnya jauh lebih tepat daripada memakai warna yang gelap, karena warna gelap membawa mood yang kurang menyenangkan dan bisa menimbulkan perasaan depresi.

Oleh sebab itu, ciptakanlah suasana ruangan dengan warna yang lebih segar dan dinamis.

2. Pilih warna minimalis yang berkesan modern namun atraktif

2. Pilih warna minimalis berkesan modern namun atraktif
Freepik

Penggunaan warna cat ruangan minimalis di apartemen biasanya sangat cocok dengan warna yang tidak terlalu terang, namun tetap terlihat modern dan menarik untuk dipandang.

Tips memilih warna apartemen yang dinamis berikutnya yaitu dengan memilih warna yang terlihat atraktif, cobalah memadupadankan warna pastel.

Di mana jenis warna ini seolah tidak pernah absen dari berbagai konsep hunian, termasuk konsep minimalis di apartemen.

Kamu bisa memberikan warna pastel seperti hijau kebiruan atau spruce blue green. Bahkan pemilihan warna spruce blue green dapat menyiratkan kesegaran dan ketenangan di dalam sebuah ruangan.

Editors' Picks

3. Tentukan warna cat dinding ruangan apartemen yang ekonomis dan senada

3. Tentukan warna cat dinding ruangan apartemen ekonomis senada
Freepik/Rawpixel.com

Langkah ketiga yaitu menggunakan warna cat dinding ruangan apartemen yang ekonomis dan memilih warna cat hanya di beberapa dinding saja, misalnya hanya pada dinding ruang tamu atau dapur saja.

Lalu tentukanlah gradasi warna yang dinamis, sehingga akan membentuk paduan warna yang senada antara satu dengan yang lain.

Dengan warna yang selaras dan tidak saling bertabrakan, maka akan terlihat menarik dan membuat lebih rileks.

Kini kamu bisa menggunakan teknologi yang sudah tersedia seperti aplikasi pemilihan warna cat untuk mendesain interior ruangan apartemen.

4. Pemilihan warna sesuai furnitur untuk desain interior ruangan di apartemen

4. Pemilihan warna sesuai furnitur desain interior ruangan apartemen
Unplash/Francesca Tosolini

Selanjutnya, kamu perlu menentukan warna furnitur yang hendak dipilih.

Sebaiknya pilih warna yang mudah didapatkan di pasaran dengan kombinasi warna furnitur untuk membuat penghuni apartemen merasa nyaman. Tapi tetap perhatikan konsistensi pemilihan perabot yang efisien tempat dan fungsional.

Apabila ingin membuat tampak lebih modern, warna hijau bisa dipadupadankan dengan warna metalik, netral atau cerah. Warna ini bisa menciptakan desain interior apartemen yang menarik.

Lalu tambahkan bantal kecil berwarna hijau atau tanaman di dalam ruangan agar tampak lebih segar.

5. Meminta bantuan jasa desain interior untuk hasil yang maksimal

5. Meminta bantuan jasa desain interior hasil maksimal
Freepik/Pressfoto

Mungkin tanpa perencanaan, banyak orang sembarangan dalam memilih warna cat dan furnitur di ruangan apartemen tanpa pertimbangan yang proporsional.

Apabila tetap merasa kesulitan dalam memilih warna, maka sebaiknya sisihkan dana lebih untuk meminta jasa desain interior. Tentu cara ini bisa jauh lebih mahal, tetapi umumnya hasilnya akan memuaskan daripada memilih sendiri dan tidak sesuai.

Di mana bantuan dari jasa desain interior, mereka dapat memadukan pilihan warna secara maksimal untuk ruangan minimalis di apartemen. Hasilnya pun bisa menciptakan suasana yang semakin menarik dan nyaman bagi penghuninya.

Itulah 5 tips memilih warna apartemen yang bisa kamu lakukan. Melalui pemilihan warna yang sesuai, pastinya akan membuat unit terasa lebih menyenangkan saat ditinggali.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!