Ini Dia 5 Tips Tepat Memilih Bingkai Foto untuk Dekorasi Ruangan

Ayo, kenang momen spesial kamu di dalam pigura

12 September 2019

Ini Dia 5 Tips Tepat Memilih Bingkai Foto Dekorasi Ruangan
Freepik

Momen-momen penting seperti pernikahan, kelahiran, hingga wisuda tentu bisa diabadikan melalui foto.

Untuk mengenang momen spesial, maka melalui hiasan dalam bingkai atau pigura merupakan ornamen dekorasi ruangan yang bisa digunakan.

Perlu diketahui, bahwa estetika sebuah karya seni sangat bergantung pada pigura yang membingkainya.

Di mana pigura yang tepat dapat membuat lukisan atau foto tampak lebih indah dan menarik.

Yuk, simak sejenak 5 tips tepat memilih bingkai foto untuk dekorasi ruangan rumah dari Popmama.com :

1. Gunakan karya seni yang sesuai interior ruangan

1. Gunakan karya seni sesuai interior ruangan
Unplash/Jonny Caspari

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan apa yang akan dipajang untuk menciptakan dekorasi hiasan dinding yang tepat di ruangan rumahmu. Sesuaikanlah dengan tema foto dan interiornya.

Jangan sampai asal memilih dan malah membuat tampilannya tidak enak dilihat.

Pikirkan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk menciptakan galeri mini di suatu ruangan, yaitu apakah sebuah foto atau lukisan?

Pilihan tersebut sangat penting, agar foto atau lukisan yang kamu pajang kelak tampak menarik dan seperti bercerita.

2. Pastikan kualitas bingkai foto yang akan dibeli

2. Pastikan kualitas bingkai foto akan dibeli
Freepik

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam memilih bingkai foto ialah kualitasnya.

Pastikan bingkai yang dipilih memiliki kualitas tinggi, tidak cepat rusak maupun tumbuh jamur. Carilah yang berbahan awet, tidak mudah pecah dan warnanya tidak pudar.

Pigura berkualitas memang harganya bisa sedikit lebih mahal, tapi secara nilai akan jauh lebih murah untuk pemakaian dalam waktu yang lama, sehingga kamu tidak keluar uang membeli penggantinya.

Jangan lupa mempertimbangkan berat bingkai foto yang akan dibeli, pastikan penyangganya kokoh saat menahan beban dan juga tidak mudah jatuh.

Sebaiknya mengecek kerapian bingkai fotonya. Umumnya bingkai yang baik memiliki sambungan yang tampak lebih rapi.

Editors' Picks

3. Perhatikan keseimbangan dari piguranya

3. Perhatikan keseimbangan dari piguranya
Unplash/Lefty Kasdaglis

Alasan memajang bingkai foto atau lukisan ialah untuk memperindah interior ruangan dan mengenang momen bahagia bersama orang tersayang.

Langkah ketiga saat memilih bingkai foto yang bagus yakni tidak perlu mahal, karena sekarang banyak bingkai foto yang dijual di pasaran dengan berbagai motif maupun ukuran.

Namun pastikan kamu mengecek keseimbangan dari bingkai yang akan dibeli. Jangan sampai piguranya terlalu menonjol dan menenggelamkan foto atau lukisan yang akan ditampilkan.

4. Pilih warna pigura yang menarik

4. Pilih warna pigura menarik
Freepik

Sebelum membeli bingkai foto, kamu perlu mempelajari trik-trik dari permainan warna untuk menghasilkan dekorasi interior yang menarik.

Jika foto bernuansa cerah, maka sebaiknya pilih bingkai yang berwarna gelap. Hal ini salah satu pilihan yang aman, yaitu akan membuat foto terkesan hangat, tenang dan lebih menonjol.

Namun apabila foto memiliki warna yang cukup tajam, kamu bisa memilih warna bingkai natural seperti putih atau abu-abu agar terlihat manis.

Sedangkan gambar atau karya seni yang ditampilkan sederhana, gunakanlah frame dengan aksen emas.

Tapi kamu juga bisa memilih warna yang sama dengan bantalan sofa atau senada dengan pernak-pernik lainnya di sekitar ruangan tersebut.

5. Tentukan ruangan di rumah untuk meletakkan bingkai fotonya

5. Tentukan ruangan rumah meletakkan bingkai fotonya
Unplash/NeONBRAND

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah kesesuaian bingkai foto dengan tata letaknya, yaitu pertimbangkan di mana kamu akan menggantung atau meletakkan bingkai fotonya?

Penempatan foto ini akan memengaruhi pemilihan bingkai yang tepat. Kamu pun bisa memasangnya di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur atau sekitar tangga yang disusun sesuai bentuk anak tangga agar tampil artistik.

Jika kamu kesulitan menentukan tata letak bingkai foto di rumah, cobalah mencari inspirasinya melalui internet. Kamu bisa meniru contoh yang ada atau berkreasi sendiri.

Nah, setelah mengikuti tips-tips di atas kamu pun juga bisa bebas berkreasi sendiri sesuai dengan selera. Hal yang terpenting adalah keharmonisan dan bingkai yang dipilih selaras dengan tema ruangan rumahmu.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;