Cara Membersihkan Rumah untuk si Penyayang Anjing

Pemelihara anjing tetap bisa mempunyai rumah yang bersih

17 September 2019

Cara Membersihkan Rumah si Penyayang Anjing
Pixabay/Lenka Novotná

Anjing adalah sahabat manusia yang selalu setia menemani dikala susah maupun senang. Tidak heran, hewan yang satu ini banyak dipelihara oleh penyayang binatang. Selain bisa diajak bermain bersama, beberapa jenis anjing juga mampu melindungi majikannya.

Umumnya, penyayang binatang lebih memilih membiarkan anjing kesayangan mereka berkeliaran di rumah. Mengurungnya di dalam kandang dirasa tidak manusiawi dan membuat anjing tidak bahagia.

Namun, keberadaan anjing di dalam rumah menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga kebersihan rumah. Bulu-bulu halus yang berterbangan akan sulit dihindari. Bau tidak sedap rentan muncul jika anjing membuang kotoran di dalam. Belum lagi kalau anjing kesayangan bermain di luar dan masuk dengan telapak kaki yang kotor.

Tapi tidak perlu khawatir, Ma. Mama tetap bisa memiliki rumah yang bersih selama Mama membersihkan rumah dengan cara yang tepat. Berikut caranya:

1. Anjing yang bersih adalah rumah yang bersih

1. Anjing bersih adalah rumah bersih
Pexels/Benjamin Lehman

Rumah yang bersih diawali dengan kondisi anjing peliharaan yang bersih. Di dalam rumah, anjing kesayangan Mama mungkin suka tidur di atas kasur atau sofa. Jika kondisi mereka kotor, kasur atau sofa Mama juga akan menjadi kotor.

Oleh sebab itu, mandikan anjing kesayangan Mama secara rutin. Dengan badan yang bersih, Mama tentunya akan lebih tenang ketika mereka tidur di kasur atau sofa.

Menjaga kebersihan anjing sekaligus dapat menjauhkan mereka dari kutu dan jamur lho, Ma. Jika diperlukan, gunakan shampoo anti kutu khusus. Mama tentunya tidak ingin jika rumah Mama diserang kutu.

2. Sisir atau sikat bulu anjing secara rutin

2. Sisir atau sikat bulu anjing secara rutin
Freepik/freepic.diller

Anjing memiliki bulu-bulu halus yang rontok setiap harinya. Jika dibiarkan bulu-bulu halus ini akan beterbangan di dalam rumah dan menempel pada pakaian atau perabotan. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi bulu-bulu ini juga dapat terhirup.

Oleh karena itu, selain harus memandikan anjing kesayangan secara rutin, Mama juga harus rajin menyisir atau menyikat bulu mereka. Menyisir dan menyikat akan mengangkat bulu-bulu halus yang ada. Lakukan kegiatan ini di luar rumah supaya lebih bersih ya, Ma.

Editors' Picks

3. Batasi wilayah yang dapat dilalui oleh anjing kesayangan

3. Batasi wilayah dapat dilalui oleh anjing kesayangan
Freepik/freepic.diller

Meskipun memperbolehkan anjing untuk berkeliaran di dalam rumah, sebaiknya Mama tetap membatasi wilayah yang boleh mereka lalui. Misalnya, mereka hanya boleh berada di ruang keluarga atau ruang tamu dan tidak boleh masuk ke dalam kamar tidur. Hal ini akan mempermudah Mama dalam membersihkan rumah.

Jika perlu, berikan spot khusus untuk anjing Mama. Belikan rumah atau tempat tidur khusus dan tempatkan di sudut rumah yang mereka sukai. Tentukan juga spot khusus untuk makan, minum, dan toilet anjing.

4. Gunakan peralatan yang tepat

4. Gunakan peralatan tepat
Pexels/Pixabay

Peralatan membersihkan rumah standar mungkin sudah cukup untuk membersihkan rumah biasa. Tapi dengan keberadaan anjing kesayangan, Mama harus lebih cermat dalam memilih peralatan.

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dan perabotan. Vacuum cleaner akan menyedot bulu-bulu halus di sudut-sudut rumah.

Jika mama menggunakan sapu biasa, kemungkinan bulu halus hanya akan semakin menyebar karena tertiup angin saat Mama menggerakan sapu.

Mama juga bisa menggunakan pembersih bulu untuk membersihkan sofa atau pakaian. Alat ini memiliki lapisan lem yang mampu mengangkat bulu halus tanpa merusak sofa atau pakaian Mama.

5. Menjaga sirkulasi udara untuk menghilangkan bau tidak sedap

5. Menjaga sirkulasi udara menghilangkan bau tidak sedap
Realsimple.com

Anjing peliharaan yang kotor dapat menyebarkan bau tidak sedap ke seluruh rumah. Tentunya hal ini membuat usaha Mama untuk membersihkan rumah sia-sia. Pasalnya, rumah sebersih apapun akan terasa tidak nyaman jika terdapat bau tidak sedap.

Jika hal ini sudah terjadi, buka seluruh jendela dan ventilasi udara agar bau tidak sedap mengalir keluar. Mama juga bisa menggunakan pengharum ruangan supaya udara di rumah tetap segar.

Selain itu, gunakan baking soda untuk membantu menghilangkan bau. Taburkan di sofa, karpet, ataupun bantal agar bau tidak sedap terserap. Baking soda juga bisa diletakan di sekitar toilet anjing untuk meminimalisir bau yang muncul lho, Ma.

Itulah cara yang bisa Mama gunakan untuk membersihkan rumah. Keberadaan anjing kesayangan tidak boleh menjadi alasan untuk melupakan kebersihan rumah ya, Ma. Bagaimanapun, kebersihan rumah berpengaruh pada kesehatan penghuninya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!