hanco

Jaga Kebersihan, Yuk Hindarkan Makanan dari Lalat

Saat hinggap di makanan, lalat menularkan berbagai macam kuman penyakit

17 Oktober 2019

Jaga Kebersihan, Yuk Hindarkan Makanan dari Lalat
Knockout Pest Control

Jika selama ini Mama benci dengan kecoak karena dianggap kotor dan menjijikan, maka Mama mungkin akan lebih membenci lalat.

Faktanya, lalat lebih kotor dari kecoak lho, Ma. Ia membawa berbagai macam kuman penyakit. Ia pun lebih beresiko menularkan berbagai penyakit karena lebih sering hinggap di makanan manusia.

Saat hinggap di makanan, lalat tidak hanya mencicipi makanan yang tersedia. Ia akan berjalan-jalan terlebih dahulu untuk mencari spot yang paling enak. Kemudian, lalat mengeluarkan cairan digestif untuk melunakkan makanan Mama. Pada saat inilah, kuman penyakit yang ada pada lalat pindah ke makanan.

Hal tersebut tentu sangat menjijikan. Apalagi jika mengingat berbagai tempat kotor yang mungkin dihinggapi lalat sebelum menyentuh makanan Mama.

Tidak heran ada banyak penyakit yang disebabkan oleh lalat. Sebut saja diare, tifus, disentri, hingga kolera.

Mama tentu tidak ingin penyakit-penyakit tersebut diderita oleh keluarga Mama. Oleh karena itu, yuk jaga kebersihan dan hindarkan makanan dari lalat dengan cara-cara berikut:

1. Menggunakan tudung saji

1. Menggunakan tudung saji
Style Degree

Tudung saji memang diciptakan khusus untuk melindungi makanan dari serangga-serangga yang mengincar makanan, terutama lalat. Ia menutup semua akses untuk meraih makanan.

Oleh karena itu, menggunakan tudung saji adalah cara pertama dan termudah yang bisa Mama lakukan untuk menghindarkan makanan dari lalat.

Oh iya, agar kebersihan makanan selalu terjaga, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan tudung saji secara teratur ya, Ma. Apalagi tudung saji yang memiliki celah-celah kecil. Pasalnya, tudung saji dengan model demikian akan mudah dipenuhi debu.

2. Membakar dan meletakkan lilin di dekat makanan

2. Membakar meletakkan lilin dekat makanan
Pexels/Dhivakaran S

Saat Mama pergi ke restoran tertentu, apakah Mama memerhatikan bahwa mereka meletakkan lilin yang menyala di atas meja? Lilin tersebut bukan hanya sekedar dekorasi lho, Ma.

Lilin juga berfungsi sebagai pengusir lalat. Pasalnya, lalat adalah serangga yang takut dengan panas dan cahaya. Dengan adanya lilin di atas meja, ia pasti tidak akan berani mendekat.

Tapi, jika Mama ingin menggunakan lilin di rumah, letakkan di tempat yang aman dan jangan lupa dimatikan jika sudah tidak digunakan ya, Ma.

Editors' Picks

3. Menanam bunga lavender di dapur

3. Menanam bunga lavender dapur
Wayfair.com

Selama ini, Mama mungkin mengenal bunga lavender sebagai bunga yang mampu mengusir nyamuk. Nah ternyata, bunga lavender juga ampuh untuk mengusir lalat lho!

Aroma yang dikeluarkan oleh bunga ini sangat dibenci oleh lalat. Oleh karena itu, menanam bunga lavender di dapur adalah cara ampuh untuk mengusir lalat.

Tidak hanya mengusir lalat, dapur Mama juga akan menjadi lebih cantik dan wangi dengan keberadaan bunga ini.

4. Meletakkan jeruk nipis atau lemon di sekitar makanan

4. Meletakkan jeruk nipis atau lemon sekitar makanan
pixabay.com/Meditations

Selain bunga lavender, bahan alami berikutnya yang bisa Mama gunakan untuk menghindarkan makanan dari lalat adalah jeruk nipis atau lemon. Buah-buahan ini memiliki aroma segar yang juga sangat dibenci oleh lalat.

Potong jeruk nipis atau lemon dan letakkan di dekat makanan yang rawan dihinggapi lalat.

Cara ini akan semakin ampuh kalau Mama mengombinasikan jeruk nipis atau lemon dengan cengkeh lho. Caranya cukup dengan menusukkan biji cengkeh ke jeruk nipis atau lemon yang sudah dipotong.

5. Menggantung plastik berisi air

5. Menggantung plastik berisi air
Elite Readers

Percaya atau tidak, Mama bisa mengusir lalat hanya dengan menggantung plastik yang sudah diisi dengan air. Cara tradisional ini bahkan banyak digunakan oleh warung makan.

Bukan tanpa alasan. Secara ilmiah, plastik yang berisi air akan membiaskan cahaya dan mengganggu penglihatan lalat. Lalat memiliki 3000-6000 mata yang masing-masing memperlihatkan pandangan yang berbeda. Lalat pun akan pusing saat melihat cahaya yang terbiaskan dan lebih memilih pergi.

Itulah cara-cara yang bisa Mama lakukan untuk menghindarkan makanan dari lalat. Sederhana sekali bukan? Yuk, lakukan salah satu cara tersebut agar makanan Mama bersih dari kuman penyakit yang dibawa lalat. Keluarga kesayangan Mama pun akan jadi lebih sehat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!