7 Jenis Kompor Gas yang Perlu Diketahui

Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri

28 Februari 2020

7 Jenis Kompor Gas Perlu Diketahui
freepik.com

Bagai sayur tanpa garam, dapur tidak akan terasa lengkap tanpa kehadiran kompor. Pasalnya, kompor termasuk alat rumah tangga yang sangat penting.

Tanpa alat ini, Mama tidak akan bisa memasak berbagai jenis masakan. Dapur pun kehilangan fungsinya sebagai ruang memasak.

Sebagian besar keluarga di Indonesia masih menggunakan kompor gas. Kompor ini memang terbilang lebih murah dibandingkan kompor listrik atau kompor induksi. Penggunaannya juga praktis dan Mama dapat dengan mudah membeli gas di berbagai toko.

Tapi, apakah Mama sudah tahu? Ternyata kompor gas pun terdiri dari beberapa jenis lho! Nah, jika Mama sedang berpikir untuk membeli kompor baru, berikut Popmama.com telah merangkum tujuh jenis kompor gas yang bisa Mama pilih:

1. Kompor gas tanam untuk rumah minimalis

1. Kompor gas tanam rumah minimalis
amazon.com

Jika Mama termasuk orang yang memerhatikan desain ruangan, maka jenis kompor gas tanam sangat disarankan. Sesuai namanya, kompor ini ditanam langsung ke kitchen island sehingga menciptakan kesan rapi dan minimalis.

Namun kekurangannya, Mama tidak akan bisa memindahkan kompor dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan Mama menempatkannya di tempat yang tepat ya, Ma.

Selain itu, Mama juga perlu mempertimbangkan harga kompor tanam. Umumnya, kompor tanam dijual satu set dengan kitchen set sehingga harganya lebih mahal.

Baca juga: 

2. Kompor gas freestanding multifungsi

2. Kompor gas freestanding multifungsi
nbcnews.com

Kompor freestanding terlihat paling mewah dan juga paling besar dibandingkan jenis kompor lainnya. Ia terdiri dari empat atau enam tungku dan juga dilengkapi oven pada bagian bawah. Kompor ini pun sangat disarankan jika Mama memiliki hobi memasak atau membuat kue.

Namun, Mama harus siap mengeluarkan dana yang lebih besar untuk membeli kompor freestanding.

Selain itu, perawatan kompor freestanding juga lebih rumit. Mama akan membutuhkan tenaga ahli reparasi jika ada bagian yang rusak.

Baca juga: Jangan Asal Bersihkan Kompor Gas, Begini Cara Lakukannya dengan Tepat

3. Kompor gas portable yang mudah dipindahkan

3. Kompor gas portable mudah dipindahkan
imimg.com

Sesuai namanya, kompor gas portable sangat mudah dipindahkan. Mama tidak perlu mengkhawatirkan selang gas karena kompor ini memiliki tempat khusus untuk meletakan tabung gas.

Namun, kompor ini tidak disarankan untuk keperluan rumah tangga. Pasalnya, ia hanya memiliki satu tungku dan gas yang digunakan lebih cepat habis.

Kompor portable memang didesain untuk penggunaan di luar ruangan, seperti pada saat camping atau hiking.

Editors' Picks

4. Kompor gas komersil dengan api besar

4. Kompor gas komersil api besar
cloudinary.com

Bentuk kompor gas komersil hanya terdiri dari kerangka saja. Ia terbuat dari bahan besi cor dan dapat menghasilkan api yang sangat besar sehingga masakan lebih cepat matang. Mama pasti sering melihat kompor ini digunakan di berbagai restoran.

Namun, jenis kompor gas ini tidak disarankan untuk keperluan rumah tangga karena apinya terlalu besar. Ia lebih cocok digunakan di ruang terbuka atau di ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik.

5. Kompor gas dua tungku dengan harga terjangkau

5. Kompor gas dua tungku harga terjangkau
whatbestinindia.com

Jenis kompor gas juga dibedakan dari jumlah tungku yang ia miliki lho, Ma.

Sebagian besar rumah tangga dan pengusaha kuliner memilih menggunakan kompor dua tungku karena praktis dan harganya lebih terjangkau.

Dengan dua tungku, Mama bisa memasak lebih cepat. Ketika satu tungku digunakan untuk menumis, tungku yang lain bisa digunakan untuk merebus atau menggoreng.

6. Kompor gas tiga tungku yang lebih praktis

6. Kompor gas tiga tungku lebih praktis
best10reviews.in

Jenis kompor gas yang selanjutnya adalah kompor gas tiga tungku. Umumnya, kompor ini terdiri dari dua tungku besar dan satu tungku kecil. Dengan tungku yang lebih banyak, otomatis kegiatan memasak Mama akan lebih praktis.

Namun, Mama perlu mempertimbangkan jarak antar tungku jika Mama ingin membeli jenis kompor gas ini. Usahakan jaraknya cukup sehingga wajan Mama tidak saling menabrak ketika semua tungku digunakan bersamaan.

7. Kompor gas empat tungku untuk Mama yang hobi memasak

7. Kompor gas empat tungku Mama hobi memasak
couponhaat.in

Seperti jenis kompor gas freestanding, kompor gas dengan empat tungku sangat disarankan bagi Mama yang hobi memasak. Empat tungku yang tersedia pasti memudahkan kegiatan memasak Mama.

Jika Mama ingin membeli kompor gas empat tungku, perhatikan desainnya ya, Ma. Beberapa dilengkapi empat tungku besar sedangkan yang lain dilengkapi dua tungku besar dan dua tungku kecil.

Mama juga perlu menyesuaikan ukuran kompor ini dengan ukuran dapur Mama.

Nah, itu dia jenis-jenis kompor gas yang perlu Mama ketahui. Semoga informasi di atas membantu Mama menentukan kompor terbaik untuk rumah Mama ya! Sedikit saran, pilihlah kompor yang sesuai dengan ukuran ruangan, budget, dan kebutuhan memasak Mama.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.