Kelebihan Memiliki Ventilasi dan Pencahayaan Baik di Dapur

Keduanya tidak boleh disepelekan lho, Ma!

17 Maret 2020

Kelebihan Memiliki Ventilasi Pencahayaan Baik Dapur
sndimg.com

Dapur adalah salah satu ruangan yang wajib ada di setiap rumah. Di ruangan inilah, seluruh hal yang berkaitan dengan memasak terkonsentrasi. Tanpanya, tentu Mama akan merasa kesulitan untuk memasak dan menghidangkan berbagai makanan sehat untuk keluarga.

Namun, dibandingkan ruangan lain, desain ruangan dapur masih sering disepelekan. Umumnya, dapur ditempatkan di bagian belakang rumah dengan ventilasi dan pencahayaan yang seadanya.

Padahal, keberadaan ventilasi dan pencahayaan di dapur adalah hal yang sangat penting lho. Keduanya akan meningkatkan kenyamanan Mama dalam memasak. Bahkan, keberadaan ventilasi dan pencahayaan yang baik akan menghindarkan Mama dari risiko kecelakaan di dapur.

Nah, berikut Popmama.com telah merangkum kelebihan-kelebihan yang akan Mama rasakan ketika memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik di dapur:

1. Memasak akan lebih nyaman dan aman dengan pencahayaan yang baik

1. Memasak akan lebih nyaman aman pencahayaan baik
blogspot.com

Apakah Mama pernah memasak dengan cahaya redup? Pasti akan sulit sekali kan, Ma? Selain sulit memastikan tingkat kematangan makanan yang Mama masak, jari Mama juga berisiko teriris ketika memotong sayuran atau lauk.

Hal ini membuktikan bahwa pencahayaan adalah hal yang penting bagi dapur. Ia akan membuat kegiatan memasak lebih nyaman dan aman.

2. Ventilasi adalah jalur sirkulasi udara yang penting

2. Ventilasi adalah jalur sirkulasi udara penting
architectureartdesigns.com

Memiliki sirkulasi udara di dapur sangat penting lho, Ma. Mama pasti pernah merasa kepanasan ketika memasak bukan? Nah, ventilasi akan menjadi jalur udara dari luar untuk masuk dan menyejukkan dapur Mama.

Selain itu, keberadaan ventilasi juga sangat dibutuhkan ketika terjadi kebocoran gas. Lewat ventilasi, gas yang bocor dapat keluar dari dapur dan menghindarkan Mama dari risiko kecelakaan yang dapat terjadi.

Editors' Picks

3. Ventilasi menjaga suhu dan kelembapan di dapur

3. Ventilasi menjaga suhu kelembapan dapur
amazonaws.com

Dapur adalah salah satu ruangan yang rawan lembap lho, Ma. Pasalnya, kegiatan memasak akan menimbulkan uap air di udara.

Jika Mama membiarkan kelembapan tersebut, dapur dan peralatan yang Mama letakkan di sana (terutama yang terbuat dari kayu) akan mudah ditumbuhi jamur. Tentu hal tersebut akan memengaruhi kesehatan keluarga bukan?

Oleh karena itu, atasi kelembapan di dapur dengan memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik. Ventilasi akan menjadi jalur bagi udara hangat dan sinar matahari dari luar untuk masuk dan menghilangkan uap air di udara.

4. Pencahayaan yang baik akan membantu Mama menghemat listrik

4. Pencahayaan baik akan membantu Mama menghemat listrik
homedesignlover.com

Jika Mama memiliki ventilasi (apalagi jika ventilasi tersebut berupa jendela yang besar), Mama dapat menghemat listrik saat memasak di pagi atau siang hari lho!

Pasalnya, Mama tidak perlu lagi menggunakan lampu karena cahaya matahari yang masuk melalui ventilasi sudah menerangi dapur Mama. Keberadaan lampu pun hanya diperlukan ketika sore atau malam hari.

5. Melengkapi dekorasi dan mempercantik dapur

5. Melengkapi dekorasi mempercantik dapur
homedesignlover.com

Selain fungsinya yang sangat penting, keberadaan ventilasi dan pencahayaan dapat melengkapi dekorasi dan mempercantik dapur Mama.

Aturlah desain dan letak ventilasi tersebut agar cahaya matahari yang masuk jatuh dengan indah di dalam ruangan. Mama juga bisa memperhitungkan letak ventilasi dengan pemandangan di luar jendela. Memasak dengan pemandangan yang cantik tentu akan lebih menyenangkan kan, Ma?

Jika ventilasi Mama berupa jendela, Mama juga bisa mempercantik dapur dengan menggunakan gorden yang sesuai dengan konsep dapur ataupun dengan meletakkan tanaman gantung di dekat jendela.

Itulah kelebihan-kelebihan dari memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik di dapur. Sekarang, coba amati dapur Mama. Apakah ventilasi dan pencahayaannya sudah baik? Jika belum, coba atasi yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.