Rumah Lebih Segar dengan Konsep Botanical!

Konsep botanical akan memenuhi rumah dengan warna hijau yang segar

10 Januari 2021

Rumah Lebih Segar Konsep Botanical
Pexels/Skitterphoto

Rumah bukan hanya tempat berlindung, ia juga tempat keluarga berkumpul dan beristirahat. Karena pentingnya peran ini, tidak heran jika semua orang mengidam-idamkan rumah yang nyaman.

Salah satu cara untuk menciptakan rumah yang nyaman adalah dengan memilih konsep rumah yang menggambarkan kepribadian pemiliknya. Ada banyak konsep yang bisa dipilih. Seperti minimalis, modern, klasik, skandinavia, atau tropis.

Nah, jika Mama menyukai warna hijau atau tanaman, Mama bisa menghadirkan konsep botanical pada rumah Mama.

Dijamin, rumah Mama akan terasa lebih alami dan segar. Pasalnya, ciri khas konsep ini adalah kehadiran warna hijau dan tanaman yang banyak.

Yuk, intip inspirasi dari Popmama.comberikut ini untuk menghadirkan konsep botanical di rumah Mama!

1. Menempatkan tanaman di sudut rumah

1. Menempatkan tanaman sudut rumah
Pexels/Huy Phan

Karena konsep botanical identik dengan tanaman, rasanya tidak lengkap jika tidak meletakkan tanaman sebagai dekorasi utama.

Tapi sebenarnya, ia tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi lho, Ma. Kehadiran tanaman juga membuat rumah lebih segar.

Ia akan membantu membersihkan udara di rumah sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. Beberapa tanaman, seperti tanaman lidah mertua, bahkan bisa menyaring polutan udara yang tidak sengaja masuk ke dalam rumah.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, tempatkan tanaman di sudut-sudut rumah Mama. Mama bisa meletakannya di samping sofa, rak buku, rak sepatu, atau dimanapun!

Tapi, ingat untuk rajin merawatnya agar tanaman tetap segar dan cantik ya, Ma.

2. Menggantung tanaman hijau

2. Menggantung tanaman hijau
Pinterest/Home Decor Ideas

Tidak perlu khawatir jika Mama tidak memiliki lahan yang cukup untuk meletakan pot tanaman yang besar. Sebagai alternatif, Mama bisa membuat taman gantung.

Taman gantung sangat fleksibel dan bisa ditempatkan di mana saja. Ia bisa ditempatkan di teras rumah, dapur, ruang keluaga, ataupun di pojok dinding yang terasa kosong.

Nah, supaya tanaman gantung Mama memberi nilai dekorasi yang lebih, cobalah bereksperimen dengan menggunakan pot yang bervariasi. Mama bisa mencoba menggunakan kotak kayu untuk menciptakan kesan alami seperti pada foto ini.

Editors' Picks

3. Menggunakan wallpaper dengan tema tanaman

3. Menggunakan wallpaper tema tanaman
Pinterest/Wallflora

Selain kehadiran tanaman, Mama bisa menghadirkan konsep botanical dengan menggunakan wallpaper dinding dengan tema tanaman.

Wallpaper seperti ini banyak dijual dengan berbagai variasi gambar dan warna. Rumah Mama pun akan terlihat lebih cantik.

Jika Mama ingin menjaga kesederhanaan, pilih wallpaper dengan gambar tanaman yang kecil dan warna yang tidak terlalu mencolok ya, Ma. Namun, wallpaper dengan warna hijau terang dan pepohonan yang besar juga tetap indah.

4. Memberikan sentuhan botanical di perabotan

4. Memberikan sentuhan botanical perabotan
Pexels/Designecologist

Perabotan juga bisa menjadi elemen dekorasi lho, Ma. Untuk menghadirkan konsep botanical, pilihlah perabot dengan warna hijau atau coklat. Kedua warna ini adalah warna alam yang akan menambah kesegaran rumah Mama.

Mama juga bisa menggunakan sarung bantal dengan tema tanaman. Tanpa Mama sadari, detail-detail seperti inilah yang melengkapi konsep rumah Mama dan membuatnya lebih tematik.

5. Menempatkan dekorasi dengan tema tanaman

5. Menempatkan dekorasi tema tanaman
Pinterest/Notonthehighstreet

Mungkin Mama tidak suka menghadirkan terlalu banyak tanaman di dalam rumah karena bisa membuat kotor. Tapi, tenang saja, Ma. Mama tetap bisa menghadirkan konsep botanical dengan menempatkan dekorasi bertema tanaman.

Salah satunya adalah dengan memasang pigura bergambar tanaman. Mama juga bisa membuat dekorasi sendiri dengan menempatkan tanaman kering di dalam pigura lho.

6. Memilih meja berbahan dasar kayu

6. Memilih meja berbahan dasar kayu
Pexels/Adrienne Andersen

Konsep botanical tidak hanya identik dengan warna hijau. Tentunya akan membosankan kalau rumah Mama berwarna hijau secara keseluruhan kan? Secara psikologis, warna hijau yang terlalu banyak juga bisa membuat penghuni rumah lebih malas.

Nah, Mama bisa menyeimbangkan warna tersebut dengan menghadirkan warna coklat. Salah satunya caranya dengan memilih perabotan berbahan dasar kayu.

Tempatkan meja kayu di ruang makan atau ruang tengah, dijamin rumah Mama akan terasa lebih manis.

Jika Mama ingin kesan yang lebih alami, pilih kayu yang belum dipernis ya, Ma!

7. Menggunakan lantai dari kayu

7. Menggunakan lantai dari kayu
Pexels/Pixabay

Agar konsep botanical semakin terasa, pilihlah material kayu untuk bagian lantai. Mama bisa menggunakan parket kayu.

Selain melengkapi konsep botanical, lantai kayu juga punya kelebihan lain lho, Ma. Ia mudah dibersihkan, kokoh, dan tahan lama. Lalu, tergantung bentuk yang Mama pilih, parket kayu bisa membuat pola geografis yang cantik.

Lantai kayu juga membuat rumah terasa lebih hangat!

Itu dia beberapa inspirasi yang bisa Mama coba untuk menghadirkan konsep botanical di rumah. Mama suka inspirasi yang mana nih? Yuk, coba bereksperimen dan ciptakan rumah yang nyaman dan segar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.