Jangan Keliru, Ketahui Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com

Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda

26 September 2020

Jangan Keliru, Ketahui Beda Rice Cooker, Magic Jar, Magic Com
boorsika.com

Nasi adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia. Rasanya jarang sekali kita melewatkan satu hari tanpa memakannya. Bahkan, beberapa orang merasa kurang bertenaga ketika mereka belum menyantap nasi.

Karena pentingnya peran nasi, setiap rumah tangga pasti memiliki alat penanak nasi sendiri-sendiri, baik itu rice cooker, magic jar, ataupun magic com. Dengan bantuan alat ini, menanak nasi menjadi lebih mudah, cepat, dan higienis.

Namun, apakah Mama sudah mengetahui perbedaan ketiga alat penanak nasi tersebut? Jangan keliru ya, Ma. Meski fungsi mereka sedikit mirip, ketiganya berbeda lho.

Yuk, simak perbedaannya yang telah Popmama.comulas berikut ini:

1. Rice cooker khusus diciptakan untuk memasak nasi

1. Rice cooker khusus diciptakan memasak nasi
55gadgets.com

Jika dilihat dari sejarah, rice cooker adalah alat penanak nasi yang pertama kali diciptakan. Ia diciptakan oleh sebuah perusahaan Jepang, Mitsubishi Electric pada tahun 1945.

Pada saat itu, rice cooker hanyalah sebuah pot aluminium dengan koil pemanas. Ia hanya bisa digunakan untuk memasak nasi dan tidak bisa mati secara otomatis.

Namun seiring perkembangan teknologi, rice cooker yang ada sekarang sudah dilengkapi fitur mati otomatis sehingga Mama tidak perlu menunggui nasi yang sedang Mama masak. Ia juga bisa digunakan untuk menghangatkan nasi ataupun lauk lain selain memasak nasi.

Editors' Picks

2. Magic jar khusus diciptakan untuk menghangatkan nasi

2. Magic jar khusus diciptakan menghangatkan nasi
pexels.com

Magic jar adalah alat penanak nasi yang diciptakan setelah kehadiran rice cooker. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dahulu rice cooker hanya dapat digunakan untuk memasak nasi dan tidak bisa menghangatkannya kembali.

Nah, magic jar diciptakan untuk mengisi kekosongan tersebut. Ia mampu menghangatkan nasi yang telah dimasak menggunakan rice cooker.

3. Magic com dapat memasak sekaligus menghangatkan nasi

3. Magic com dapat memasak sekaligus menghangatkan nasi
murtahil.com

Rice cooker diciptakan khusus untuk memasak nasi, sedangkan magic jar diciptakan untuk menghangatkan nasi.

Namun, jika harus memiliki kedua alat ini di rumah, tentu akan merepotkan. Mama juga perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk membeli kedua alat tersebut.

Oleh karena itu, diciptakannya magic com. Ia adalah inovasi paling canggih dari alat penanak nasi. Sebagai gabungan dari rice cooker dan magic jar, magic com mampu memasak nasi sekaligus menghangatkannya kembali.

Bahkan, beberapa magic com yang ada sekarang juga dapat digunakan untuk menghangatkan sayuran, mengukus kue, ataupun memanggang lho, Ma!

4. Mana yang lebih baik?

4. Mana lebih baik
vox-cdn.com

Setelah mengetahui perbedaan ketiga alat penanak nasi tersebut, pasti akan muncul pertanyaan di pikiran Mama. Mana alat yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga?

Mungkin, magic jar tidak menjadi pilihan karena hanya mampu menghangatkan nasi. Namun, bagaimana dengan rice cooker dan magic com? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rice cooker yang ada saat ini juga sudah dilengkapi fitur untuk menghangatkan nasi.

Nah, jika Mama bingung, Mama bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Perlu Mama ketahui, rice cooker hanya mampu menghangatkan nasi hingga 24 jam, sedangkan magic com dapat menghangatkan hingga 48 jam.

5. Rice cooker dan magic com memiliki harga yang berbeda

5. Rice cooker magic com memiliki harga berbeda
www.skitterphoto.com

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, Mama juga perlu mempertimbangkan harga rice cooker dan magic com. Umumnya, magic com memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan rice cooker. Namun, harga tersebut sebanding dengan fitur-fitur canggih yang ia tawarkan.

Jadi, jika Mama memiliki budget lebih dan membutuhkan fitur yang beragam, Mama bisa memilih magic com. Namun jika Mama tidak ingin mengeluarkan budget yang besar, Mama bisa memilih rice cooker.

Mulai sekarang, jangan keliru lagi ya, Ma! Apalagi jika Mama berencana membeli alat penanak nasi baru. Teliti jenis alat penanak nasi tersebut sebelum membelinya. Mama juga perlu meneliti fitur apa saja yang ia miliki agar sesuai dengan kebutuhan Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.