8 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar, Mudah Dilakukan

Yuk, ikuti beberapa cara berikut untuk mengusir nyamuk di kamar!

25 Juni 2022

8 Cara Mengusir Nyamuk Kamar, Mudah Dilakukan
Freepik/jcomp

Keberadaan nyamuk yang ada di dalam kamar tentunya sangat menyebalkan. Terlebih suaranya yang mengganggu telinga dan gigitannya yang membuat beberapa bagian tubuh terasa gatal hingga bentol. 

Solusinya adalah mencari cara mengusir nyamuk di kamar dan menerapkan beberapa cara tersebut. Perlu diingat, Ma, gigitan nyamuk bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya, seperti demam berdarah dan malaria. 

Maka dari itu, berikut ini Popmama.com bagikan ulasan terkait 8 cara mengusir nyamuk di dalam kamar. Mudah dilakukan lho! Simak yuk.

1. Membersihkan pakaian kotor yang menumpuk

1. Membersihkan pakaian kotor menumpuk
Pexels/Karolina Grabowska

Nyamuk dikenal sebagai hewan yang memiliki penciuman tajam, bahkan lebih dari 10 meter. Aroma keringat yang berasal dari tubuh manusia sangat disukai oleh nyamuk, biasanya aroma tersebut timbul dari pakaian kotor yang menumpuk di kamar. 

Area tersebut menjadi spot terfavorit bagi nyamuk sehingga jangan heran jika kamar dipenuhi dengan nyamuk. Solusi sederhananya adalah membersihkan pakaian kotor yang menumpuk agar tak ada lagi aroma yang disukai oleh nyamuk.

2. Ganti lampu yang mulai redup

2. Ganti lampu mulai redup
Pexels/Anete Lusina

Warna yang gelap atau redup menjadi daya tarik untuk kawanan nyamuk karena dianggap lebih membaur dengan sekitar. Area dengan pencahayaan minim memiliki suhu yang lebih sejuk dibandingkan cahaya yang terang. 

Ada baiknya segera mengganti lampu dengan yang lebih cerah agar tak banyak nyamuk yang mengerubungi area kamar.

3. Menutup jalan akses masuk nyamuk

3. Menutup jalan akses masuk nyamuk
Freepik/wirestock

Sebelum memasuki area kamar pastikan untuk menutup jendela, pintu, atau lubang yang sekiranya menjadi akses masuk nyamuk. Hal ini karena faktor nyamuk yang suka dengan karbondioksida sehingga mudah saja mereka menemukan celah udara untuk masuk. 

Jika terdapat lubang atau celah di dalam kamar, segera tutup menggunakan kawat nyamuk untuk meminimalisir masuknya nyamuk ke dalam kamar.

Editors' Picks

4. Menggunakan ultrasonik serangga

4. Menggunakan ultrasonik serangga
Shopee.co.id/murahlaku89

Selain menggunakan insektisida, mengusir nyamuk juga bisa digunakan dengan gelombang ultrasonik. Pancaran gelombang ultrasonik dapat mengakibatkan kerusakan pada antena nyamuk yang berfungsi sebagai indera penerima rangsangan. 

Dengan alat tersebut nyamuk akan merasa tidak nyaman dan terganggu keseimbangannya hingga akhirnya mati. 

5. Menggunakan air humidifier

5. Menggunakan air humidifier
Freepik/pvproductions

Air humidifier berfungsi sebagai pengatur kelembapan di dalam ruangan, termasuk kamar. Kini telah hadir berbagai minyak esensial yang bisa diteteskan ke dalam air humidifier dan selanjutnya mengeluarkan aroma harum, seperti eucalyptus, lavender, tea tree, dan yang lainnya. 

Wewangian yang harum sangat dibenci oleh nyamuk. Tetapi pilihlah minyak dengan aroma yang tidak terlalu menyengat bagi manusia agar Mama dan keluarga tak merasa terganggu. 

6. Membersihkan kamar secara berkala

6. Membersihkan kamar secara berkala
Pexels/Polina Tankilevitch

Tak hanya menyukai ruangan gelap dan lembap, nyamuk juga suka berkembangbiak di ruangan yang kotor. 

Mama bisa mencoba untuk mulai membersihkan kamar secara berkala, seperti mencuci pakaian kotor, menghilangkan genangan air, dan biarkan kamar memiliki pencahayaan yang maksimal, baik secara alami atau cahaya dari lampu. 

7. Menyalakan kipas angin

7. Menyalakan kipas angin
Pixabay/StockSnap

Kipas angin bisa menghasilkan hembusan udara yang besar hingga membuat nyamuk kesulitan untuk terbang di area kamar. Meskipun belum sepenuhnya efektif, namun cara ini bisa mencegah nyamuk hinggap di kulit. 

Perlu diingat bahwa penggunaan kipas tersebut jangan sampai berlebihan. Sebaiknya kipas digerakkan agar bisa mengarah ke segala area rumah. 

8. Membakar ampas kopi

8. Membakar ampas kopi
Pexels/Ryutaro Tsukata

Hanya dengan bermodalkan kopi bisa mengusir nyamuk yang ada di kamar nih, Ma. Bagian yang digunakan adalah ampas kopi karena memiliki bau menyengat dan tidak disukai oleh banyak serangga, termasuk nyamuk. 

Agar ampas tak terbuang sia-sia, Mama bisa membakar ampas kopi dan menebarkan di sekeliling ruangan. Emisi karbondioksida yang dikeluarkan akar membuat nyamuk kebingungan dan merasa tak nyaman dengan aroma bakaran ampas kopi. 

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk di kamar dengan metode sederhana yang mudah dilakukan. Jangan lupa untuk selalu jaga diri Mama dan keluarga dari gigitan nyamuk ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk