TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Penyebab Hewan Peliharaan Mengalami Stres

Tak hanya manusia, hewan peliharaan juga bisa stres

24 November 2022

7 Penyebab Hewan Peliharaan Mengalami Stres
Pexels.com/Tranmautritam

Stres merupakan suatu reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Keadaan itu membuat tubuh memproduksi hormon adrenalin untuk mempertahankan diri. Stres biasanya terjadi pada manusia namun tak menutup kemungkinan hewan juga merasakannya.

Ketika stres melanda, hal itu bisa menggangu kesehatan fisik manusia ataupun hewan. Selain itu juga dapat mengalami perubahan perilaku sampai kepada depresi. Untuk hewan sendiri, mereka akan bertingkah berbeda dari biasanya ketika mengalami stres.

Bagi setiap orang yang mempunyai hewan peliharaan harus mengetahui penyebab dari stres pada hewan kesayangannya, agar tidak berdampak serius bagi kesehatan hewan itu sendiri. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum penyebab hewan peliharaan mengalami stres yang diperoleh dari beberapa sumber.

Disimak yuk, Ma!

1. Berada di petshop atau dokter hewan

1. Berada petshop atau dokter hewan
Pexels.com/Benjamin Lehman

Penting bagi hewan untuk mengunjungi petshop untuk melakukan perawatan khusus, terlebih lagi harus ke dokter hewan jika dirasa sedang sakit. Namun, ketika sedang di tempat asing dan ditangani oleh seseorang yang tak dikenal olehnya, maka dapat menyebabkan hewan peliharaan stres. 

2. Adanya penghuni baru di rumah

2. Ada penghuni baru rumah
Pexels.com/Helena Lopes

Hewan peliharaan akan mengenali wajah sang pemilik dan beberapa orang yang juga tinggal bersamanya. Ketika ada seseorang baru yang asing bagi hewan, mereka mulai nampak stres dan takut.

Sebisa mungkin penghuni baru di rumah mengerti keadaan hewan, jangan terlalu memaksakan hubungan dengan hewan cepat terbangun, biarkan hewan tersebut adaptasi terlebih dahulu.

Editors' Picks

3. Terlalu lama ditinggal oleh sang pemilik

3. Terlalu lama ditinggal oleh sang pemilik
Pexels.com/Vadim B

Secara alami beberapa hewan peliharaan memang nampak penyendiri, namun jika terlalu lama dibiarkan sendiri mereka akan merasa bosan dan berakibat stres. 

4. Acara yang menimbulkan kebisingan

4. Acara menimbulkan kebisingan
Pexels.com/KoolShooters

Entah perayaan tahun baru atau acara ulang tahun, setiap hewan peliharaan akan merasa cemas dan stres ketika dihadapkan dengan hal tersebut. Dengan berkumpulnya orang-orang baru dan ditambah suara suara yang sangat keras memicu stres pada hewan peliharaan. 

5. Ada anggota hewan peliharaan baru

5. Ada anggota hewan peliharaan baru
Pexels.com/Sharon McCutcheon

Menambah hewan peliharaan baru dengan alasan untuk menjadikan teman untuknya merupakan suatu hal yang salah. Beberapa hewan peliharaan tidak menyukai hal itu. Tak menutup kemungkinan juga pada sejenis hewan. 

Misalnya, kucing akan merasa cemas jika kehadiran kucing baru. Biasanya mereka akan berkelahi atau mendesis dan pada umumnya mereka akan mengabaikan satu sama lain untuk mengurangi kecemasan. 

6. Pindah ke rumah baru

6. Pindah ke rumah baru
Pexels.com/cottonbro

Ketika pindah ke rumah baru, hewan tak hanya asing dengan keadaan sekitar, mereka juga merasa asing dengan aroma dan suara yang baru. Hal itu akan menimbulkan stres pada hewan dan biasanya mereka akan menetap dengan lama di suatu ruang yang menurutnya aman. 

7. Suara yang terlalu kencang atau mengagetkan

7. Suara terlalu kencang atau mengagetkan
Pexels.com/Anna Shvets

Ada beberapa hal yang sangat sensitif bagi hewan peliharaan yang pertama adalah kembang api. Ini mungkin menjadi sangat menyenangkan untuk manusia, namun tidak bagi hewan. Kembang api merupakan penyebab terbesar hewan mengalami stres.

Yang kedua adalah petir, terlebih karena petir terdengar mendadak membuat seisi rumah kaget. Hal ini karena pendengaran hewan lebih sensitif daripada manusia.

Itulah penyebab hewan peliharaan mengalami stres, jika Mama sudah mengetahui hal tersebut lebih baik untuk memberikan perhatian lebih kepada hewan peliharaan agar tak mudah stres.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk