7 Potret Rumah Dwi Sasono yang Disulap Jadi Tempat Pameran

Rumah Dwi Sasono dan Widi Mulia dipenuhi dengan patung yang penuh makna

18 Januari 2022

7 Potret Rumah Dwi Sasono Disulap Jadi Tempat Pameran
Instagram.com/dwisasono

Dwi Sasono dan Widi Mulia dikenal sebagai pasangan artis yang ideal, keduanya sama-sama memiliki jiwa seni yang sangat kental. Berkat jiwa seni yang mereka punya, ide kreatif yang ada dituangkan ke dalam desain serta interior di rumah mereka. 

Demi menuangkan jiwa seninya, Dwi Sasono rupanya menyulap rumahnya menjadi sebuah pameran kesenian. Pameran 'Lebur' yang digarap oleh Dwi Sasongko merupakan perjalanan untuk menelisik menemukan potongan diri agar bisa menjawab pertanyaan terdasar manusia, "Siapakah Aku?" dan "Apakah Tujuanku?" 

Dalam pamerannya di rumah, patung manusia menjadi objek utama yang menggambarkan perjalanan jiwa yang terus berevolusi melalui lingkar reinkarnasi dan inkarnasi. Begitulah kurang lebih mengenai pameran Dwi Sasongko yang dia bagikan dalam unggahan foto akun Instagram @leburbydwisasono.

Rumah yang semula menjadi hunian bagi keluarga kecilnya diubah menjadi pameran yang dipenuhi patung dengan kisah masa lalunya masing-masing. 

Kira-kira bagaimana tampilan rumah Dwi Sasono yang dijadikan sebagai area pameran tersebut? 

Berikut Popmama.com bagikan potretnya serta ulasan mengenai rumah Dwi Sasongko disulap jadi tempat pameran. Yuk Ma, simak keindahannya! 

1. Rumah Dwi Sasono dan Widi Mulia sebelum diubah menjadi pameran

1. Rumah Dwi Sasono Widi Mulia sebelum diubah menjadi pameran
Instagram.com/leburbydwisasono

Ruang ini menjadi awal mula 'Lebur' lahir dan di tempat inilah pameran yang berlangsung satu hari itu dilaksanakan. Menurut Dwi Sasono, rumah tersebut menjadi saksi bisu bagaimana semesta telah menggembleng dan membesarkannya.

"Sebagaimana aku dimulai dari rumah ini bersama orang-orang tersayang, demikian pula LEBUR," tulis Dwi Sasono. 

2. Ruang keluarga yang menjadi pusat berlangsungnya acara pameran 

2. Ruang keluarga menjadi pusat berlangsung acara pameran 
Instagram.com/leburbydwisasono

Di ruang keluarga yang terdapat sofa ini menjadi salah satu area berlangsungnya acara. Di tengah-tengahnya ada sebuah patung yang diletakkan di atas balok kayu. 

Acara pameran berlangsung dengan singkat diisi oleh tarian kesenian, perbincangan, jamuan, dan pertemuan buah pikir. Selanjutnya, acara tersebut berjalan dengan hangat nan intim di tengah gerimisnya hujan. 

Editors' Picks

3. Kolam renangnya terdapat patung mengapung dikelilingi cahaya oranye

3. Kolam renang terdapat patung mengapung dikelilingi cahaya oranye
Instagram.com/dwisasono

Area kolam renang di rumah Dwi Sasono turut andil dalam berjalannya acara pameran yang menjadi wadah untuk menampilkan kesenian patung.

Patung tersebut berbaring menghadap samping dan menopang kepala dengan salah satu tangannya. Selain itu, ditambah dengan keindahan cahaya lilin di area sekitarnya. Keindahan juga terlihat pada ornamen tumbuhan yang menjadi hiasan ikut mengapung di kolam tersebut. 

4. Area wastafel ditata sangat minimalis

4. Area wastafel ditata sangat minimalis
Instagram.com/leburbydwisasono

Di bagian wastafel dirancang dengan sangat minimalis. Hanya terdapat sebuah cangkir juga teko berwarna putih. 

Tepat di samping keran wastafel diperindah dengan kerangka bunga. Tak lupa juga pencahayaan kuning dari lilin menjadi suasana semakin intim. 

5. Meja makan semakin indah dengan patung sebagai hiasan di sekitarnya

5. Meja makan semakin indah patung sebagai hiasan sekitarnya
Instagram.com/dwisasono

Pameran ini menjadi wadah pertemuan para teman terdekat Dwi Sasono untuk saling berbincang dan bertukar pikiran. Hal tersebut tampaknya dilakukan di sebuah meja makan yang melingkar di rumah Dwi Sasono ini. 

Dalam unggahan fotonya, Dwi Sasono mengungkapkan apa itu 'Lebur' secara lebih detail. Menurutnya 'Lebur' merupakan proses penempaan jiwa, identitas lama yang telah hilang terkikis waktu dan pilihan, kemudian dileburkan menjadi kepribadian baru yang utuh.

6. Ada 13 patung yang dipajang di segala sisi rumah

6. Ada 13 patung dipajang segala sisi rumah
Instagram.com/leburbydwisasono

Rumah Dwi Sasongko dipenuhi dengan 13 patung yang tersebar di segala sisi. Salah satunya patung Shishi betina di foto sebelah kiri yang menjadi penjaga pintu gerbang. 

Dwi Sasono juga menuliskan dalam unggahannya bahwa setiap patung Lebur memiliki kisah masa lalunya masing-masing. Sering kali ditemukan sebagai patung hancur dan dilebur bersama logam, menjadi baru. 

Patung Shishi terikat antara batu dan logamnya. Kedua elemennya saling melengkapi dan telah menjadi utuh. "Memperindah apa yang sudah indah. Memperkuat apa yang sudah kuat," ungkap Dwi. 

7. Dibuat sebuah tulisan juga lukisan di atas kaca

7. Dibuat sebuah tulisan juga lukisan atas kaca
Instagram.com/dwisasono

Dwi Sasono terlihat sedang menunjukkan salah satu patung kepada temannya. Dia tampil menggunakan pakaian hitam dengan bawahan kain batik. 

Di area ini menjadi kesenian yang menampilkan ruang penuh lukisan yang bertuliskan sebuah kalimat dan ada lukisan wajah dengan cat putih. 

Itulah tampilan rumah Dwi Sasono yang disulap menjadi pameran 'Lebur'. Semoga karya-karya dari Dwi Sasono dapat menginspirasi ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk