Sajikan 5 Hidangan Lebaran dengan Rasa yang Tak Terlupakan di Rumah

Jadi kangen keluarga di kampung ya

18 Mei 2020

Sajikan 5 Hidangan Lebaran Rasa Tak Terlupakan Rumah
Shutterstock/Creativa Images

Ramadan tahun ini memang terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, akibat situasi pandemik di Indonesia, kita jadi terpaksa harus menunda rencana mudik yang mungkin sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Apalagi mudik jadi salah satu momen keluarga setahun sekali yang memungkinkan seluruh anggota keluarga berkumpul setelah lama terpisah dengan kesibukan masing-masing. 

Sedih sih pasti, tapi Mama tetap bisa kok membawa suasana kampung halaman ke rumah dengan membuat beberapa hidangan khas Lebaran di rumah orangtua walau Mama nggak bisa mudik. Wah, apa saja ya hidangannya? Simak yuk, Ma!

1. Apalah arti Lebaran tanpa ketupat dan opor ayam

1. Apalah arti Lebaran tanpa ketupat opor ayam
Shutterstock/ismed_photography_SS

Suasana Lebaran hampir kurang lengkap jika tanpa dua hidangan ini, ketupat dan opor ayam. Bahkan nggak heran jika kita akan selalu menemukan dua hidangan ini di setiap rumah. Menurut asal-usulnya ternyata kedua hidangan ini telah menjadi hidangan khas Lebaran sejak zaman Sunan Kalijaga di abad ke-15 lho, Ma. Nggak hanya karena kelezatan yang berasal dari lembutnya ketupat dan gurihnya kuah opor, dua hidangan ini dianggap filosofis karena ketupat sendiri berarti ‘ngaku lepat’ atau mengakui kesalahan. Wah, maknanya dalam ya, Ma!

Editors' Picks

2. Sambal goreng ati bikin menu makanan jadi makin sedap

2. Sambal goreng ati bikin menu makanan jadi makin sedap
Shutterstock/Top Popular Vector

Agar menyantap ketupat dan opor ayam jadi semakin lengkap, sambal goreng ati jadi sebuah hidangan wajib yang mesti ada di meja makan Mama nih, apalagi jika Mama adalah pencinta rasa pedas. Sambal goreng ati sendiri terdiri dari kentang dan hati sapi yang dipotong berbentuk dadu kemudian dimasak dengan sambal cabai merah. Saat menyantap, jangan lupa lengkapi dengan satu atau dua kerupuk udang ya, Ma. Pasti makin lezat!

3. Pencinta daging pasti nggak lupa menyantap semur daging dong

3. Pencinta daging pasti nggak lupa menyantap semur daging dong
Seriouseats.com 

Satu lagi nih hidangan wajib saat Lebaran di rumah orangtua, semur daging. Coba deh Ma sajikan hidangan yang satu ini saat Lebaran nanti, selain lezatnya, cocok banget nih buat obat rindu keluarga Mama sama kampung halaman. Untuk mendapatkan rasa semur daging yang sempurna, pastikan Mama memotong daging dengan melawan urat ya untuk hasil daging yang empuk. Selain itu, masak daging dengan api yang kecil untuk daging yang matang merata, empuk dan tidak mudah hancur saat dimasak.

Bicara soal semur nggak lengkap dong Ma kalau kita nggak bahas kecap yang digunakan sebagai salah satu bahan utamanya. Buat yang satu ini, Popmama rekomendasikan Mama untuk menggunakan Kecap Sedaap. Kecap Sedaap ini memiliki rasa yang lebih gurih, kental dan mudah meresap. Terbuat dari biji kacang kedelai pilihan yang berkualitas tinggi, Kecap Sedaap diolah dengan natural fermentasi serta penyaringan multifiltrasi hingga 3 kali penyaringan. 

Jika Mama akan membuat semur daging dengan Kecap Sedaap siap-siap terpesona sama aromanya yang menggoda selera ya, Ma! Oh iya, Kecap Sedaap juga punya packaging baru nih. Walau hadir dengan tampilan baru yang lebih segar, soal kualitas tetap sama kok Ma, bahkan tetap bisa bikin masakan Mama semakin nggak terlupakan. Untuk info selengkapnya langsung klik di sini ya Ma!

4. Buat yang suka rasa pedas, pasti nggak mau kelewatan menyantap rendang

4. Buat suka rasa pedas, pasti nggak mau kelewatan menyantap rendang
Shutterstock/ismed_photography_SS

Rendang memang selalu jadi primadona bagi siapapun dan kapanpun kesempatannya, termasuk saat Lebaran. Rendang jadi salah satu hidangan yang paling dinanti-nanti nih, bahkan nggak jarang jadi rebutan. Saking banyaknya anggota keluarga yang menyukai olahan rendang, banyak yang memodifikasinya lho Ma. Ada rendang sapi, rendang ayam, rendang paru sapi bahkan rendang jengkol. Nah, kira-kira mana nih yang akan Mama buat di rumah?

5. Sate ayam jadi hidangan idola kapanpun termasuk saat Lebaran

5. Sate ayam jadi hidangan idola kapanpun termasuk saat Lebaran

Nggak hanya di acara pernikahan saja, Mama juga bisa kok menyajikan masakan yang satu ini saat Lebaran. Buat membawa suasana mudik ke rumah, biasanya sate dengan siraman bumbu kacang, si Kecil pasti suka banget. 

Nah, buat bikin  bumbu kacang sate ayam Mama terasa istimewa, Mama bisa tambahkan Kecap Sedaap yang punya cita rasa manis, gurih  dan mudah meresap. Apalagi Kecap Sedaap punya kemasan baru dengan berbagai ukuran dan jenis nih Ma. Rekomendasi Popmama gunakan Kecap Sedaap botol ukuran 275 ml untuk ditaruh di meja makan ya selama sate ayam Mama disajikan. Praktis dan pastinya higienis!

Nah, itu tadi beberapa hidangan yang seringkali disajikan di kampung halaman saat Lebaran. Walau nggak bisa berkunjung ke sana, Mama nggak perlu bersedih. ‘Kan Mama bisa tetap rasakan sensasi mudik walau di rumah aja! Jadi, Lebaran nanti Mama mau masak apa nih?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.