Tak Punya Alatnya? Ini 5 Air Purifier Alami yang Bisa Dicoba

Fungsinya sama, kok!

25 September 2020

Tak Pu Alat Ini 5 Air Purifier Alami Bisa Dicoba
homejournal.com

Salah satu cara membersihkan udara rumah adalah dengan menggunakan air purifier. Kalau tak punya alatnya, Popmama.com punya beberapa alternatif pilihan alami lainnya. 

Udara yang dihirup di rumah bisa saja mengandung debu dan jamur. Untuk itu, penting sekali jika bisa rutin membuka jendela agar sirkulasi udara tetap baik. 

Lalu bagaimana jika udara luar sama tidak sehatnya dengan yang di rumah? Maka bisa menggunakan pembersih udara atau air purifier. 

Berikut beberapa air purifier alami yang bisa kamu coba. 

1. Nyalakan lilin beeswax

1. Nyalakan lilin beeswax
Freepik

Lilin berbahan dasar beeswax atau lilin lebah memiliki fungsi membersihkan udara secara alami. Selain itu, lilin jenis ini bisa mengurangi gejala asma dan menghilangkan debu di udara yang ada di rumah. 

Lilin alami ini lebih tahan lama dibanding lainnya, sehingga kamu tak perlu sering-sering menggantinya. Selain itu, meski menyala, lilin beeswax tidak mengeluarkan asap atau bau. Sangat nyaman bagi orang yang memiliki alergi. 

Hindari menggunakan lilin berbahan parafin karena bisa mengeluarkan kimia yang tidak baik bagi tubuh. 

Editors' Picks

2. Lampu garam untuk opsi lainnya

2. Lampu garam opsi lainnya
salttheraphyyxe.ca

Satu lagi pembersih udara yang bisa menjadi penerang ruangan juga adalah lampu garam. Bentuknya seperti kristal yang diisi lampu. Biasanya diletakkan di meja atau lemari. 

Lampu ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan penyebab iritasi yang ada di udara. Menempatkan lampu ini di kamar dan menyalakannya sebelum tidur bisa membuat istirahat lebih lelap dari biasanya. 

Lalu bagaimana jika kamu tak punya lampu garam? Cukup tempatkan garam di dekat lampu meja pun sudah memiliki kemampuan yang mirip. 

Kamu bisa menggunakan garam himalaya yang berwarna pink, atau garam laut saja. Keduanya memiliki fungsi yang sama, kok!

3. Tempatkan karbon aktif di sudut ruangan

3. Tempatkan karbon aktif sudut ruangan
henryford

Activated charcoal atau karbon aktif atau arang aktif juga baik untuk membersihkan kualitas udara di rumah. Ia memiliki fungsi yang mirip dengan air purifier. 

Selain itu, karbon aktif ini tidak memiliki bau dan menyerap racun di udara dengan sangat baik. 

Kamu bisa menempatkan karbon aktif di sudut ruangan dan udara di dalamnya pun bisa lebih bersih dengan sendirinya. Pilih arang berbahan dasar bambu untuk hasil yang lebih maksimal. 

4. Tempatkan tanaman pembersih udara

4. Tempatkan tanaman pembersih udara
abc.net.au

Jangan salah, ada beberapa jenis tanaman yang bisa berfungsi untuk menghilangkan racun di udara. Tanaman-tanaman ini bisa menghilangkan racun seperti amonia, formaldehida, dan benzena.  

Beberapa di antaranya adalah lidah mertua, daun ivi atau english ivy, peace lily, dan pohon suplir. 

Tempatkan di sudut ruangan dan kamu bisa mendapatkan dekorasi tambahan yang sangat berguna bagi kesehatan keluarga. 

5. Teteskan minyak esensial

5. Teteskan minyak esensial
Unsplash/Christin Hume

Jika ada beberapa minyak esensial di rumah, ini juga bisa digunakan untuk membersihkan udara secara alami. Beberapa yang bisa digunakan adalah kayu manis, oregano, rosemary, thyme, lemon, cengkeh, tea tree, dan grapefruit. 

Minyak tersebut bisa menghilangkan jamur dan bakteri yang ada di sekitar rumah. Thieves dari Young Living dikatakan mampu membunuh sampai 99% kuman di udara. 

Kamu bisa meneteskan minyak tersebut di wadah berisi air panas atau hangat dan tempatkan di sudut ruangan yang aman dari anak-anak. Bisa juga meneteskannya dalam cucian agar hasilnya pakaian bisa lebih segar. 

Itulah beberapa pilihan air purifier alami yang bisa dicoba di rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.