Wangi dan Alami, Ini 5 Bahan Ampuh Pengusir Lalat

Selain bebas dari pestisida, rumah jadi wangi karena bahan alami ini

9 Juli 2019

Wangi Alami, Ini 5 Bahan Ampuh Pengusir Lalat
Companion Maids

Salah satu serangga yang kerap muncul di rumah adalah lalat. Terlebih jika makanan terhidang, seringnya lalat langsung muncul dan menempel di makanan. 

Saking kesalnya, banyak juga yang menggunakan aneka pengusir lalat. Mulai dari lem anti lalat, lampu anti serangga, sampai semprotan anti serangga.

Jika kamu berencana menggunakan bahan alami, maka ada baiknya mengintip list yang disusun Popmama.com. Inilah 5 bahan alami usir lalat dari rumah:

1. Minyak lavender

1. Minyak lavender
food.ndtv.com

Mirip dengan nyamuk, ternyata lalat juga tidak suka dengan aroma lavender. Karena aroma ini menyengat, mereka lebih baik menghindarinya. 

Kamu bisa menggunakan minyak lavender untuk mengamankan area dari lalat. Jika ada alat diffuse, pasang di area yang diinginkan dan lalat pun akan pergi jauh. 

Sedangkan jika tidak punya alat diffuse, tetap bisa kok mengusir lalat. Caranya, siram kain atau spons dengan minyak lavender. Taruh di wadah dan tempatkan di area yang diinginkan. 

2. Sereh

2. Sereh
drweil.com

Bahan selanjutnya juga bisa berguna ganda. Sereh tak hanya membuat rumah bebas dari nyamuk, tapi sekaligus bebas dari lalat. Lumayan, kan!

Sereh tersedia dalam bentuk minyak dan dalam bentuk asli. Jika hendak menggunakan minyak sereh, lakukan seperti menggunakan minyak lavender. 

Namun jika menggunakan bentuk asli, maka kamu bisa memotong-motong batang sereh segar dan menempatkan di wadah. Letakkan wadah tersebut di area yang paling sering didatangi lalat. 

Editors' Picks

3. Daun mint

3. Daun mint
Pixabay/Congerdesign

Selain segar dan wangi, daun mint ternyata tidak disukai lalat. Jadi, tak ada salahnya jika kamu ingin menanam pohon mint di rumah. 

Kalaupun tidak punya pohon mint, cukup beli daun mint di pasar atau supermarket. Karena harganya tergolong murah. 

Kamu bisa memasukkan daun mint ke dalam sejumlah air. Tempatkan di wadah dengan semprotan. Diamkan beberapa lama sampai wangi mint tercampur di air. 

Jika sudah, segera semprotkan ke sekeliling ruangan dan lalat pun akan lari dari rumah. Selain bebas lalat, rumah pun jadi wangi segar. 

4. Lemon dan cengkeh

4. Lemon cengkeh
Unsplash/Lauren Mancke

Selanjutnya ada lemon dan cengkeh yang bisa jadi duet maut untuk mengusir lalat secara alami. Cengkeh memiliki wangi mencolok yang tidak disukai lalat. 

Namun untuk memaksimalkan efeknya, ada baiknya untuk mencampur lemon dan cengkeh secara bersamaan. Caranya, belah dua lemon dan tusukkan beberapa butir cengkeh di atas lemon. 

Jika dirasa kurang wangi, kamu bisa memeras lemon dan mengambil airnya. Kemudian dicampurkan dengan cengkeh dan simpan di area yang sering didatangi lalat. 

5. Pandan

5. Pandan
home.bt.com

Bahan alami dan wangi yang terakhir adalah pandan. Wangi yang menyengat menurut lalat membuat mereka enggan mendatangi daun yang satu ini. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya menaruh wadah dengan daun pandan segar di area yang sering didatangi lalat. 

Potong pandan menjadi bentuk kecil dan taruh di dalam wadah terbuka. Sebuah piring atau mangkuk yang lebar bisa jadi pilihan agar wanginya menguar di udara. 

Setelahnya, taruhlah di area yang banyak lalat. Daun ini bisa digunakan sampai kering dan wanginya hilang dengan sendirinya. 

Jadi, wangi mana yang paling disukai untuk mengusir lalat di rumah kamu?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!