5 Cara Membersihkan Setrika yang Lengket

Bisa dengan pasta gigi atau lilin, Ma

1 April 2021

5 Cara Membersihkan Setrika Lengket
Pexels/Pixabay

Saat menyetrika baju yang bersablon, mungkin saja setrikaan kamu jadi lengket dan mengganggu.

Beberapa pakaian memiliki kandungan plastik dan karet sehingga jika terkena setrika yang panas, bisa membuatnya meleleh dan menempel di alas setrika. 

Alhasil, setrika jadi lengket dan tidak bisa digunakan untuk menyetrika yang lain. 

Tidak perlu menggunakan cara yang sulit, ada beberapa langkah mudah untuk membersihkan setrika yang lengket. Popmama.com punya cara untuk membersihkannya. 

1. Menggunakan daun pisang segar

1. Menggunakan daun pisang segar
Freepik

Salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk menghilangkan lengket pada setrika adalah menggunakan daun pisang. Caranya, tempatkan selembar atau 2 lembar daun pisang segar. 

Kemudian gosokkan setrika ke atas daun pisang sampai kira-kira sudah tidak lengket. Jika masih lengket, maka kamu bisa mengulanginya di daun yang masih segar. 

Editors' Picks

2. Menggunakan lap basah

2. Menggunakan lap basah
savoringhome.com

Kamu juga bisa menggunakan lap basah untuk melepaskan plastik atau karet yang menempel di setrika. Caranya, siapkan handuk atau kain tebal dan basahi dengan air. 

Peras kain dan lap bagian berkerak sampai terangkat. Ulangi secara perlahan sampai nodanya benar-benar hilang. Pastikan kamu melakukan ini dalam keadaan setrika yang mati, ya. 

3. Gunakan soda kue

3. Gunakan soda kue
Freepik/Rudoelena

Soda kue merupakan salah satu bahan yang paling berguna untuk membersihkan segala benda di rumah, termasuk setrika. Kamu bisa mencampurkan pasta kue dengan air dan mengaduknya sampai kental dan tercampur rata. 

Pastikan setrika dalam keadaan dingin. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada area yang berkerak lengket. Setelahnya, sikat perlahan menggunakan sikat gigi. Setelah berhasil hilang, bersihkan dengan kain lap yang bersih. 

4. Bisa juga menggunakan pasta gigi

4. Bisa juga menggunakan pasta gigi
Freepik

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda lengket di setrika. Di mana pasta gigi memiliki kandungan abrasif sehingga bisa menghilangkan noda. 

Caranya mudah, cukup oleskan di area yang lengket dan sikat perlahan menggunakan sikat gigi.

Jika noda telah dirasa hilang, bersihkan dengan tisu atau lap yang kering. Pastikan setrika tidak tersambung ke colokan, ya. 

5. Menggunakan lilin

5. Menggunakan lilin
Freepik/Racool_studio

Kamu bisa juga menggunakan lilin. Kali ini, nyalakan setrikaan sampai panas lalu oleskan lilin sampai menutupi semua noda lengket. 

Pastikan untuk menggunakan lilin yang tidak berwarna dan tidak memiliki aroma, ya. 

Setelah semua lilin menutupi noda, matikan setrika dan diamkan sampai benar-benar kering. Kemudian, gosoklah area yang tertutupi lilin menggunakan kain bekas sampai noda benar-benar bersih. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda lengket di setrikaan. Selamat mencoba, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.