5 Cara Membuat Pewangi Ruangan Alami untuk di Rumah

Tak perlu beli, buat sendiri pun bisa!

8 Mei 2019

5 Cara Membuat Pewangi Ruangan Alami Rumah
www.stylecraze.com

Wangi rumah yang menyenangkan akan membuat siapapun betah. Namun jika kamu bosan dengan wewangian yang ada di pasaran, kini saatnya mencoba membuatnya sendiri. 

Membuat pewangi ruangan sendiri tak hanya mudah, namun juga banyak manfaatnya. Kamu bisa memilih membuat wangi yang diinginkan, ditambah, minim bahan kimia yang mungkin tidak terlalu baik untuk sistem pernapasan jika dihirup terus-menerus.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat pewangi ruangan yang bisa dibuat sendiri, Popmama.com telah merangkumkan aneka caranya:

1. Pewangi spray

1. Pewangi spray
bodyunburdened.com

Jenis pertama yang bisa dicoba adalah pewangi ruangan dalam bentuk spray atau semprot. Untuk metode ini, bahan yang dibutuhkan cukup mudah, yaitu air, alkohol (jika ingin se-natural mungkin, gunakan hanya sedikit alkohol dan lebih banyak air), dan wewangian yang dipilih.

Kamu bisa memasukkan potongan buah atau bunga untuk jadi bahan dasar wanginya. Pastikan yang dipilih adalah buah atau bunga yang memiliki aroma kuat seperti jeruk, melati, atau mawar. 

Cara membuatnya, iris buah-buahan atau sobek-sobek kelopak bunga dan siram dengan air serta alkohol. Simpan dalam wadah tertutup dan biarkan setidaknya semalaman. Lebih lama disimpan, semakin kuat wanginya. 

Setelah selesai disimpan, tambahkan air. Atau jika ingin aromanya lebih kuat, tambahkan juga alkohol ke dalam botol spray. Setelah itu, parfum buatan kamu langsung bisa digunakan untuk mengharumkan rumah!

2. Fruit rind air freshener

2. Fruit rind air freshener
homemadeforelle.com

Yang satu ini cukup unik dan tentu sangat alami. Pewangi yang satu ini dibuat dari kulit buah. Buah yang bisa digunakan yaitu yang memiliki kulit tebal dan juga wanginya kuat seperti jeruk nipis, atau jeruk lemon. 

Caranya, belah buah yang dipilih menjadi dua, kemudian hilangkan daging dari kulitnya. Setelah kosong, isi dengan garam laut dan rempah yang kamu sukai seperti cengkeh, mint, kayu manis, dan kemangi. 

Garam laut mampu meningkatkan wangi dari kulit jeruk, sementara rempah segar memadukan harum menjadi seperti parfum. Yang harus diperhatikan adalah, taruh pewangi alami ini di tempat yang aman baik dari anak-anak maupun dari jangkauan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. 

Editors' Picks

3. Lilin pewangi

3. Lilin pewangi
http://thehermitagemuseum.org  

Selalu membeli lilin pewangi namun agak kuatir dengan bahan dasarnya yaitu lilin? Mari buat sendiri dari bahan yang lebih aman yaitu beeswax atau lilin lebah, dan minyak aroma terapi kesukaan kamu. 

Yang kamu butuhkan adalah toples kaca, lilin lebah, sumbu, loyang dan oven atau microwave. pertama, potong-potong lilin lebah menjadi kecil dan masukkan ke dalam botol kaca. Kemudian masukkan ke dalam oven atau microwave sampai lilin mencair. 

Jika sudah sepenuhnya mencair, masukkan aroma terapi pilihan kamu dan aduk sampai rata. Setelah itu, langsung masukkan sumbu di tengah toples. Gunakan sumpit di atas toples untuk menggantung sumbu agar bisa tetap tegak.

Tunggu sampai benar-benar mengeras, setidaknya selama setengah sampai satu hari. Voila, kamu pun punya lilin pewangi ruangan yang alami dan aman.

4. Gel air freshener

4. Gel air freshener
letsfixit.co.uk

Mirip dengan lilin pewangi, kali ini adalah gel pewangi. Bahan utamanya adalah bubuk gelatin, air, minyak aroma terapi, dan garam. 

Tuangkan satu cangkir air mendidih ke dalam panci kecil, kemudian taburkan gelatin dan aduk sampai semua gelatin larut merata. Tambahkan minyak aroma terapi. Banyaknya minyak tergantung dari banyaknya kamu hendak membuat gel.

Jika ingin lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan pewarna dan potongan bunga dan kulit buah kering ke dalam gel tersebut. Taruh gel di dalam wadah kaca dan diamkan sampai dingin sempurna. 

Gel pun siap mengharumkan ruangan kamu. Daya tahannya bisa sampai 4 minggu!

5. Infused perfume

5. Infused perfume
www.stylecraze.com

Yang terakhir adalah seperti infused water, hanya saja ini adalah pewangi ruangan. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah dan tentunya aman. Kamu hanya butuh air, dan pendukung wewangian yang diinginkan.

Seperti contoh, jika ingin wewangian yang segar, pilihlah buah-buahan. Sedangkan jika ingin wangi yang manis, bisa pilih rempah dan bunga. 

Kamu bisa mencampur mint dengan lemon. Atau batang vanili dengan lemon dan rosemary untuk wangi yang manis. 

Setelah bahannya terkumpul, mari mulai membuat. Campurkan semua bahan dengan air dan didihkan sampai wanginya menguar ke udara. Jika sudah, kamu bisa memasukkan air beserta isinya ke botol atau wadah kaca. Pewangi ruangan alami pun jadi!

Ternyata, tidak sulit untuk membuat pewangi ruangan sendiri. Selain mudah, kamu juga bisa menentukan wangi yang diinginkan agar lebih nyaman berada di rumah. Selamat mencoba!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!