Cara Mudah Menanam Bawang Merah di Rumah

Tak perlu selalu beli bawang, bisa juga menanamnya

2 Agustus 2020

Cara Mudah Menanam Bawang Merah Rumah
Freepik/Jcomp

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang wajib dimiliki setiap Mama. Memiliki banyak manfaat, bawang merah bisa digunakan untuk masak maupun pengobatan. 

Dengan menggunakan bawang, masakan jadi lebih sedap. Bawang merah bukan hanya pelengkap, tapi juga bisa jadi menu sendiri seperti acar bawang atau bawang goreng. 

Selain dimasak, bawang juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Membalur bawang dengan minyak pada tubuh anak saat memijatnya juga sering dilakukan para orangtua. 

Jika Mama ingin mengonsumsi bawang merah yang segar, bisa juga mencoba menanamnya di rumah. Tak perlu repot, karena bawang ini bisa ditanam di dalam pot. 

Seperti apa caranya? Berikut Popmama.com jabarkan cara menanam bawang merah untuk Mama.

1. Siapkan bahan yang diperlukan

1. Siapkan bahan diperlukan
Freepik

Untuk menanam bawang merah di rumah, diperlukan beberapa peralatan seperti:

1. Pot

2. Tanah subur

3. Media tanam

4. Bibit bawang merah

Tak perlu sulit mencari bibit bawang merah. Cukup cari bawang dari dapur yang bentuknya paling bagus dan segar. 

Editors' Picks

2. Cara menanam bawang merah 

2. Cara menanam bawang merah 
Freepik

Setelah semua perlengkapannya siap, kini saatnya menanam bawang. 

  • Campurkan tanah subur dan media tanam dan kemudian masukkan ke dalam pot. Penuhi campuran tanah tersebut ke dalam pot sampai 3/4 isi. 
  • Kemudian ambil beberapa bawang yang paling bagus. Hindari memilih bawang yang sudah ada bercak hitam karena bisa menyebabkan pohon terkena penyakit. 
  • Potong sedikit bagian ujung bawang sampai terlihat daging bawangnya. Jika bawangnya sudah ada tunas, tidak perlu dipotong lagi. 
  • Taruh bawang-bawang tersebut di tanah dengan kedalaman 5 cm dan timbun dengan tanah. Tak perlu menekan tanah timbunannya. Biarkan ada rongga-rongga di tanah tersebut. 
  • Siram secara rutin pada pagi dan sore hari. Gunakan semprotan tanaman agar tidak membuat bibit rusak. 

3. Cara merawat tanaman bawang merah

3. Cara merawat tanaman bawang merah
Freepik

Seperti biasa, siram bawang di pot sebanyak 2 kali sehari. Hindari menyiram dengan terlalu banyak air agar bawang tidak busuk. 

Tempatkan pot di area yang terkena matahari agar pertumbuhannya maksimal. 

Hindari menaruh terlalu banyak bawang di dalam pot karena akan terlalu sempit. Beri jeda agak jauh untuk perkembangan bawang di tanah.

4. Cara memanen bawang

4. Cara memanen bawang
Pexels/Pixabay

Bawang merah biasanya sudah bisa dipanen setelah 60-90 hari penanaman. Jika ingin melihat tanda bawang siap panen, cari daun yang sudah agak layu dan kering. 

Bisa juga melihat bagian tanah pot tersebut, biasanya yang sudah siap panen akan terlihat bawang yang menyembul ke atas. 

Setelah dipanen, bisa langsung dikonsumsi untuk rasa yang segar. Sedangkan sisanya bisa dijemur selama 1 atau 2 minggu untuk mengurangi kandungan air. 

Bawang yang sudah berkurang kandungan airnya bisa lebih awet disimpan dan tidak mudah busuk. 

Itulah cara menanam bawang merah di rumah. Setelah memanen dan ingin mengulang menanam, jangan lupa mengganti tanah agar tidak jenuh. Tanah yang jenuh biasanya akan menolak tanaman dan terancam gagal panen. 

Tertarik mencoba menanamnya di rumah, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.