Jangan Asal Beli, Ini 5 Tanaman Hias yang Sulit Dipelihara

Bentuknya boleh cantik, tapi perawatannya tidak mudah

12 Januari 2021

Jangan Asal Beli, Ini 5 Tanaman Hias Sulit Dipelihara
Freepik/prostooleh

Salah satu pelepas stres adalah memelihara tanaman. Selain itu, rumah juga bisa makin cantik. Namun jangan asal beli, ada beberapa tanaman hias yang sulit dipelihara. 

Dilihat dari bentuknya memang cantik dan akan cocok untuk menambah kesan segar di dalam rumah atau halaman. Sayangnya, tidak semua bisa dirawat dengan mudah. 

Berapa tanaman hias memiliki banyak syarat untuk dirawat. Jika tidak telaten, maka bisa berakhir dengan tanaman yang mati. 

Agar Mama bisa bersiap-siap, Popmama.com punya daftar tanaman hias yang sulit dipelihara. 

1. Paku gunung yang harus lembab namun suka matahari

1. Paku gunung harus lembab namun suka matahari
pixabay.com/suju

Boston fern atau pakis Boston punya bentuk cantik yang cocok dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Seperti kebanyakan tanaman jenis fern atau paku-pakuan, ia senang dengan tanah yang lembab. 

Jadi, untuk menjaganya tetap tumbuh subur, diperlukan tanah yang lembab.

Namun paku gunung juga senang dengan matahari. Ia senang dengan cuaca panas namun bisa cepat mati saat musim kemarau dan kamu lupa menyiramnya secara rutin. 

Tanaman ini senang dengan cahaya matahari namun jangan ditempatkan yang terpapar langsung karena bisa membuatnya cepat layu dan mati. 

Editors' Picks

2. Peace lily yang cepat layu

2. Peace lily cepat layu
greenandvibrant.com

Memiliki bunga nan cantik, tanaman hias peace lily sering jadi incaran untuk memperindah rumah. Sayangnya, tanaman ini butuh konsistensi pemiliknya. 

Ia cukup cepat layu. Meski terlihat subur saat disiram rutin, namun jika lupa menyiram sekali saja, bisa cepat layu. Bahkan, bisa sampai berakhir mati. 

Tanaman ini tidak suka ditempatkan di dekat jendela dan dekat banyak angin. Ia juga sensitif terhadap zat kimia di air seperti klorin dan flourida. 

3. Pohon naga kayu besi tidak suka air dan cahaya

3. Pohon naga kayu besi tidak suka air cahaya
Freepik

Madagascar dragon tree atau pohon naga kayu besi memiliki bentuk yang tinggi ramping dan cantik sekali dijadikan tanaman hias dalam ruangan. 

Benar adanya, tanaman ini memang senang dengan ruangan sejuk dan matahari yang tidak langsung. Bahkan, jika terkena matahari langsung, daunnya bisa gosong. 

Meski senang di udara sejuk, ia tak suka tanah yang lembab. Menyiramnya seminggu 2 atau 3 kali sudah sangat cukup. Daripada menyiram akarnya, lebih baik menyemprot daunnya. 

Memberikan embun sedikit pada daun bisa menjaganya lebih sehat dan segar. 

4. Croton puring tidak suka gelap

4. Croton puring tidak suka gelap
Freepik

Croton puring adalah salah satu tanaman hias dengan corak daun yang cantik. Warnanya beragam dan coraknya pun bisa berubah mengikuti kesehatan tanaman tersebut. 

Tanaman ini senang dengan sinar matahari. Jika ditempatkan di area yang gelap atau redup, maka warna daunnya akan menghilang. 

Meski senang matahari, ia tak terlalu suka dengan angin. Jadi, pastikan untuk menempatkannya dengan tepat. 

Juga, hindari terlalu sering memindahkan pohon ini karena jika pindah ke tempat baru, daunnya lebih mudah rontok. 

5. Baby's tears yang butuh kelembapan tepat

5. Baby's tears butuh kelembapan tepat
thespruce.com

Yang terakhir adalah baby's tear. Ini adalah tanaman hias dengan daun mungil yang senang hidup di pot gantung. 

Tanaman ini senang dengan tanah yang lembab, namun tidak terlalu basah. Jika terlalu basah, maka bisa membuatnya membusuk dan mati. 

Agak sulit karena tipe tanaman ini membentuk seperti semak sehingga membuat tanah lebih lembab. Jadi, kamu harus tahu betul jadwal menyiramnya. 

Itu dia daftar tanaman yang sulit dipelihara. Namun bukan berarti tak bisa dipelihara, hanya saja kamu perlu perhatian yang penuh untuk menjaganya agar tetap sehat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.