6 Jenis Tanaman Air untuk Mempercantik Kolam Ikan

Selain cantik, berguna juga untuk ikan

29 November 2020

6 Jenis Tanaman Air Mempercantik Kolam Ikan
Freepik

Setelah memiliki kolam ikan, biasanya selalu ingin menambah sesuatu di dalamnya agar makin menarik. Popmama.com punya 6 jenis tanaman air yang bisa mempercantik kolam.

Bagi ikan, tanaman yang mengapung di atas air bisa menjadi perlindungannya saat cuaca terlalu panas. 

Sementara itu, kehadiran tanaman air bisa jadi pemandangan cantik tersendiri yang bisa dinikmati keluarga. 

Nah, apa saja ya jenis tanaman air yang bisa memperindah nuansa kolam? Yuk cari tahu!

1. Eceng gondok

1. Eceng gondok
arquiflora.rio

Salah satu tanaman air yang paling mudah dipelihara adalah eceng gondok. Daunnya berbulu halus dan anti air. Bagi sebagian negara, tanaman ini dianggap gulma atau hama. 

Tanaman ini menghasilkan bunga yang kemudian membuatnya menjadi tanaman baru. Jika tak rutin menyortir, maka permukaan kolam bisa cepat penuh dengan eceng gondok.

Jika dibiarkan hanya beberapa, tanaman ini bisa jadi pelindung para ikan saat cuaca sedang terlalu panas. 

2. Bambu air

2. Bambu air
dayaternak.com

Selanjutnya adalah tanaman bambu air. Seperti namanya, tanaman ini memang seperti bambu di mana batangnya mencuat ke atas. 

Seperti eceng gondok, bambu air juga memiliki kecepatan tumbuh yang pesat. Ia bisa menjulang hingga semeter lebih. 

Jika berencana menambahkannya di kolam, tanamlah di wadah yang akan diletakkan di dasar kolam.

Sehingga jika sudah terlalu banyak, kamu bisa menyortirnya tanpa repot mencabutnya dari dasar kolam. 

Editors' Picks

3. Teratai air

3. Teratai air
​​​​​​​tokopedia.com

Salah satu tanaman air yang cantik adalah teratai air. Seperti kedua tanaman sebelumnya, teratai juga cepat tumbuh. Kamu harus rutin merawatnya agar ia tidak terlalu banyak tumbuh di kolam. 

Ia bisa tumbuh dengan baik di kedalaman 20-25 cm dari permukaan air. Tanaman ini senang dengan cahaya, cocok untuk kamu yang memiliki kolam di luar ruangan.

Bunganya berwarna-warni, namun yang paling banyak dicari adalah bunga berwarna pink. Jika tumbuh sehat, bunganya bisa berdiameter sampai belasan centimeter. 

4. Lili air

4. Lili air
Pixabay

Selain teratai, lili air banyak juga dicari para pecinta kolam. Bunganya yang eksotis terlihat memesona di atas air. Meski dianggap mirip dengan teratai air, mereka memiliki perbedaan yang bisa terlihat dari daunnya. 

Lili air tetap mengambang seperti bantalan bunga bakung. Sementara daun teratai berada di bawah air dan jarang yang menyentuh permukaan. Kadang, katak senang berada di atas daun lili air. 

Untuk kamu yang baru memulai, maka tanaman ini akan cocok untukmu. Karena, lili air termasuk yang tidak repot diurus dan cenderung tahan banting. 

5. Melati air

5. Melati air
​​​​​​​bibitbunga.com

Tanaman air yang berbunga lainnya adalah melati air. Dinamakan demikian karena bentuk dan warna bunganya yang mirip dengan melati. Bedanya, bunga ini tidak mengeluarkan aroma wangi. 

Daunnya berwarna hijau pekat dan berujung lancip. Akarnya kuat berada di dasar air. Saat daunnya mekar, perlahan akan naik ke permukaan air. 

Selain bunganya cantik, bentuk daunnya juga menarik karena seperti bentuk love

6. Cyperus papyrus

6. Cyperus papyrus
​​​​​​​tokopedia.com

Cyperus papyrus sering juga disebut tanaman papirus yang berasal dari Afrika. Tanaman ini seperti jarum yang berkumpul dan memiliki batang yang panjang. 

Selain jadi tanaman hias, namun bisa membantu membersihkan udara sekitar. Selain itu, tanaman ini juga bisa dimakan, lho!

Papirus bisa tumbuh mudah tanpa perlu perlakuan khusus. Kamu hanya perlu menyortirnya saja jika dirasa sudah terlalu rimbun. 

Itulah 6 jenis tanaman air yang bisa menambah eksotisme kolam ikan di rumah. Tertarik dengan yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.