11 Manfaat Minyak Zaitun Selain untuk Dikonsumsi

Selain berguna untuk tubuh, minyak zaitun punya banyak kegunaan di rumah

22 Januari 2021

11 Manfaat Minyak Zaitun Selain Dikonsumsi
Freepik/racool_studio

Minyak zaitun sering digunakan untuk memasak atau campuran salad. Minyak ini ternyata juga memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan di sekitar rumah. 

Minyak ini terkenal menjadi pilihan orang yang sedang diet karena kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dari minyak sawit atau minyak sayur. 

Selain untuk dikonsumsi, minyak ini juga memiliki banyak kegunaan terutama untuk di rumah dan sekitarnya. Dilansir Popmama.com dari The Spruce, inilah 10 manfaatnya. 

1. Melindungi peralatan kayu

1. Melindungi peralatan kayu
Freepik/xb100

Apakah Mama punya banyak peralatan kayu, seperti talenan, mangkok kayu, sutil kayu, dan sejenisnya? Jika terlalu sering dicuci, bisa mengubah warna dan kualitasnya. 

Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan peralatan kayu. Setelah mencucinya dengan sabun, Mama bisa mengeringkan dan mengoleskan minyak zaitun tipis-tipis ke permukaan peralatan kayu. 

Diamkan selama 5 menit dan kemudian lap menggunakan kain bersih. 

2. Mengkilapkan peralatan stainless 

2. Mengkilapkan peralatan stainless 
Freepik/Pch.vector

Beberapa peralatan stainless di rumah bisa terlihat kusam karena cipratan air dan sabun. Kamu pun bisa membersihkan dan membuatnya terhindar dari kekusaman dengan minyak zaitun. 

Caranya, tuangkan sedikit minyak zaitun ke kain dan usap merata ke area peralatan stainless seperti panci atau keran dapur. Hal ini bisa menghindari stainless dari korosi, bercak, dan kusam. 

3. Merawat mutiara agar tetap berkilau

3. Merawat mutiara agar tetap berkilau
pixabay.com/Printeboek

Jika Mama punya perhiasan dari mutiara, perlu tetap dirawat agar tetap berkilau cantik. Salah satu cara alami menjaga kecantikannya adalah dengan mengusapkan kain dengan minyak zaitun ke mutiara. 

Setelah mengoleskannya secara merata, bersihkan dengan kain sampai kering. 

4. Melembapkan barang dari bahan kulit

4. Melembapkan barang dari bahan kulit
Freepik/freepic.diller

Punya sepatu kulit atau tas kulit? Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kelembapannya. Jika dibiarkan terlalu kering maka bisa membuatnya cepat rusak. 

Kamu bisa meneteskan beberapa minyak zaitun di kain kering dan bersih. Kemudian oleskan tipis-tipis ke sepatu atau barang apapun berbahan kulit. 

Diamkan selama 5 menit dan kemudian lap kembali dengan kain bersih yang kering. Lakukan secara rutin dan barang kulit kamu pun terjaga dengan bahan alami. 

Editors' Picks

5. Menjaga ketajaman pisau cukur

5. Menjaga ketajaman pisau cukur
Freepik

Jika merasa selama ini pisau cukur sering cepat tumpul, maka kini ada solusinya. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun untuk menjaganya tetap tajam. 

Gunakan kapas yang diteteskan minyak zaitun dan oleskan ke mata pisau. Diamkan sampai kering sebelum kemudian menggunakannya. 

6. Menjaga kesuburan pohon

6. Menjaga kesuburan pohon
hortology.co.uk

Khususnya pohon pakis dan palem, ia akan senang jika ditambahkan minyak zaitun. Mama bisa menambahkan 2 sendok teh minyak zaitun di dekat akar pohon sebulan sekali dan ia akan tumbuh lebih subur. 

Menarik, ya!

7. Mengusir nyamuk

7. Mengusir nyamuk
freepik.com/sunnygb5

Saat musim hujan, kamu tak bisa setiap hari membersihkan area tergenang di halaman.

Kamu pun bisa meneteskan minyak zaitun ke air tergenang itu untuk menghindari nyamuk bertelur dan berkembang biak di sana. 

8. Menghilangkan noda bekas air dan goresan tipis di permukaan kayu

8. Menghilangkan noda bekas air goresan tipis permukaan kayu
Freepik

Punya meja atau kursi kayu yang punya noda? Maka minyak zaitun bisa jadi penghilang noda yang alami. 

Kamu bisa meneteskan minyak zaitun ke kain bersih dan mengoleskan ke area noda bekas air atau goresan tipis di permukaan kayu. 

Setelahnya, bersihkan dengan kain baru yang kering. 

9. Menghilangkan noda spidol di kulit

9. Menghilangkan noda spidol kulit
pelikan.com

Anak-anak selalu ada kegiatannya. Salah satu yang sering terjadi adalah tubuhnya dicoret-coret dengan spidol. Salah satu cara membersihkan noda bekasnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. 

Kamu bisa mencampur minyak zaitun dan sedikit gula untuk menciptakan semacam scrub dan menggosoknya perlahan ke area yang tercoret.

10. Menghilangkan permen karet di rambut

10. Menghilangkan permen karet rambut
Freepik

Sedangkan jika rambut tertempel permen karet atau slime, bisa juga menggunakan minyak zaitun. Caranya, basahi minyak zaitun dengan tisu dan bungkus rambut yang tertempel dengan tisu tersebut. 

Diamkan selama beberapa saat dan proses pelepasan permen karet atau slime di rambut pun akan lebih mudah dan bebas sakit. 

11. Membantu menghilangkan makeup yang tebal

11. Membantu menghilangkan makeup tebal
Pixabay/mjps

Salah satu makeup remover alami yang bisa sekaligus melembapkan kulit wajah adalah minyak zaitun. Bahan alami ini mampu menghilangkan make up yang tebal sekalipun. 

Minyak zaitun juga bisa membantu menghilangkan maskara dan bisa membuat bulu mata lebih kuat dan lembap. 

Itulah beberapa kegunaan minyak zaitun selain untuk dikonsumsi. Semoga berguna, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.