Mengisi Waktu #dirumahaja, Ini 5 Langkah Mudah Membuat Sushi

Kreasi menu harian agar tidak bosan, mari buat sushi

28 Maret 2020

Mengisi Waktu dirumahaja, Ini 5 Langkah Mudah Membuat Sushi
Freepik

Masih berada di dalam masa social distancing untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, tentu sudah banyak yang mulai bosan. Salah satu cara mengisi waktu adalah dengan memasak. 

Kalau Mama bosan dengan menu yang itu-itu saja, kenapa tidak coba berkreasi dengan makanan yang berbeda. Salah satu contoh makanan yang mudah dan lezat dibuat adalah sushi. 

Sushi sangat cocok untuk anak yang enggan makan sayur. Jika digulung dan isian berwarna-warni, biasanya mereka akan tertarik. 

Membuat sushi sendiri di rumah bukanlah hal yang mustahil. Popmama.com akan menjabarkan cara pembuatannya. Mudah kok!

1. Perlengkapan yang disiapkan

1. Perlengkapan disiapkan
mykitchenescapades.com

Mama bisa menyiapkan perlengkapannya dahulu. Yang pertama adalah penggulung sushi yang biasa terbuat dari bambu. Ini akan memudahkan saat proses penggulungan sushi agar tidak berantakan. 

Namun jika Mama tidak punya, bisa gunakan plastik wrap. Sama-sama memiliki fungsi yang mirip. 

Selanjutnya adalah wadah yang cukup lebar, atau beberapa wadah kecil. Ini dikarenakan sushi biasanya terdiri dari beberapa bahan berbeda jadi harus menempatkan di beberapa wadah terpisah. 

Belum lagi tambahan saus atau mayonaise. Jadi harus menyiapkan wadah yang agak banyak agar tidak berantakan. 

Editors' Picks

2. Cara mengolah nasi sushi

2. Cara mengolah nasi sushi
Freepik/jcomp

Nasi di sushi biasanya memiliki rasa yang khas. Mamapun bisa membuatnya dengan beberapa bahan ini.

Mama cukup membeli beras yang khusus untuk sushi dan mengikuti panduan cara memasaknya. Namun jika tidak ada, bisa gunakan campuran beras dan ketan dengan perbandingan 2:1. 

Masukkan 3 cup beras dengan 3 gelas air (600 ml) dan masak sampai tanak.

Campur nasi yang sudah matang dengan 1/2 gelas cuka beras, 2 sendok teh gula, 2 sendok teh garam dan aduk sampai rata. 

Nasi sushi pun siap dicampur dengan aneka isian.

3. Aneka isian sushi

3. Aneka isian sushi
Freepik/lifeforstock

Isian sushi begitu beragam, Mama bisa menyesuaikan dengan kesukaan keluarga, termasuk si Kecil. Jikalau tidak ada ikan mentah, masih banyak sumber protein lain yang tak kalah lezat seperti udang, ayam katsu, atau telur. 

Sedangkan untuk sayurannya bisa menggunakan wortel, mentimun, jamur, bayam, atau paprika yang sudah dipotong-potong. Sebenarnya, sayuran jenis apa saja tak masalah, asal sudah direbus dan dipotong kecil agar memudahkan saat disusun. 

Mama juga bisa menambahkan mayonaise ke dalam sushi untuk rasa yang lebih nikmat. Mayonaise juga bisa dicampur dengan telur ikan atau roe untuk rasa yang lebih lezat. 

4. Langkah membuat sushi 

4. Langkah membuat sushi 
freepik.com

Siapkan nori lembaran besar yang sudah beralaskan plastik atau bambu penggulung. Setelah itu, letakkan 1 gengam nasi dan pipihkan di seluruh permukaan nori dengan merata. Sisakan 1 cm di setiap ujungnya.

Setelah itu, mulai susun semua isian. Pastikan isian tidak melebihi 1/3 bagian dari nasi. Berikan sedikit mayo di atas atau pinggiran isian yang telah diletakkan. 

Gulung perlahan dengan bambu atau plastik. Jika menggunakan plastik, tempatkan tangan di ujung-ujung nori agar bisa menutup dengan merata. Gulunglah dengan tekanan yang sesuai. Jika terlalu ditekan, maka isian bisa jadi berantakan. 

Setelah jadi, potong jadi beberapa bagian yang cukup untuk sekali suap. Ulangi sampai nasi dan isian habis. 

5. Celupan sushi

5. Celupan sushi
Pexels/Pixabay

Mama bisa menyiapkan soy sauce dan sweet soy sauce untuk campuran celupan. 

Selain itu, bisa juga menambahkan wasabi yang kini sudah mudah ditemukan di mana-mana. Ingin pedas dari cabai? Tambahkan saja campuran cabai bubuk ke dalam celupan. Nikmat!

Itulah langkah-langkah membuat sushi sendiri di rumah. Ingat, menggunakan isian yang ada di rumah pun tak masalah. Selamat berkreasi di dapur!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.