Ngabuburit di Rumah, 5 Ide Mendekor Ruangan Super Mudah

Mengisi waktu menuju buka puasa selama #dirumahaja

9 Mei 2020

Ngabuburit Rumah, 5 Ide Mendekor Ruangan Super Mudah
Freepik

Masih masa karantina, tentu banyak kegiatan ngabuburit di luar rumah yang tak bisa dilakukan. Melakukan kegiatan di rumah juga tak kalah seru, coba saja ide mendekor ruangan dari Popmama.com ini!

Jika sudah bosan menonton televisi sembari menunggu waktu berbuka puasa, cobalah kegiatan lain. Yang satu ini bisa dilakukan bersama semua anggota keluarga. 

Selain itu, dekor ruangan juga bisa membuat suasana terlihat lebih segar dan menyenangkan. Hal ini tentu sangat penting terutama di saat harus menghabiskan hari-hari di rumah saja, kan?

Berikut ide dekor ruangan yang sangat mudah dan mampu mempercantik rumah.

1. Buat tembok aksen

1. Buat tembok aksen
home.bt.com

Tak punya waktu dan tenaga untuk mengubah semua warna cat di rumah? Mari coba buat tembok aksen. Kamu hanya perlu mengecat satu sisi tembok saja. 

Pilih warna yang kontras namun masih cocok dipadankan dengan cat yang ada sekarang. Biasanya tembok aksen berada di area sofa ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan begitu, pemandangan terlihat lebih segar. 

Selain menggunakan cat, kamu juga bisa membuat tembok aksen dari wallpaper. Mudah, kan?

Editors' Picks

2. Mengubah furnitur

2. Mengubah furnitur
Pixabay/petrus67

Lihat furnitur yang ada di rumah. Apakah sudah terliha usang dan membosankan? Ini waktunya untuk memberinya kesempatan kedua. 

Kamu bisa mengecat ulang furnitur di rumah. Gunakan cara mengecat yang kreatif agar hasilnya lebih menarik. 

Selain mengecatnya, bisa juga menambahkan aksen seperti memberi bantalan empuk pada kursi kayu, atau mengubah warna kaki meja. 

3. Membuat galeri di dinding

3. Membuat galeri dinding
Freepik/wuttichai1983

Foto adalah salah satu cara menyimpan memori paling baik. Jika selama ini terlalu banyak foto di ponsel atau kamera, kini saatnya untuk mencetak yang terbaik. 

Carilah beberapa frame foto yang berbeda ukuran dan tempatkan foto-foto di sana. Kamu bisa juga mengecat ulang frame foto agar warnanya senada. 

Setelah terpasang semua foto, carilah dinding yang kosong dan mulai mendekor ruangan dengan menempatkan foto-foto di sana. 

Area baru yang penuh foto akan menyegarkan suasana rumah.

4. Mengecat ulang pintu depan rumah

4. Mengecat ulang pintu depan rumah
Pixabay/mindful_art

Satu kegiatan yang paling mudah dan singkat dilakukan adalah mengecat ulang pintu depan rumah. Dengan begini, wajah rumah langsung terlihat berubah. 

Pilihlah warna yang sesuai dengan furnitur di teras agar tetap senada. 

Kegiatan ini bisa dilakukan bersama sekeluarga. Sehingga waktu bisa terlewatkan dengan lebih seru. 

5. Memulai urban gardening

5. Memulai urban gardening
Pinterest/Home Decor Ideas

Butuh sesuatu yang hijau di dalam rumah? Mulailah urban gardening. Bercocok tanam cara ini tidak butuh lahan, hanya butuh pot saja. 

Nantinya pot ini bisa ditempatkan di pojok ruangan atau depan jendela. 

Tanaman yang mudah dipelihara untuk cara ini antara lain sayuran seperti wortel, tomat, dan selada. Juga, herbs seperti thyme, basil, dan oregano. 

Pilih wadah yang tepat agar suasana di rumah terlihat lebih segar dan menarik. Selain itu, pastikan tanaman mendapat air dan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh sempurna. 

Itulah beberapa kegiatan mendekor ruangan untuk mempercantik rumah yang mudah dilakukan dan bisa mengisi waktu selama #dirumahsaja. Mana saja yang sudah kamu lakukan?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.