5 Tips Menjaga AC Rumah Tetap Bersih dan Awet

Hindari menyapu sambil menyalakan AC

12 Juli 2020

5 Tips Menjaga AC Rumah Tetap Bersih Awet
Freepik/Awaygy

Meski sering digunakan, banyak orang tidak memerhatikan dengan baik tentang kebersihan dan cara merawat AC. Padahal, jika dijaga dengan baik, AC bisa lebih awet dan keluarga pun lebih sehat. 

Saat musim panas, AC sering jadi penolong di malam hari. Bahkan saat ini, makin banyak anak-anak yang sulit tidur jika tidak menggunakan AC. 

Sayangnya, banyak yang tidak begitu memerhatikan perawatan AC. Untuk itu, Popmama.com akan memberikan tips menjaga AC tetap bersih dan bisa lebih awet. 

1. Rutin membersihkan filter AC

1. Rutin membersihkan filter AC
Freepik

Salah satu hal paling mudah dan tak boleh dilupakan untuk merawat kebersihan AC dan ruangan adalah dengan membersihkan filter AC. Usahakan untuk membersihkan filter AC secara rutin. Setidaknya 1 atau paling lama 2 bulan sekali. 

Cara membersihkan filter AC pun cukup mudah. Kamu bisa langsung membuka bagian dalam AC dan menarik filternya secara perlahan. 

Cucilah filter dengan sabun dan air mengalir. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan debu yang menempel. 

Editors' Picks

2. Bersihkan juga bagian luar AC

2. Bersihkan juga bagian luar AC
Freepik/tascha1

Saat membersihkan filter, jangan lupa untuk membersihkan bagian luar AC. Tak perlu mengutak atik bagian dalamnya, cukup lap bagian luar yang terlihat banyak debu. 

Bagian yang harus diperhatikan adalah bagian atas AC. Biasanya akan dipenuhi debu. Bersihkan secara berkala agar udara di ruangan bisa lebih bersih dan sehat.

3. Jangan menyapu saat AC menyala

3. Jangan menyapu saat AC menyala
Freepik

Mungkin hal ini sering tidak disadari, namun ternyata menyapu saat AC menyala bisa membuatnya mudah kotor. Debu yang terbang karena sapu dan hembusan angin akan terserap ke AC. 

Jangan heran jika filter AC kamu jadi lebih cepat kotor selama ini. 

Jika ingin menyapu, usahakan untuk mematikan AC terlebih dahulu. Setelah itu, bukalah jendela atau pintu agar siklus udaranya bisa berputar dengan baik. 

Setelah dipel dan didiamkan sebentar, barulah kamu bisa kembali menyalakan AC.

4. Hindari melakukan kegiatan yang menimbulkan debu saat AC menyala

4. Hindari melakukan kegiatan menimbulkan debu saat AC menyala
Freepik/Ropisme

Selain menyapu, banyak kegiatan lain yang bisa menimbulkan debu. Beberapa contohnya adalah bermain bedak di ruangan dengan AC menyala, atau memotong bahan pakaian di dalam ruangan. Bisa juga menyetrika di dalam ruangan dengan AC menyala. 

Kegiatan ini menimbulkan banyak debu yang akan dihisap oleh AC. Debu-debu ini akan menempel di AC dan akan dihembuskan kembali untuk dihirup oleh orang di dalamnya. 

Selain tidak baik untuk kesehatan, filter yang penuh debu membuat kerja AC jadi lebih keras.

Debu yang tebal di filter membuat AC terasa tidak dingin. Jika terus menurunkan suhu, sedangkan anginnya tertahan debu, maka AC lebih rentan rusak.

5. Jangan lewatkan servis AC berkala

5. Jangan lewatkan servis AC berkala
Freepik/Naypong

Satu hal yang tak bisa ketinggalan adalah menservis AC secara berkala. Pada dasarnya, servis AC bukanlah membenahi mesinnya, hanya saja membersihkan dengan lebih dalam. 

Jika di tangan profesional AC bisa dicuci dengan baik dan tepat. Selain itu, freon juga bisa diisi jika ternyata tinggal sedikit. 

Dengan rutin melakukan servis, AC bisa lebih bersih dan bekerja dengan maksimal. 

AC yang kotor dan tidak dirawat akan lebih cepat rusak. Selain itu, AC yang kotor juga akan mengeluarkan udara yang tidak sehat. 

Jadi, usahakan untuk selalu memerhatikan kebersihan AC mulai sekarang, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.