8 Trik Dekor Siasati Ruangan Sempit

Siapa bilang ruang sempit tak bisa berganti wajah?

19 Mei 2019

8 Trik Dekor Siasati Ruangan Sempit
Freepik/wuttichai1983

Ruangan yang sempit sering jadi buntunya ide dekorasi yang menarik. Padahal, banyak cara mudah untuk mengubah ruangan sempit agar terlihat lebih luas dan lebar. 

Mulai dari kembali ke dasar, hingga memilih furnitur yang tepat. Dengan cara ringkas ini, ruangan sempit di rumah kamu bisa disulap jadi terlihat luas dan tentu menarik. 

Disusun Popmama.com, inilah 8 trik dekor menyiasati ruangan sempit:

1. Maksimalkan tembok putih 

1. Maksimalkan tembok putih 
catesthill.com
Rumah yang minimalis juga bisa terasa luas, Ma!

Tembok rumah berwarna putih? Tak masalah sama sekali. Kamu hanya perlu mencari furnitur yang sesuai untuk mengubah wajah ruangan sempit menjadi terlihat lebih luas. 

Pilihlah furnitur yang berwarna senada yaitu putih untuk diisi di ruangan tersebut.

Warna senada membuat ruangan terasa lebih cerah dan luas. Untuk menambah karakter, kamu bisa menaruh sesuatu yang berwarna cerah seperti bantal cushion berwarna merah atau toska tua.

2. Pajangan yang tidak biasa

2. Pajangan tidak biasa
castehill.com

Ruangan yang sempit membuat segalanya terlihat penuh. Tidak akan demikian jika mendekorasinya dengan tepat.

Alih-alih menaruh sepeda di dekat mesin cuci, kenapa tidak coba gantung di ruang TV dan menjadikannya seperti pajangan yang tidak biasa. Namun pastikan sepedanya bersih dan rapi ya!

3. Tambah tanaman dalam ruangan 

3. Tambah tanaman dalam ruangan 
Freepik

Keluarkan furnitur yang tidak terlalu terpakai dan ganti dengan tanaman hias yang cocok dimasukkan ke dalam ruangan. Misal ada lemari di ruangan, taruhlah tanaman kecil seperti sukulen untuk menambah kesan segar di ruangan. 

Tanaman hias yang dimasukkan tak perlu terlalu besar karena bisa menghabiskan tempat. Cukup yang kecil namun berwarna cerah pun bisa mengubah kesan ruang sempit jadi terasa luas. 

4. Ubah satu sisi tembok

4. Ubah satu sisi tembok
actwow.com
Kamarnya nyaman nih, Ma. Makasih, ya!

Ruangan kamu berbentuk kotak membosankan? Mari buat lebih luas dengan mengubah satu sisi tembok menjadi warna yang kontras. 

Misal warna tembok putih, bisa tambahkan warna hitam pekat, atau merah, abu-abu, dan toska tua di satu sisi untuk kontras.

Dengan begitu, ruangan bisa terasa lebih luas dan tentunya lebih menarik dipandang mata. 

Editors' Picks

5. Gunakan sofa yang tepat

5. Gunakan sofa tepat
Freepik/vanitjan

Sofa bergantung dari ruangan yang tersedia, bukan sebaliknya. Jika sudah mengetahui di mana sofa akan diletakkan, maka carilah sofa yang sesuai.

Jika ruangannya kotak, pastikan sofanya jangan terlalu panjang. Sedangkan jika ruangannya memanjang, pastikan untuk memilih sofa yang juga memanjang namun berbentuk ramping agar tidak menghabiskan tempat di ruangan tersebut.

6. Wallpaper garis vertikal untuk langit-langit pendek

6. Wallpaper garis vertikal langit-langit pendek
Freepik/Chevanon

Langit-langit yang pendek juga bisa memberi kesan ruangan jadi terasa sempit.

Ada cara mudah menyiasatinya yaitu dengan menggunakan wallpaper bermotif garis vertikal.

Garis yang tegap ke atas ini memberi kesan tembok lebih tinggi sehingga langit-langit tidak terasa terlalu pendek.

7. Isi ruang kosong di belakang sofa

7. Isi ruang kosong belakang sofa
Tumblr.com/soudasouda

Sofa yang menempel tembok saja tetap memiliki ruang kosong yaitu di bagian sandarannya yang tebal. Jika tebalnya sekitar 30 cm, maka bisa diisi dengan menaruh lemari yang menempel di tembok. 

Dengan begitu, tidak ada ruang kosong di belakang sofa. Dengan hadirnya rak ini, barang-barang dan pajangan bisa ditaruh di sana dan ruangan jadi terasa lebih luas.

8. Hindari motif yang senada

8. Hindari motif senada
Freepik/srijaroen

Motif furnitur dan pelengkapnya yang senada sudah tidak hits lagi. Daripada ruangan jadi terlihat membosankan, kenapa tidak coba memadupadankan motif yang saling bertabrakan. 

Warna yang bertabrakan biasanya menarik dan membuat ruangan lebih segar. Dengan begitu, suasana pun bisa berbeda meski ruangannya memiliki luas yang terbatas. 

Asal tahu caranya, ada banyak sekali trik mendekorasi ruangan yang terbatas. Kira-kira kamu berencana menggunakan trik yang mana?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!