7 Pilihan Aromaterapi yang Bisa Menghilangkan Stres

Ma, ini beberapa rekomendasi aromaterapi yang bisa menghilangkan stres

6 Mei 2021

7 Pilihan Aromaterapi Bisa Menghilangkan Stres
Pixabay/monicore

Aromaterapi sekarang jadi salah satu benda yang wajib dibeli untuk mengisi sudut-sudut di dalam rumah.

Mungkin banyak keluarga yang sudah sadar kalau aromaterapi itu bisa sangat menenangkan pikiran dan suasana hati.  Aromaterapi bisa dijadikan salah satu penyembuhan alternatif, hanya dengan menggunakan wangi-wangian dari beragam jenis bahan alami.

Dengan banyak manfaat yang ada, aromaterapi bisa diletakkan ke beberapa sudut ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan.

Tergantung jenis aroma yang diinginkan Mama di tiap-tiap ruangan. Kalau Mama berniat untuk membeli aromaterapi, tetapi masih bingung memilih aroma jenis yang mana.

Kali ini Popmama.com akan menjabarkan beberapa jenis aromaterapi beserta manfaatnya.

Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Lavender

1. Lavender
Freepik/alexphotos

Menurut Mama aroma lavender itu gimana? Pasti wanginya yang alami bisa menenangkan ya, Ma. Menghirup aromaterapi beraroma lavender ternyata bisa memperbaiki mood seseorang.

Mulai dari menurunkan tingkat kecemasan, stres, hingga depresi. Sangat berguna untuk kesehatan mental di dalam keluarga nih, Ma.

Tak hanya itu, kalau Mama merasa susah tidur atau mungkin si Kecil rewel karena tidurnya tidak nyenyak.

Sebagai solusi mungkin Mama bisa meletakkan aromaterapi lavender di dalam kamar tidur. Aroma yang dikeluarkan lavender ternyata bisa membantu orang-orang yang mengalami kesulitan tidur agar lebih nyenyak.

2. Peppermint

2. Peppermint
Freepik/topntp26

Mama pernah dengar gak nih kalau aroma peppermint itu bisa membantu ibu hamil mengurangi mual?

Kandungan rasa menthol pada aroma peppermint itulah yang bisa mengatasi atau menghilangkan mual muntah. Selain itu, aroma peppermint bisa sangat menenangkan, sehingga cocok dirasakan setelah lelah beraktivitas di luar rumah.

Kalau ingin merasakan sensasi yang berbeda, Mama bisa merasakan sensasi harumnya sambil berbaring dengan santai.

Menyalakan musik dirasa juga sangat cocok untuk membuat tubuh dan pikiran Mama jadi lebih rileks.

Editors' Picks

3. Lemon

3. Lemon
Freepik/dashu83

Lemon tidak hanya dijadikan untuk melindungi dan menghaluskan kulit saja Ma, tetapi bisa dijadikan aromaterapi.

Aromaterapi ini bisa Mama sediakan di sudut-sudut ruangan agar aromanya bisa menyebar ke seisi rumah ya. Aromaterapi varian lemon selain untuk mengharumkan ruangan juga mampu memberikan ketenangan, terutama untuk Mama yang sedang merasa bad mood.

Setuju dong kalau saat menghirup aroma terapi ini kita bisa kembali merasa tenang dan rileks. 

4. Melati

4. Melati
Freepik/mrsiraphol

Aroma dari bunga melati digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kondisi psikis seseorang. Aromanya bisa mengelola stres, meningkatkan suasana hati, mengurangi insomnia, hingga meredakan nyeri menstruasi.

Di saat menstruasi terkadang Mama merasakan kondisi nyeri yang teramat sakit. Daripada harus mengonsumsi obat-obatan yang justru akan menyebabkan efek samping.

Mama bisa menggunakan aromaterapi dari bunga melati ini untuk menenangkan perasaan yang kacau saat rasa nyeri datang. Nyalakan aromaterapi kemudian berbaringlah, pelan-pelan rasa nyeri akan hilang tanpa perlu efek samping.

Tak hanya bisa mengatasi kondisi psikis orang-orang yang ada di rumah aja nih.

Aromaterapi dari bunga melati juga bisa menciptakan suasana romantis. Ini cocok banget diletakkan ruang makan, apalagi kalau lagi makan malam berdua dengan pasangan bisa tambah romatis.

Ternyata menciptakan suasana romantis bisa dengan sesuatu yang sederhana ya, Ma.

5. Mawar

5. Mawar
Freepik

Bunga mawar itu dianggap sebagai ratu tanaman yang sangat aromatic.

Mawar sendiri memiliki efek yang mampu menyehatkan untuk sistem pernapasan. Selain itu, aroma mawar dapat meningkatkan sistem peredaran darah dan bisa membantu kinerja saraf.

6. Basil

6. Basil
Freepik/jcstudio

Aroma dari basil bisa sangat menenangkan nih, Ma.

Sama seperti wangi-wangian alami sebelumnya, aroma basil bisa mengurangi perasaan cemas, stres, depresi hingga tekanan darah tinggi.

Aromaterapi alami dari basil ini cocok Mama letakkan di ruang tamu atau di ruangan tempat berkumpulnya keluarga. Tujuannya agar semua keluarga bisa sama-sama menikmati aromanya.

Selain menenangkan saraf, aroma ini mampu menyegarkan pikiran orang-orang di dalam rumah.

7. Rosemary

7. Rosemary
Freepik/jcstudio

Kalau Mama tidak terlalu suka dengan aroma dari beberapa aromaterapi di atas. Mungkin alternatif lain yang bisa dicoba yaitu aromaterapi rosemary.

Rosemary sendiri punya cukup banyak manfaat, seperti memberikan efek terhadap perasaan-perasaan positif sehingga menurunkan tingkat hormon kortison yang bisa memicu stres.

Aromaterapi dari rosemary ternyata juga mampu meningkatkan kecepatan memori, mungkin karena wangi-wangian alami dari tumbuhan bersifat menenangkan ya Ma.

Keharuman rosemary yang ada di rumah bisa mengurangi penyakit pada saluran pernapasan. Ini dikarenakan rosemary bisa membuka saluran pernapasan agar lebih lebar.

Sangat cocok digunakan ketika keluarga Mama di rumah ada yang memiliki penyakit asma, flu atau penyakit saluran pernapasan lainnya.

Gimana, kira-kira aromaterapi mana yang mau dicoba terlebih dahulu di rumah?

Semoga dengan adanya wangi-wangian alami di rumah, semua keluarga termasuk Si Kecil jadi lebih rileks, positif dan merasakan ketenangan dari manfaat aromaterapi ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.