Punya Hobi Baru, Gisel dan Ashanty Kompak Pelihara Ikan Cupang

Simak beberapa cara memelihara ikan cupang agar tidak cepat mati yuk, Ma!

24 Juni 2020

Pu Hobi Baru, Gisel Ashanty Kompak Pelihara Ikan Cupang
Instagram.com/gisel_la

Selama pandemi Covid-19, ada banyak orang yang mulai mencoba berbagai kegiatan baru selama berada di rumah. Gisella Anastasia dan Ashanty pun tidak hanya sibuk mengurus anak-anak saja, namun mulai senang menjalani hobi baru mereka yakni memelihara ikan cupang. 

Melalui sebuah video di channel YouTube The Hermansyah A6, Ashanty baru saja membeli 50 ikan cupang dengan berbagai warna dan jenis. 

Untuk memudahkan, Ashanty telah memberikan nama ikan cupang barunya tersebut dengan nama aktor-aktor terkenal asal Korea Selatan. Beberapa nama yang dipilih untuk nama ikan cupangnya, seperti Lee Min Ho, Hyun Bin hingga Park Seo Joon.

Ashanty menuliskan label nama yang diberikannya tersebut sesuai dengan wadah masing-masing ikan cupang. Harga ikan cupang yang dibelinya cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah tergantung dengan bentuk sirip, warna dan jenisnya.

Sama seperti Ashanty, hobi baru memelihara ikan cupang juga sedang dijalani oleh Gisel. Hobi barunya ini bermula dari teman kekasihnya, Wijin Saputra. 

Dengan berbagai jenis dan bentuk sirip ikan cupang yang ada, Gisel terpikat ingin memelihara karena warnanya cukup beragam. Gisel dan Gempi saling memberikan nama koleksi ikan cupang yang mereka miliki, mulai dari Cinnamon, Zora, Rainbow, Cerio, Zebra hingga Pretty. 

Jika Mama sedang memelihara ikan cupang seperti Gisel dan Ashanty, maka perlu sekali mengetahui beberapa cara memelihara ikan cupang agar tidak cepat mati. 

Simak rangkuman dari Popmama.com kali ini yuk, Ma!

1. Perhatikan wadah yang akan digunakan untuk memelihara ikan cupang 

1. Perhatikan wadah akan digunakan memelihara ikan cupang 
Pixabay/Nguyen Cuong

Cupang termasuk ikan yang memiliki daya tahan yang cukup mengagumkan. Hal ini dikarenakan cupang mampu bertahan hidup dalam wadah dengan kadar air yang sedikit, bahkan tanpa adanya peralatan sirkulasi udara. 

Jika berkeinginan memelihara ikan cupang agar tidak cepat mati, maka perlu sekali memerhatikan wadah penempatannya. Sebenarnya untuk memelihara ikan cupang dapat menggunakan wadah apa saja dan tidak selalu harus memakai akuarium. 

Toples bekas bahkan seringkali digunakan sebagai wadah saat memelihara ikan cupang. Namun, harus diingat bahwa usahakan wadah yang dibutuhkan harus sesuai dengan ukuran cupang. 

Editors' Picks

2. Tetap menjaga kualitas air agar tetap bersih 

2. Tetap menjaga kualitas air agar tetap bersih 
Pixabay/Jim_Combs

Demi menghindari ikan cupang tidak berumur panjang, ada baiknya tetap menjaga kualitas air di dalam wadah agar tetap bersih. 

Perlu diketahui bahwa kualitas air yang terjaga dengan baik dapat memengaruhi kesehatan ekor cupang. Tidak hanya ekor, namun sirip ikan juga akan terlihat indah ketika kualitas air diganti secara rutin.  

Gantilah air setidaknya dua hari sekali, bisa mengganti secara keseluruhan atau setengah air yang ada. 

Dengan rajin mengganti air di dalam wadah, ini mengurangi risiko kematian bagi ikan cupang. 

3. Tambahkan daun ketapang kering atau daun pisang kering sebagai antibiotik alami

3. Tambahkan daun ketapang kering atau daun pisang kering sebagai antibiotik alami
bukalapak.com

Sebagai usaha memelihara ikan cupang agar tidak cepat mati perlu sekali menambahkan daun ketapang kering atau daun pisang kering ke dalam wadah. 

Daun ketapang kering atau daun pisang kering akan menjadi antibiotik alami yang berguna untuk perkembangan ikan cupang. 

Kedua daun ini berguna untuk menyembuhkan berbagai macam luka atau saat ekor cupang robek. Penambahan daun ketapang kering atau daun pisang kering memberikan ph air yang lebih optimal. 

Air yang diberi daun ketapang kering atau daun pisang kering akan menjadi kekuningan, jadi tidak perlu panik. Warna air yang berubah menjadi keruh ini justru memberikan manfaa tersendiri. 

Perlu diketahui bahwa daun pisang kering memiliki beragam manfaat untuk perkembangan ikan cupang, seperti: 

  • Meningkatkan kecerahan warna ikan.
  • Membantu mempercepat pemulihan luka.
  • Menurunkan tingkat stres selama berada di dalam wadah.

4. Perhatikan makanan yang akan diberikan untuk ikan cupang

4. Perhatikan makanan akan diberikan ikan cupang
Tokopedia.com/JN-STARRYreputation

Berikanlah nutrisi terbaik kepada ikan cupang melalui asupan makanannya, sehingga tidak cepat mati. 

Sama seperti hewan lainnya, ikan cupang membutuhkan makanan yang memiliki gizi dan nutrisi. Makanan yang tepat akan membantu ikan cupang cepat besar dan terlihat semakin cantik.

Rekomendasi makanan yang bisa diberikan kepada ikan cupang, mulai dari kutu air, cacing sutra hingga jetik nyamuk. Ini menjadi pilihan makanan yang ideal untuk ikan cupang. 

5. Menjemur ikan cupang menjadi aktivitas yang membantu membunuh bakteri dan jamur

5. Menjemur ikan cupang menjadi aktivitas membantu membunuh bakteri jamur
Pixabay/spiritseed

Menjemur ikan cupang menjadi salah satu aktivitas yang perlu dilakukan setiap hari. Ini menjadi salah satu cara yang dapat membantu agar ikan cupang tidak cepat mati. 

Bukan tanpa alasan karena menjemur ikan cupang bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang biasanya muncul di dalam akuarium. 

Caranya cukup mudah karena hanya perlu menempatkan akuarium di tempat dengan suhu yang stabil. Carilah tempat yang cocok, usahakan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. 

Lakukan ini secara konsisten agar wadah ikan cupang terhindar dari bakteri dan jamur, sehingga peliharaan Mama sekeluarga ini dapat bertahan hidup lebih lama.

Itu dia beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memelihara ikan cupang agar tidak cepat mati. 

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.