Yuk, Bersihkan Udara di Dalam Ruangan Rumah dengan Air Purifier

Udara yang bersih pangkal kesehatan keluarga lho, Ma!

15 April 2020

Yuk, Bersihkan Udara Dalam Ruangan Rumah Air Purifier
Dok. Samsung Indonesia

Udara bersih tidak hanya penting, tetapi juga sangat penting bagi kita semua.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa udara bersih tidak mungkin ada hari ini, karena adanya degradasi dan polusi udara yang begitu konstan.

Nah, Ma tidak begitu kenyatannya, lingkungan ruangan dengan udara bersih masih dapat kita rasakan.

Inilah salah satu alasan mengapa air purifier baik digunakan, karena alat ini mampu mengurangi konsentrasi polutan pada udara. 

Michael Adisuhanto, Head of Home Appliances Business, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan dalam peluncuran tiga produk Samsung (Air Dresser, Air Purifier, dan AC-Wind Free) pada Selasa 14 April 2020 via Google Hangout mengatakan saat pandemi virus corona keluarga berada di dalam rumah dan memerlukan kualitas udara yang baik.

Menurutnya, kondisi udara ruangan di dalam rumah perlu terjaga dan bebas virus serta bakteri jahat agar keluarga bisa tetap sehat saat berada di dalam rumah. 

Air purifier bisa menjadi pilihan untuk keluarga untuk menjaga kualitas udara tetap baik dan bersih. 

Sebenarnya, apa itu air purifier? Berikut ini Popmama.com, rangkum informasinya untuk Mama. 

1. Apa itu air purifier?

1. Apa itu air purifier
Dok. Samsung Indonesia

Air purifier adalah peralatan yang membantu menghilangkan polutan di udara.

Alat ini sangat membantu bagi orang orang yang menderita asma atau alergi dan juga digunakan untuk menghilangkan bekas asap rokok. 

Karenanya, pembersih udara diperlukan jika ada perokok di rumah. Dilansir dari lifehack.org, dalam alat ini terdapat filter HEPA yang membantu membersihkan dan memurnikan udara yang beredar.

HEPA adalah singkatan dari High-Efficiency Particulate Air atau efisiensi tingkat tinggi udara partikular. 

Singkatnya filter ini merupakan jenis saringan udara yang memurnikan udara dengan menjebak partikel kecil merugikan yang akan bersirkulasi di udara.

Menurut laporan oleh uji ahli ConsumerSearch, filter HEPA menghilangkan sekitar 99,9% partikel debu dan kotoran dari udara termasuk serbuk sari, jamur, spora, bulu hewan peliharaan atau tungau debu.

2. Air purifier membantu proses pernapasan

2. Air purifier membantu proses pernapasan
Pexel/Visionpic.net

Bagi Mama yang memiliki anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok atau kedatangan tamu yang merokok, air purifier sangatlah penting. 

Begitu juga banyak dari kita mungkin berbagi ruangan di rumah dengan hewan peliharaan kita, yang mungkin saja membawa serta air seni, bau hewan peliharaan, dan bulu.

Ini bisa sangat berbahaya bagi anggota keluarga yang memiliki alergi, karena sebagian besar waktunya akan digunakan untuk menghirup debu dan semua polutan yang ada di udara.

Air purifier akan memberikan Mama dan keluarga sedikit bantuan. Karena alat ini dengan cepat akan membersihkan alergen dan partikel polutan lainnya. 

Bahkan secara efektif menghilangkan bau, serbuk sari, asap, debu, bulu hewan peliharaan, dan hampir semua polutan lain yang ada di udara.

Tanpa air purifier, rumah Mama akan mengumpulkan banyak debu dan kuman, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

3. Bagaimanakah air purifier bekerja?

3. Bagaimanakah air purifier bekerja
Freepik/freepik

Untuk bekerja dan menghilangkan polutan di udara, air purifier menggunakan teknologi berbeda dalam fungsinya.

HEPA yang terdapat dalam air purifier menggunakan kipas untuk menarik udara. Menurut ForHealthyAir, sistem ini adalah salah satu jenis pembersih udara paling efektif karena, menggunakan kipas angin dalam pengerjaannya, sehingga tidak menghasilkan ozon apa pun.

Namun, kamu harus mencatat bahwa tidak setiap air purifier bergantung pada filtrasi mekanis seperti filter HEPA. Jadi pastikan apakah kamu membeli yang asli. 

Di tempat filter mekanik, beberapa pembersih udara menggunakan teknologi elektronik untuk membalik muatan partikel di udara menjadi bersih. 

Kemudian melewatkan partikel yang telah disaring untuk kembali ke ruangan tempat mereka menempel pada perabotan, lantai, dan pakaian.

Dalam hal ini, partikel yang kembali telah terbebas dari debu-debu kotor alias telah bersih. 

Air purifier sangat cocok digunakan untuk menghasilkan udara yang bersih dan sehat. Keluarga yang alergi dengan debu, disarankan untuk memiliki ini di rumah. 

Editors' Picks

4. Menemukan air purifier terbaik

4. Menemukan air purifier terbaik
Pexel/Roman Koval

Untuk menemukan air purifier dengan filter HEPA terbaik dan berkinerja bagus, Mama harus berkonsultasi dengan ulasan profesional yang tidak memihak, seperti dari ConsumerReports dan ForHealthyAir. 

Penting bagi kamu dalam menemukan satu yang memiliki kapasitas untuk memurnikan ukuran ruangan tempat Mama akan menggunakannya. 

Jadi, Mama harus yakin untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti, kinerja, kebisingan, kemudahan penggunaan, biaya, dan juga kredibilitas produk tersebut.

Hasilnya akan membantu Mama dalam mempersempit pilihan saat memilih air purifier berfilter HEPA yang paling sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan kamu di rumah.

Rekomendasi Merek Air Purifier yang Bisa Mama Pilih untuk Mendapatkan Kualitas Udara yang Baik di Rumah

Rekomendasi Merek Air Purifier Bisa Mama Pilih Mendapatkan Kualitas Udara Baik Rumah
Freepik

Jika Mama tertarik untuk memiliki air purifier di rumah, berikut ini beberapa merek air purifier yang bisa Mama pilih sesuai dengan kebutuhan. 

1. Air Purifier Dyson memiliki ukuran yang simple

1. Air Purifier Dyson memiliki ukuran simple
dyson.com

Bagi pemilik rumah yang nggak terlalu besar, air purifier ini bisa jadi pilihan karena ukurannya yang simple dan nggak banyak memakan tempat. Dyson Pure Cool adalah produk air purifier bisa dipindah dan nggak mengeluarkan suara yang nyaring.

Dengan mode auto, produk ini bisa menyesuaikan sensor sendiri tanpa perlu repot kita ubah-ubah.  

Air purifier ini juga dapat difungsikan sebagai kipas angin internet of things. Fungsinya membersihkan polusi di dalam rumah karena debu dan zat-zat mikroskopis lain yang menempel pada furnitur di dalam rumah.

Pure Cool Link memiliki kemampuan menangkap polutan hingga sekecil 0,1-micron. Sangat baik untuk anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap debu. 

2. Samsung Air Purifier memiliki sistem penyaringan berlapis yang aman untuk keluarga

2. Samsung Air Purifier memiliki sistem penyaringan berlapis aman keluarga
Dok. Samsung Indonesia

Samsung Air Purifier menghadirkan teknologi filtrasi inovatif terkini untuk menghasilkan udara bersih di dalam ruangan.

Produk ini menjaga udara rumah tetap bersih dan aman dengan sistem penyaringan berlapis.

Pertama, alat ini akan mengekstraksi partikel debu yang berukuran lebih besar. Kemudian, Filter Deo Karbon bekerja menghilangkan gas berbahaya . 

Filtrasi HEPA dengan filter debu yang menangkap hingga 99,97% debu extra halus serta menghambat bakteri. Cocok untuk menciptakan rumah bebas debu.

Air Purifier ini memiliki masuk udara di sisi depan yang memudahkan pengguna membersihkan atau mengganti filter. Pra-filter dapat dicuci serta dibersihkan secara berkala, sedangkan penyaringan 2-in-1 Deo Carbon dan HEPA Filter dapat dengan mudah diganti ulang. Mama cukup membersihkan filter dengan air mengalir.

Samsung Air Purifier hadir di Indonesia dengan seri AX60 dengan aliran udara tiga arah, AX40 dengan sensor lampu udara (Air sensing light), dan AX34 dengan 4 indikator warna.

Pada Air Purifier AX60, kita tetap dapat mengecek kualitas udara dari ruangan atau tempat berbeda. Dengan bantuan aplikasi SmartThings, Mama dapat menghidupkan dan mematikan air purifier, memeriksa kualitas udara, sampai mengecek kondisi filternya. Canggih banget!

3. Sharp Air Purifier memiliki fitur penangkap nyamuk

3. Sharp Air Purifier memiliki fitur penangkap nyamuk
Shopee.com

Selanjutnya adalah Air Purifier merek Sharp. Dengan desain yang elegan, Air Purifier ini memiliki teknologi Plasmacluster yang efektif mencegah virus mikroba yang berfungsi membuat udara menjadi lebih bersih dan sehat.

Air Purifier juga mengklaim bisa membersihkan udara dalam 21 meter persegi melalui tiga tingkat variasi kecepatan, yaitu Max, High dan Low. Plasmacluster juga dipercaya mampu menghasilkan ion positif dan negatif seperti berada di alam.

Salah satu tipe produk ini adalah Sharp Air Purifier with Mosquito Catcher sangat cocok untuk keluarga kecil Mama. Pada tipe ini terdapat teknologi glue sheet mosquito catcher, yang bisa menangkap nyamuk.

Dengan teknologi ini, keluarga Mama akan bebas dari gigitan nyamuk. Produk ini sangat ramah keluarga, karena adanya fitur sleep mode, dimana fitur ini bsa mengatur suasana hening (21 dB) sehingga keluarga bisa tidur dengan nyenyak. 

Itulah informasi seputar air purifier, penyaring udara di rumah yang dapat diperhitungkan dari segi fungsi hingga biayanya.

Namun, memiliki air purifier dapat menjadi investasi untuk keluarga dalam mecegah berbagai penyakit yang masuk ke rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.