Senang Makan Ikan, Simak Dulu Cara Memasaknya agar Nggak Bingung

Punya bahannya tapi bingung? Yuk disimak Ma!

8 Januari 2021

Senang Makan Ikan, Simak Dulu Cara Memasak agar Nggak Bingung
Freepik/jcomp

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang menyehatkan, bahkan di Jepang hampir seluruh penduduknya mencintai ikan. 

Di negeri yang hampir 77 persen wilayahnya adalah perairan ini sebenarnya banyak sekali menghasilkan hasil tani ikan. Hanya saja yang kelihatan populer di meja makan para keluarga adalah jenis unggas dan kaki binatang melata kaki empat. 

Padahal bila ditinjau lebih jauh ikan merupakan kekayaan alam yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Dan tentunya menambha khasanah memasakmu di rumah ya. 

So, mulai masak ikan yuk Ma. Karena, Popmama.com akan berikan cara memasak ikan agar kamu lekas mempraktekannya di rumah. Mudah saja kok, disimak ya artikel berikut. 

1. Cara mudah memasaknya adalah dengan di goreng saja

1. Cara mudah memasak adalah goreng saja
Unsplash/John Salzarulo

Ketumbar, bawang putih, dan garam sedikit dihaluskan diberikan air secukupnya. Lalu rendamlah ikan yang hendak kamu goreng dengan racikan tadi. 

Menggoreng bisa jadi hal yang sangat simpel untuk mengolah ikan, namun perhatikan minyak yang akan kamu gunakan. Sebaiknya yang baru dan tidak berwarna hitam ya Ma. 

Agar tak menambah debit lemak jenuh yang terkandung dalam ikan hasil gorenganmu. 

Oh iya, lebih sangat simpel lagi kamu bisa membeli bumbu jadi untuk menggoreng bila tidak mau repot membuat sendiri bumbunya. 

Editors' Picks

2. Dipanggang dalam oven

2. Dipanggang dalam oven
Freepik/freepik

Memanggangnya di dalam oven juga merupakan alternatif dalam memasak ikan. Kamu hanya memerlukan sekitar 10 hingga 15 menit.

Caranya, masukkan ikan dalam loyang pemanggang, lumuri dengan bawang merah cincang, irisan tomat, paprika, bumbu dapur, garam dan merica, juga sedikit minyak zaitun agar ikan tidak mengering di dalam.

Kalau ikan potongan besar, gunakan suhu 180 derajat Celsius, dan bila potongannya kecil gunakan angka 200 derajat Celsius. 

Tusukkan ujung pisau untuk memeriksanya apakah ikan telah matang. Bila tidak mau kehilangan rasa dan telrlau kering pangganglah dengan durasi yang cukup saja jangan terlalu lama.

3. Panggang dengan alumunium foil untuk hasil masakan yang lebih matang merata.

3. Panggang alumunium foil hasil masakan lebih matang merata.
Instagram.com/mamachef_looknam

Memanggang ikan bisa juga dengan kertas aluminium. Hal ini sangatlah sederhana dan hasilnya pun akan lezat.

Caranya, bumbui ikan, beri tambahan sayuran yang dipotong dadu kecil, dan taburi dengan minyak zaitun. Balut ikan yang telah dibumbui tadi dengan aluminium foil hingga menutupi seluruh tubuh ikan. Lalu masukkan ke oven, dan ikan siap dipanggang.

Kamu bisa mencoba memanggang ikan menggunakan aluminium foil di jangka waktu 8 hingga 15 menit pada suhu 220 Celsius di dalam oven. 

4. Dengan cara direbus

4. cara direbus
Pixabay/arinaja

Memasak ikan dengan direbus akan menjaga dagingnya tetap lembut. Diperlukan waktu sekitar 6 hingga 8 menit untuk merebusnya.

Gunakan air garam, kaldu sayur atau ayam jika ingin mencoba teknik ini. Selain itu kamu juga harus menggunakan wajan size besar yang bisa menampung lebih dari satu ikan. 

Setelah meletakkannya di wajan besar, maka tuanglah kaldu sampai menutupi seluruh permukaan ikan. Masak hingga kaldu mendidih secara perlahan. Masaklah dalam panas api kecil agar matang merata.

5. Dengan cara dikukus agar lebih sehat

5. cara dikukus agar lebih sehat
katalog.or.id

Mengukus daging ikan adalah salah satu cara memasak ikan yang cepat juga amat menyehatkan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus ini sekitar 5 hingga 10 menit.

Pertama, bumbui ikan dengan dengan garam, merica, sedikit minyak zaitun, air jeruk nipis. Kemudian, siapkan dandang kukusan. Isi dengan air dan didihkan.

Letakan ikan yang sudah di bumbui tadi di dalam kukusan, tutup kukusan, lalu tunggu hingga matang.ketimbang digoreng dengan mediuk minya mengukus sama sekali tak menimbulkan lemak jenuh saat menyantapnya. 

Oke kalau begitu kami rasa kamu sudah siap nih untuk masak ikan di rumah. Kalau sudah dan hasilnya enak. Jangan lupa berbagi ke tetangga ya Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.