10 Desain Kitchen Set untuk Dapur yang Kecil

Tampilan dapur bisa sangat mengesankan dengan kitchen set ini

12 Juli 2019

10 Desain Kitchen Set Dapur Kecil
architecturaldigest.com

Memiliki dapur yang cantik dan rapi tentu pasti menjadi idaman Mama, bukan? Tidak hanya untuk kamu yang mempunyai hobi memasak, namun dapur juga merupakan bagian dari rumah yang menambah nilai estetika dari rumah itu sendiri.

Selain desain dapur secara keseluruhan, pemilihan dekorasi, dan penyimpanan di dapur juga mendapat peran yang besar untuk membuat dapur terlihat cantik dan menyenangkan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dekorasi dapur yang paling menonjol, yaitu kitchen set. Kitchen set adalah lemari kabinet yang berfungsi untuk menyimpan peralatan rumah tangga khususnya peralatan bagian dapur.

Namun, karena area dapur yang kecil menjadi tantangan untuk kamu dalam memilih sebuah kitchen set. Warna, desain, ukuran menjadi pertimbangan untuk kamu sebelum membeli kitchen set yang cocok untuk di rumah.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan rekomendasi kitchen set yang cocok untuk dapur di area yang kecil!

1. Kitchen set dengan warna cerah

1. Kitchen set warna cerah
Pinterest.com/houseandhome

Inspirasi kitchen set yang pertama adalah dekorasi dapur yang menggunakan warna-warna cerah seperti putih, biru muda, kuning muda, abu-abu, dan warna senada lainnya.

Kitchen set yang menggunakan warna-warna yang cerah ini memberikan kesan dapur menjadi lebih luas dan bersih.

Agar terlihat bersih, jangan meletakan banyak peralatan masak di atas kitchen set, hanya peralatan-peralatan masak yang senada dengan kitchen set agar tidak terlalu polos.

Untuk membuat kitchen set menjadi lebih hidup, tambahkan tanaman-tanaman hijau yang diletakan di dalam pot kecil. Lalu letakan di beberapa sudut kitchen set.

Namun karena kitchen set berwarna cerah, jangan lupa untuk terus memerhatikan kebersihan dari setiap kitchen set karena kotoran dan debu dapat menimbulkan bercak noda pada kitchen set yang berwarna cerah.

2. Kitchen set dengan banyak ruang penyimpanan

2. Kitchen set banyak ruang penyimpanan
anadoluseker.org

Nah, inspirasi selanjutnya, cocok untuk Mama yang memiliki hobi memasak. Kitchen set dengan banyak ruang penyimpanan ini memudahkan kamu untuk menyimpan dan menata peralatan memasak maupun bahan-bahan masakan sehingga tidak tercecer dan berantakan.

Untuk memberikan kesan western, kitchen set yang berwarna putih ini dapat dipadukan dengan marmer yang berwarna natural seperti hitam, abu-abu, atau coklat. Lalu, Mama dapat menggunakan lantai yang beraksen motif serat kayu.

Namun, jika Mama mempunyai bayi atau anak yang masih kecil, lemari penyimpanan perlu ditambahkan pengamanan ekstra agar si Anak tidak mengambil barang-barang yang tidak semestinya. Sekarang Mama dapat memasak dengan nyaman dan tetap aman.

3. Kitchen set yang colorful

3. Kitchen set colorful
Pinterest.com/coachdecordotcom

Inspirasi selanjutnya adalah untuk Mama yang menyukai konsep rumah yang penuh warna. Konsep colorful pada dapur rumah dapat memberikan ekstra semangat dan ceria ketika beraktivitas.

Sentuhan colorful dapat diberikan pada keramik backsplash. Backsplash adalah keramik yang berada di belakang kompor dan tempat pencucian untuk menghindari cipratan-cipratan masakan dan air mencuci agar tidak mengenai ke dinding rumah.

Selain backsplash, Mama dapat meletakan beberapa perabotan memasak yang warna-warni di atas kitchen set agar menambah kesan colorful pada kitchen set.

Agar lebih instagramable, gunakan keset yang warna-warni dan tambahkan kursi bar dibelakang meja bar agar dapur menjadi lebih menarik. Kini, Mama bisa lebih ceria dan semangat ketika memasak di rumah deh!

4. Kitchen set dengan rak terbuka

4. Kitchen set rak terbuka
pinterest.com/janetpellizzari

Selanjutnya adalah kitchen set yang menggunakan rak terbuka. Kitchen set ini tidak menggunakan kabinet yang menempel di bagian atas dinding, namun menggantinya dengan rak terbuka.

Kitchen set yang menggunakan rak terbuka ini merupakan salah satu referensi yang paling aman jika kamu ingin tidak membutuhkan banyak lemari pada area dapur. Penggunaan rak terbuka ini memberikan kesan dapur menjadi lebih luas dan simpel

Gunakan rak yang warnanya senada dengan warna marmer pada kitchen set agar penampilan menjadi lebih menarik. 

Karena menggunakan rak yang terbuka, Mama harus lebih teliti dalam pemilihan perabotan dan penyusunannya di rak.

Agar menambah nilai estetika, Mama dapat menggunakan botol-botol kaca yang bening seperti botol selai untuk menyimpan bumbu-bumbu masakan.

5. Kitchen set bergaya natural

5. Kitchen set bergaya natural
33decor.com

Inspirasi selanjutnya adalah konsep kitchen set yang back to nature atau natural untuk memberikan kesan ketenangan dan sejuk.

Konsep kitchen set dengan menggunakan furniture kayu yang ditambahkan dengan marmer berwarna putih akan membuat dapur menjadi terlihat lebih simpel dan natural

Kesan yang natural dapat ditambahkan berbagai tanaman hijau yang diletakan pada pot-pot kecil, jika sulit untuk merawatnya, kamu dapat menggunakan tumbuhan kaktus hias yang kecil untuk mempermanis kitchen set. 

Penggunaan keset dengan motif dan warna yang senada juga dapat melengkapi konsep kitchen set ini lho, Ma!

Editors' Picks

6. Kitchen set modern minimalis

6. Kitchen set modern minimalis
staradeal.com

Selanjutnya, ada desain kitchen set yang menggunakan warna-warna metallic atau silver. Desain ini cocok untuk kamu yang ingin terlihat modern, mewah, namun tetap minimalis.

Mama bisa mencari perabotan masak yang berbahan dasar stainless-steel dan yang anti-karat untuk diletakan di atas kitchen set. Pilihlah beberapa perabotan yang memberikan sentuhan warna diatas kitchen set agar tidak terlihat membosankan.

Namun, Mama harus memperhatikan kebersihan dan perawatan perabotan ini agar tidak kusam, kotor, dan menggunakan pembersih khusus agar perabotan tidak berkarat.

7. Kitchen set dengan wallpaper

7. Kitchen set wallpaper
pinterest.com/judikc2

Inspirasi selanjutnya adalah kitchen set minimalis dengan tambahan wallpaper warna warni. Warna putih memang memberikan kesan ruangan yang luas dan bersih, namun jika menggunakan seluruh area dapur dengan warna putih, area dapur akan menjadi terlihat membosankan.

Agar tidak terlihat polos, kamu dapat menambahkan wallpaper atau stiker pada salah satu sudut dinding.

Walaupun terlihat minimalis dan simple, tambahan wallpaper yang colourful membuat ruangan menjadi tampak tidak kosong dan sepi.

Mama juga bisa menggunakan lantai yang bermotif vintage untuk menambahkan kesan ramai namun tidak berlebihan.

8. Kitchen set dengan tema retro

8. Kitchen set tema retro
enthusiastized.com

Desain selanjutnya adalah kitchen set yang bergaya retro, desain ini cocok untuk rumah yang memiliki konsep 90-an yang memiliki kesan jaman dulu namun tetap trendi.

Mama dapat menggunakan kitchen set dengan warna-warna yang mencolok seperti merah cabai, biru, hijau, dan sebagainya.

Jika kabinet dinding menggunakan pintu dari kaca bening, kamu dapat menunjukan perabotan dan peralatan makan yang senada dengan dapur untuk menambah kesan retro.

Tambahkan bunga yang diletakan di dalam vas untuk memberikan warna yang hidup pada kitchen set.

Lukisan dan gordyn dengan motif yang minimalis dan warna-warna yang tidak berlebihan juga cocok pada kitchen set ini.

9. Kitchen set nuansa black and white

9. Kitchen set nuansa black and white
theworldaccordingtozah.com

Selanjutnya adalah inspirasi desain kitchen set dengan sentuhan black and white.

Jika Mama merasa area dapur tampak polos, Mama bisa menggunakan wallpaper dinding dengan motif garis batu-bata hitam dan putih. Gunakan aksesoris seperti jam dinding berwarna senada agar tembok tidak terlalu polos

Selain itu, kamu bisa menambahkan peralatan masak dengan warna hitam dan putih. Perawatan peralatan warna hitam pun juga lebih mudah karena tidak perlu setiap hari dibersihkan karena debu dan kotoran yang menempel pada bagian luar tidak akan mudah terlihat.

Kitchen set dengan nuansa black and white ini membuat kesan dapur terlihat simple, minimalis, dan menambah estetika dalam rumah

10. Kitchen Set Dengan Tema Pastel

10. Kitchen Set Tema Pastel
pinterest.com/contentcottage/

Terakhir adalah kitchen set yang bertemakan warna pastel. Warna pastel dapat memberikan kesan yang lembut dan menenangkan.

Mama juga dapat menambahkan perabotan-perabotan yang berwarna pastel juga agar membuat dekorasi kitchen set ini menjadi lebih senada. 

Agar warnanya terlihat lebih cerah, sebaiknya gunakan warna pastel ini jika kitchen set diletakan di dekat jendela atau dapat menambahkan penerangan yang baik agar kitchen set dapat terlihat dengan manis.

Nah tadi adalah 10 kitchen set untuk area dapur yang kecil. Sedikit tips, lebih baik jika area kitchen set dekat dengan bagian jendela. Selain untuk ventilasi, penerangan alami dari luar juga memberikan kesan luas pada area dapur.

Dari 10 rekomendasi kitchen set di atas, mana yang cocok dengan rumah Mama? Jangan lupa berikan komentar di bawah ini ya, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!