Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Memasak Nasi Sepulen Nasi Jepang dengan Rice Cooker

Ingin nasi di rumah jadi sepulen nasi di restoran Jepang? Ikuti tipsnya yuk, Ma!

26 Mei 2022

Tips Memasak Nasi Sepulen Nasi Jepang Rice Cooker
healthyoptions.com.ph

Rice cooker menjadi perabotan yang wajib untuk dimiliki di rumah. Hal ini bukan tanpa alasan sebab nasi merupakan makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Adanya rice cooker membuat proses memasak dan menanak nasi akan semakin mudah.

Nasi matang yang pulen memang telah menjadi kesukaan bagi banyak orang. Lauk-pauk yang sederhana pun akan jadi terasa lebih nikmat bila disantap dengan nasi pulen seperti dari restoran Jepang.

Memasak nasi matang yang pulen terkadang cukup menyulitkan. Namun, hal tersebut sudah tak lagi sulit karena sekarang memasak nasi pulen bisa juga dilakukan dengan rice cooker.

Kali ini Popmama.com telah merangkum tips membuat masak nasi sepulen nasi Jepang dengan menggunakan rice cooker.

Yuk Ma, simak tipsnya berikut ini!

1. Gunakan rice cooker yang tepat

1. Gunakan rice cooker tepat
Pexels/FOX

Tanpa disadari, rice cooker yang digunakan juga ikut memengaruhi kualitas nasi, lho. Mungkin sebagian dari Mama pernah mengeluhkan nasi yang dimasak di dalam rice cooker menjadi keras, menguning, dan bau.

Untuk itu, jika Mama ingin menciptakan nasi pulen yang nikmat seperti nasi Jepang, perlu memakai rice cooker yang tepat. Tak hanya itu saja, penggunaan rice cooker yang tepat bisa membuat nasi memiliki rasa yang nikmat, harum dan tidak mudah berkerak.

2. Pilih rice cooker yang memiliki penyebaran panas lebih merata

2. Pilih rice cooker memiliki penyebaran panas lebih merata
Dok. POLYTRON

Tips berikutnya yang tidak kalah penting ialah memilih rice cooker yang memiliki penyebaran panas lebih merata.

Jika Mama bingung memilih rice cooker yang punya fitur tersebut, maka bisa melirik produk dari Polytron. Pasalnya, Polytron menghadirkan rice cooker terbaru dengan nama Donabe PRC 1201Y. Desain yang dibawa dari rice cooker ini juga lebih modern.

"Donabe memiliki kapasitas dua liter yang mampu memberikan pemanasan 3D pada nasi sehingga tekstur nasi menjadi lebih pulen, tidak terlalu lengket, lembut dan harum seperti nasi dari restoran Jepang," kata Albert Fleming selaku General Manager of Home Appliances Polytron melalui keterangan tertulis.

Rice cooker Donabe dari Polytron ini memiliki penyebaran panas yang lebih merata ke seluruh bagian nasi, yaitu bagian samping, bawah, dan atas. Dengan begitu, nasi bisa matang sempurna dan menjadikannya lebih tahan lama serta tidak mudah basi.

Tidak hanya itu saja, bagian panci Donabe terbuat dari material ceramic coating yang memiliki lapisan lebih tebal dari panci biasa. Panci ini juga sudah pasti food grade, sehingga aman untuk keluarga dan awet dalam penggunaan sehari-hari.

Pada alumunium cover yang terdapat di permukaan panci Donabe, elemen ini dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga mudah dalam penggunaan dan pembersihannya.

3. Pilih rice cooker yang memiliki pengaturan suhu

3. Pilih rice cooker memiliki pengaturan suhu
Freepik/Jcomp
Ilustrasi

Saat memasak nasi, Mama tentu harus memperhatikan suhu agar hasilnya menjadi lebih pulen dan nikmat.

Kini Mama sendiri tidak perlu khawatir, sebab rice cooker Donabe dari Polytron sudah memiliki pengaturan suhu yang modern yang dibutuhkan saat ini.

Rice cooker Donabe dilengkapi dengan fitur Defrost System, yaitu thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Pada saat memasak, nasi yang dihasilkan oleh rice cooker Donabe dapat matang lebih merata, lembut dan pulen.

Sedangkan ketika memanaskan, rice cooker Donabe mampu menghasilkan suhu hangat yang stabil pada nasi hingga 48 jam, sehingga nasi lebih tahan lama dan tidak mudah menguning dan tidak menjadi bau.

Sistem pemanasannya pun merata dengan fitur Tiara 3D, yaitu panas merata pada bagian samping, atas dan bawah.

Itulah beberapa tips membuat masak nasi jadi sepulen nasi Jepang dengan menggunakan rice cooker. Bila Mama tertarik untuk memilikinya, rice cooker Donabe tersedia dengan warna white grey yang anggun dan modern.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk