5 Bau yang Paling Dibenci Tikus

Bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus di rumah nih, Ma

16 Oktober 2021

5 Bau Paling Dibenci Tikus
Freepik/wirestock

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah, yakni dengan menjadikan rumah bebas dari tikus dan hewan pengerat lainnya.

Tikus dapat membawa penyakit seperti leptospirosis, murine typhus atau demam tifus, dan pes atau infeksi bakteri. Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui cara tepat mengusir makhluk kecil ini dari rumah agar tidak membawa penyakit.

Perlu Mama ketahui bahwa tikus memiliki indera penciuman yang luar biasa. Dengan kemampuan penciumannya yang tajam, tikus bisa mendeteksi aroma makanan yang ia sukai. 

Namun, ada beberapa bau yang tidak disukai tikus lho Ma. Nah, bau yang dibenci tikus ini bisa membantu Mama membuat tikus jadi tidak betah di rumah. 

Kira-kira apa saja ya bau yang paling dibenci tikus? Untuk mengetahuinya, Popmama.com telah merangkum beberapa informasinya untuk Mama, dilansir dari InsectCop.

Langsung saja simak ya, Ma!

Editors' Picks

1. Tikus sangat tidak menyukai bau kimia menyengat

1. Tikus sangat tidak menyukai bau kimia menyengat
exportersindia.com

Mama pasti tidak asing lagi dengan kapur barus yang dikenal dengan manfaatnya untuk mengusir tikus. Kapur barus mengandung bau naftalena kimia sangat dibenci oleh tikus. 

Namun, Mama perlu berhati-hati jika ingin menggunakan kapur barus atau bahan kimia lain untuk mengusir tikus. Karena, jika digunakan dalam jumlah besar, kapur barus bisa menjadi racun yang berbahaya bagi manusia. 

Salah satu kasus yang bersumber dari jurnal National Pesticide Information Center (NPIC) mengungkapkan bahwa kapur barus dapat menghasilkan gas beracun yang dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan gangguan pernapasan. Jadi, harus selalu berhati-hati ya, Ma!

2. Tikus takut dengan bau pemangsanya

2. Tikus takut bau pemangsanya
Freepik/topntp26

Salah satu bau yang tidak disukai tikus, yakni bau pemangsanya. Para pemangsa tikus seperti kucing, musang, atau rakun sangat tidak disukai oleh hewan yang satu ini. Jika tikus mencium bau pemangsanya, maka ia akan pergi menjauh agar terhindar dari bahaya.

Dilansir dari The Journal of Neuroscience dan Behavioral Neuroscience, para peneliti menemukan bahwa bau dari kucing dan musang dapat menimbulkan respons stres yang kuat pada tikus.

Jadi, Mama mungkin bisa mempertimbangkan untuk memelihara kucing di rumah untuk mengusir hama. Kucing tidak hanya pandai berburu tikus, tetapi baunya pun cukup untuk membuat tikus takut untuk menetap di rumah.

3. Tikus membenci bau tumbuhan alami

3. Tikus membenci bau tumbuhan alami
Freepik/jcomp

Jika Mama ingin mengusir tikus tanpa menggunakan bahan kimia, Mama bisa memanfaatkan bau dari tumbuh-tumbuhan alami yang dibenci tikus. Berikut beberapa pilihan bau alami yang sangat dibenci tikus antara lain:

  • Peppermint

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tikus sangat menghindari bau peppermint. Mama bisa mencoba menggunakan semprotan beraroma peppermint di daerah yang biasa dilalui tikus. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk menanam tumbuhan mint di rumah untuk membantu mencegah tikus datang.

  • Aroma kayu putih

Kayu putih memiliki aroma dan senyawa yang sangat dibenci tikus. Oleh karena itu, Mama bisa menggunakan larutan minyak kayu putih untuk mengusir tikus dari rumah

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 menemukan bahwa menyemprotkan larutan 5 persen hingga 20 persen minyak kayu putih dapat mengusir tikus rumah. Tikus akan menghindari makanan yang beraroma kayu putih, sehingga ia akan mencari makan di tempat lain di luar rumah.

  • Citronella atau serai

Citronella atau serai wangi merupakan tanaman aromatik yang terkenal dengan manfaatnya yang bisa mengusir nyamuk. Namun, siapa sangka bahwa citronella ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah.

Sama seperti kayu putih, tikus juga menghindari makanan yang memiliki aroma citronella yang kuat. Jadi, Mama bisa memanfaatkan aroma citronella untuk mengusir tikus dari rumah.

Ada banyak bau yang tidak disukai tikus yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengusirnya dari rumah. Yuk, buat rumah aman dari tikus agar terhindar dari penyakit yang ditularkan dari hewan pengerat ini.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.