Cara Menyimpan Salmon agar Tahan Lama

Pastikan Mama membeli salmon yang berkualitas baik dan masih segar

19 Oktober 2021

Cara Menyimpan Salmon agar Tahan Lama
Pixabay/Shutterbug75

Menurut National Fisheries Institute, salmon merupakan makanan laut terpopuler kedua setelah udang. Bagaimana tidak, selain lezat, salmon juga terkenal dengan kandungannya yang kaya akan nutrisi.

Salmon merupakan makanan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Tak hanya itu, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan sendi dan otak.

Agar manfaat yang didapat lebih maksimal, ikan salmon sebaiknya dikonsumsi atau dimasak dalam keadaan segar. Lantas, bagaimana cara menyimpan salmon agar tahan lama?

Jangan khawatir, Ma! Kali ini Popmama.com akan memberikan tips bagaimana cara menyimpan salmon agar lebih tahan lama. Langsung saja simak rangkuman berikut ini untuk mengetahui informasinya secara detail. 

1. Cara menjaga salmon tetap segar setelah dibeli

1. Cara menjaga salmon tetap segar setelah dibeli
Freepik/pvproductions

Sebelum membahas cara penyimpanan salmon di rumah, sebaiknya Mama juga mengetahui cara memilih salmon yang segar di pasar atau supermarket. 

Untuk memilih salmon yang segar, pastikan salmon tidak memiliki bintik-bintik cokelat dan tidak ada penggelapan atau perubahan warna. Dagingnya harus keras dan sedikit berkilau namun tidak berlendir, serta tidak terdapat celah atau lubang.

Pastikan juga baunya tidak terlalu amis, tetapi memiliki aroma laut yang ringan yang menunjukkan salmon masih dalam kualitas segar.

Mama bisa membeli salmon yang diletakkan langsung di atas es atau di bagian bawah kotak pendingin, sehingga dapat memastikan bahwa ikan yang dibawa pulang memang masih benar-benar segar.

Jika Mama membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk sampai di rumah, maka bisa meminta penjual ikan untuk mengemas ikan di dalam es agar lebih tahan lama.

Editors' Picks

2. Rendam salmon dalam air garam

2. Rendam salmon dalam air garam
Freepik/Racool_studio

Merendam salmon dengan garam akan memperpanjang umur saat ingin menyimpan salmon mentah, bahkan dapat meningkatkan cita rasanya. Mama cukup rendam salmon dalam larutan satu sendok garam dan satu cangkir air dingin selama 10 menit. Cukup mudah bukan, Ma!

Garam dapat memecah beberapa serat otot di sisi luar ikan, sehingga saat memasak salmon, otot-otot luar ini tidak terlalu kencang. Air garam juga dapat membuat salmon lebih segar dan enak setelah dimasak.

Selain itu, cara ini juga dapat mencegah ikan menjadi terlalu kering jika dimasak sedikit lebih lama.

3. Simpan salmon di suhu yang tepat

3. Simpan salmon suhu tepat
Freepik/luis_molinero

Hal yang paling penting dalam menyimpan segala jenis makanan laut, termasuk salmon, yakni menyimpannya pada suhu yang tepat. Ikan sangat sensitif terhadap suhu, jadi jika suhu penyimpanannya tidak tepat, ikan akan menjadi tidak segar dalam waktu yang cepat.

Setelah dibeli, alangkah baiknya salmon sesegera mungkin masuk ke lemari es. Tempatkan salmon di dalam kantong plastik yang dapat ditutup rapat dan buang udara di dalamnya sebanyak mungkin. Setelah itu, ikan salmon siap dimasukkan ke dalam lemari es.

Ikan salmon sebaiknya disimpan di lemari es pada suhu 0ºC. Akan lebih baik lagi jika Mama meletakan ikan salmon di atas es batu, setelah itu baru dimasukkan ke dalam lemari es.

4. Menyimpan salmon di kulkas

4. Menyimpan salmon kulkas
Pixabay/congerdesign

Tidak ada batasan waktu yang pasti mengenai berapa lama salmon bisa bertahan di kulkas. Hal ini tergantung pada kualitas dan kesegaran salmon yang Mama miliki. 

Biasanya, salmon mentah dari supermarket hanya dapat disimpan 1-2 hari setelah pembelian. Mungkin Mama bertanya-tanya, mengapa waktu simpan salmon begitu singkat? 

Hal ini karena proses pengiriman salmon ke pasar atau supermarket membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 20 hingga 30 hari.

Namun, jika salmon diproses pada hari yang sama saat ikan itu ditangkap, dan proses membekukannya cepat, salmon dapat bertahan sekitar 4-5 hari di kulkas dengan penyimpanan dan penanganan yang tepat.

5. Menyimpan salmon di freezer

5. Menyimpan salmon freezer
Freepik/Racool_studio

Jika tidak berencana untuk segera memasak salmon setelah dibeli, Mama bisa menyimpannya di dalam freezer. Freezer dapat membuat ikan salmon lebih tahan lama hingga enam bulan.

Agar kualitas salmon tetap baik, simpan di freezer dengan suhu -18°C.  Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, sebaiknya salmon dibilas, dikeringkan, dan dimasukkan ke dalam kantong tertutup tanpa udara di dalamnya.

Nah, itulah tips menyimpan ikan salmon agar lebih tahan lama. Salmon yang segar tentunya memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisinya pun bisa didapat dengan maksimal.

Semoga informasi ini menjadi pengetahuan baru ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.