5 Benda yang Sering Lupa Dibersihkan setelah Bepergian dari Luar Rumah

Permukaan benda bisa jadi media penularan virus, lho!

30 Agustus 2021

5 Benda Sering Lupa Dibersihkan setelah Bepergian dari Luar Rumah
Freepik/mrslraphol

Pandemi Covid-19 masih mengancam, jumlah kasus positif terpapar virus terus mengalami peningkatan di beberapa daerah Indonesia. Semua orang telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Namun, terkadang kita lupa bahwa benda-benda yang dibawa dari luar rumah bisa menjadi media penularan virus, sehingga lupa dibersihkan. Terutama sebelum dan setelah bepergian. 

Cara paling mudah untuk membersihkan permukaan benda adalah dengan menyemprotkan cairan disinfektan, mengelap benda pakai disinfectant wipes, yaitu tisu basah yang mengandung antiseptik. Selain itu, pastikan untuk melakukan pembersihan menyeluruh dengan air dan sabun.

Nah Ma, benda apa saja yang sering lupa kita bersihkan setelah bepergian dari luar rumah? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Yuk, diperhatikan dengan baik! 

1. Kemudi mobil

1. Kemudi mobil
Freepik

Walau sampai saat ini masih diberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), ada kalanya Mama terpaksa keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Namun, pernahkah kita menyadari betapa berbahayanya kemudi mobil jika tidak dibersihkan sebelum dan setelah bepergian dari luar?

Mama mungkin menganggapnya aman karena mobil diparkir jauh dari rumah dan tidak akan membahayakan seluruh anggota keluarga.

Hanya saja, perlu diingat bahwa kemudi mobil menjadi benda pertama yang disentuh setelah tangan memegang banyak barang-barang di pasar atau supermarket.

Belum lagi posisinya yang dekat dengan hidung, sehingga virus bisa terhirup dan mengancam kesehatan tubuh kita.

Pastikan semprot mobil dengan disinfektan sebelum dan setelah dipakai. Selain itu, pastikan untuk rajin membersihkannya.

Editors' Picks

2. Kartu debit

2. Kartu debit
Freepik

Saat ingin belanja di supermarket biasanya kita menghindari pemakaian uang tunai karena tidak higienis.

Namun, bertransaksi dengan kartu debit atau kredit pun rasanya kurang aman. Sebab, kartu akan dipegang oleh tangan kasir, mesin EDC, lalu kembali menyentuh tangan kita.

Oleh karenanya, ingatlah untuk mensterilkan kartu secara teratur agar tidak terkontaminasi virus dan bakteri. Mama bisa mengelapnya dengan tisu basah yang mengandung antiseptik.

Bisa juga dengan menyemprotkan sedikit cairan disinfektan, kemudian segera keringkan pakai lap microfiber.

3. Tas belanja

3. Tas belanja
Freepik/valeria_asakova

Setelah belanja di supermarket, segera keluarkan sayuran, buah, atau bahan makanan lainnya. Tas belanja bisa menjadi media penularan virus. Apalagi ia bersentuhan langsung dengan makanan.

Segera cuci sayuran dan buah dengan air bersih. Sementara, bahan makanan lainnya jangan langsung dimasak. Sebaiknya diamkan terlebih dahulu selama 24 jam.

Selain itu, simpan tas di ruang terbuka selama minimal 48 jam, kemudian cuci bersih dengan air dan sabun.

4. Headphone

4. Headphone
Freepik

Saat lari pagi, biasanya banyak orang-orang yang memakai headphone untuk mendengarkan lagu atau siaran radio favorit mereka.

Sesampainya di rumah, jangan lupa untuk membersihkannya ya! Tanpa kita sadari, virus dapat menempel di permukaan benda selama berjam-jam.

Bersihkan headphone dan barang lainnya yang dibawa saat lari pagi, seperti ponsel, tas pinggang, atau botol air mineral. Cara membersihkannya, cukup lap permukaan headphone dengan disinfectant wipes.

5. Kunci rumah

5. Kunci rumah
Freepik

Kunci rumah menjadi barang yang selalu dibawa saat pergi ke luar rumah. Oleh karena itu, ingat untuk selalu membersihkannya dengan benar.

Mama bisa memakai tisu yang mengandung antiseptik atau menyemprot sedikit cairan disinfektan.

Selain itu, Mama juga bisa melakukan pembersihan menyeluruh agar kunci tidak cepat berkarat. Caranya, gosok permukaan kunci dengan lemon dan garam lalu bilas dengan sabun cuci piring.

Nah Ma, itulah beberapa benda yang sering lupa dibersihkan setelah bepergian dari luar rumah. Yuk, segera bersihkan agar tidak terkontaminasi virus dan bakteri!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.