5 Cara Merawat Furnitur yang Ada di Luar Rumah agar Tidak Kusam

Furnitur di luar rumah cepat rusak dan kusam karena perubahan cuaca

16 Oktober 2021

5 Cara Merawat Furnitur Ada Luar Rumah agar Tidak Kusam
Freepik/teksomolika

Perubahan cuaca, seperti hujan deras atau teriknya sinar matahari dapat merusak material furnitur yang disimpan di luar rumah. Ada berbagai jenis material furnitur di antaranya, plastik, besi, alumunium, rotan serta kayu. Masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda. 

Misalnya set meja dan kursi dari kayu yang biasa dipakai untuk bersantai di balkon. Selama berhari-hari ia akan terpapar sinar matahari, kemudian warna aslinya akan memudar dan kusam.

Belum lagi saat musim hujan, furnitur kayu yang basah bisa lembap serta mulai keropos dan berjamur. 

Nah Ma, bagaimana cara merawat berbagai jenis furnitur yang ada di luar rumah? Kali ini Popmama.com akan membagian tipsnya. 

Disimak ya! 

1. Gunakan cairan pembersih serbaguna untuk furnitur plastik

1. Gunakan cairan pembersih serbaguna furnitur plastik
pepperfry.com

Plastik merupakan jenis furnitur yang paling mudah dibersihkan, apalagi jenis ini memiliki lapisan yang mengkilap dan anti noda. 

Mama hanya perlu memakai cairan pembersih serbaguna. Ingat, pilihlah produk ramah lingkungan agar tidak meninggalkan residu berbahaya pada furnitur plastik.

Namun, jangan gunakan sabut gosok dari stainles steel karena bisa menggores permukaannya. Setelah dicuci, coba langsung keringkan dengan kain lap microfiber.

Editors' Picks

2. Pastikan furnitur besi tidak tergores dan berkarat

2. Pastikan furnitur besi tidak tergores berkarat
Freepik/lifeforstock

Furnitur berbahan besi atau stainless steel banyak dipilih karena daya tahannya. Oleh karena itu, perabotan ini cocok untuk diletakkan di luar rumah.

Bersihkan furnitur dengan cuka dan spons busa. Cuka dapat membersihkan sekaligus menghilangkan karat. Caranya, gosok semua area dengan lembut setelah selesai bilas dengan air dan keringkan dengan lap microfiber.

3. Bersihkan furnitur aluminium agar kilaunya tidak hilang 

3. Bersihkan furnitur aluminium agar kilau tidak hilang 
alibaba.com

Aluminium menjadi pilihan umum lainnya untuk furnitur seperti, kursi dan meja untuk bersantai di luar rumah. Bersihkan furnitur ini dengan campuran sabun dan air hangat. Kemudian ingat, keringkan dengan kain lap microfiber ya. 

Selain itu, untuk mempertahankan kilaunya, disarankan pilihlah produk pembersih yang dirancang untuk mencuci permukaan mobil dan kapal. Produk tersebut memberikan perlindungan terhadap lapisan luar furnitur aluminium serta mengembalikan kilau.

4. Simpan furnitur rotan di dalam rumah saat tidak digunakan

4. Simpan furnitur rotan dalam rumah saat tidak digunakan
Pexels/EvgeniaBasyrova

Semua jenis furnitur yang terbuat dari anyaman, seperti rotan dan bambu memiliki cara khusus untuk merawatnya. Caranya, gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk menjangkau area yang sulit dibersihkan.

Setelahnya, bilas dan keringkan dengan kain lap. Sementara, untuk pembersihan cepat gunakan kain yang agak lembap untuk membersihkan debu atau kotoran yang menumpuk.

Bahan alami seperti rotan dan bambu memiliki struktur berpori, artinya mereka akan menyerap kelembapan karena dibiarkan di luar dalam kondisi hujan deras. 

Selain itu, saat cuaca panas, rotan dan bambu memiliki ketahanan UV yang minim, sehingga bisa cepat mengering dan warnanya pudar. Oleh karena itu, simpan furnitur di dalam ruangan saat tidak digunakan. 

5. Bersihkan furnitur kayu dengan kain basah 

5. Bersihkan furnitur kayu kain basah 
Freepik/lifeforstock

Furnitur kayu yang terbuat dari bahan jati, akasia, dan eukaliptus cocok diletakkan di luar rumah karena sifatnya yang kuat dan kokoh.

Cara merawatnya pun terbilang sederhana. Pertama, gunakan cairan pembersih dengan pH-netral dan air hangat. Kemudian, celupkan dan peras kain lap yang lembap. Gosoklah ke seluruh permukaan furnitur, terlebih yang sudah ada noda. 

Lap yang basah akan memudahkan kita saat ingin menghilangkan noda membandel. 

Nah Ma, itulah beberapa cara merawat furnitur yang ada di luar rumah. Yuk, ikuti tipsnya agar furnitur di rumah tampak seperti baru lagi! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.