6 Cara Mudah Merapikan Meja Kerja agar Nyaman dan Semakin Produktif

Meja yang berantakan bikin kita kurang konsentrasi dan tidak produktif saat bekerja!

24 Juli 2021

6 Cara Mudah Merapikan Meja Kerja agar Nyaman Semakin Produktif
Freepik

Meja kerja berantakan akan mengundang energi negatif yang menyebabkan kita kurang konsentrasi dan menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Apabila meja bersih dan tertata rapi, Mama tidak akan sulit mencari dokumen atau catatan penting lainnya yang akhirnya bisa bikin stres jika hilang.

Selain itu, meja yang kotor bisa menjadi sarang bakteri, kuman dan debu yang dapat memengaruhi kesehatan.

Nah Ma, yuk mulai rapikan meja kerja agar nyaman saat digunakan dan bikin kita lebih produktif. Kali ini Popmama.com telah merangkum tipsnya untuk menciptakan kesan nyaman.

Disimak ya!

1. Letakan barang-barang yang dibutuhkan

1. Letakan barang-barang dibutuhkan
Freepik/wayhomestudio

Buatlah daftar barang-barang apa saja yang sebaiknya diletakan di atas meja kerja, seperti beberapa jenis alat tulis, jam weker atau lampu meja.

Jangan terlalu banyak menempatkan barang, misalnya jika ada dua pengisi daya handphone, simpan yang satu lagi di tempat lain.

Selain itu, kurangi jumlah pajangan seperti action figure, koleksi DVD atau majalah di meja, karena bisa memecah konsentrasi kita saat bekerja.

Letakkan satu atau dua pajangan saja untuk dekorasi agar tampilan meja kerja lebih menarik.

2. Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan

2. Singkirkan barang-barang tidak diperlukan
Freepik/Racool_studio

Cara yang sangat sederhana untuk merapikan meja kerja, yakni dengan memilih barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan. Misalnya alat tulis bekas atau dokumen yang sudah tidak terpakai. Kumpulkan semua dalam boks kosong.

Perhatikan juga apabila ada sampah pembungkus makanan yang terselip, karena bisa mengundang semut dan binatang lainnya. 

Editors' Picks

3. Gunakan beberapa tempat penyimpanan

3. Gunakan beberapa tempat penyimpanan
styledegree.sg

Ada berbagai jenis tempat penyimpanan atau organizer, misalnya kotak-kotak kosong atau laci berukuran mini untuk menyimpan barang-barang kecil yang berantakan di meja kerja.

Misalnya flashdisk, kabel USB, earphone, penjepit kertas dan lainnya. 

4. Buatlah kategori barang-barang

4. Buatlah kategori barang-barang
Pexels/Huseyn Kamaladdin

Kelompokan barang-barang yang sejenis, misalnya simpan alat tulis di sudut meja, buku dan majalah di rak, serta dokumen-dokumen di laci. 

Selain agar gampang saat mencarinya, barang-barang yang terorganisir rapi akan membuat tampilan meja kerja semakin lega. Dengan begitu, kita tidak akan terganggu saat bekerja.

5. Sortir dokumen kerja secara sistematis

5. Sortir dokumen kerja secara sistematis
Pexels/anete-lusina

Terdapat banyak dokumen di meja kerja, misalnya laporan mingguan atau bejilid-jilid materi penting untuk presentasi. Apabila meja kerja Mama berantakan, kertas-kertas ini akan berceceran, tercampur dan ajaibnya bisa hilang begitu saja. 

Oleh karena itu, sebaiknya sortir semua dokumen berdasarkan kategori tertentu, sehingga kita mudah untuk mencari dan menemukannya.

6.Buatlah jadwal bersih-bersih

6.Buatlah jadwal bersih-bersih
Freepik

Dikarenakan sibuk bekerja, tentunya Mama tidak sempat membersihkan meja setiap hari. Oleh karenanya, buatlah jadwal untuk bersih-bersih secara menyeluruh. Pilihlah satu hari dalam seminggu dan lakukan secara teratur.

Selain itu, kita juga dapat menjadwalkan kegiatan bersih-bersih dengan cara berikut ini, misalnya pada hari Senin waktunya membersihkan rak buku, kemudian Sabtu saatnya merapikan dokumen yang menumpuk di meja. Dengan begitu, kegiatan bersih-bersih akan lebih mudah.

Simpan semua barang-barang ke dalam boks agar tidak berceceran dan hilang saat meja sedang dibersihkan.

Nah Ma, itulah beberapa cara mudah untuk membersihkan meja kerja. Semoga bisa menjadi solusi untuk Mama saat sedang bekerja di rumah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.