4 Cara Tingkatkan Protokol Kesehatan dengan Produk Personal Hygiene

Yuk, tetap waspada dari ancaman paparan virus!

23 Juni 2021

4 Cara Tingkatkan Protokol Kesehatan Produk Personal Hygiene
Freepik

Terjadinya peningkatan angka kasus Covid-19 dan ancaman mutasi virus membuat pemerintah Indonesia terus menggencarkan program vaksinasi. Namun, saat ini jumlah penduduk yang telah melakukan vaksinasi masih terbilang sedikit.

“Saat ini, persentase penduduk Indonesia yang telah divaksinasi 1 kali sebesar 11 persen dan vaksinasi lengkap sebesar 6,3 persen. Angka tersebut masih terbilang kecil dari total populasi Indonesia saat ini," kata dr. Dirga Sakti Rambe, dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog. 

Melihat hal ini, kita tentunya perlu meningkatkan kewaspadaan. Meskipun sudah melakukan vaksinasi, maka tetap perlu mengupayakan perlindungan diri untuk mengurangi risiko terpapar virus Covid-19.

Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Protokol kesehatan ini perlu ditingkatkan lagi penerapannya dengan tambahan produk personal hygiene yang sudah teruji klinis mampu membunuh kuman dan virus.

Nah Ma, seberapa pentingnya produk personal hygienie untuk melindungi kita dari Covid-19? 

Kali ini Popmama.com telah merangkumnya berdasarkan Virtual Pers Conference SOS bertajuk 'Serukan #TetapWaspada Agar Keluarga Semakin Terlindungi', Kamis (17/6/2021).

Disimak ya, Ma!

1. Lindungi pernapasan dengan masker yang tepat

1. Lindungi pernapasan masker tepat
Freepik/user18526052

Penggunaan masker terbukti sangat efektif dalam mencegah penularan virus Covid-19. Namun, hal ini tergantung pada jenis dan cara penggunaan maskernya. 

Masker medis seperti surgical mask terbukti masih paling efektif jika digunakan dengan tepat. 

"Saya menyarankan untuk mengganti masker maksimal 6 jam, atau ganti segera setelah masker sudah basah atau kotor,” ujar dr. Dirga Sakti Rambe.

Sementara itu, dr Dirga juga menambahkan bahwa penggunaan masker kain sudah tidak direkomendasikan lagi. Sebab, kemampuan filtrasi dalam masker kain terbilang rendah.

Editors' Picks

2. Mencuci tangan dengan produk pembersih yang sudah teruji klinis

2. Mencuci tangan produk pembersih sudah teruji klinis
Pixabay/Zukunftssicherer

Selama pandemi Covid-19, kita berkali-kali diingatkan untuk membiasakan kegiatan mencuci tangan. Selain menerapkan langkah cuci tangan menurut standar WHO (World Health Organization), jangan lupa untuk memilih produk pembersih tangan dengan kualitas terbaik.

Seperti sabun pencuci tangan antibakteri dan hand sanitizer dengan formula yang telah teruji klinis mampu membunuh kuman, bakteri dan virus.

3. Produk personal hygiene yang perlu dibawa saat keluar rumah 

3. Produk personal hygiene perlu dibawa saat keluar rumah 
Freepik/pvproductions

Apabila kita memang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain itu yang tak kalah pentinganya produk personal hygiene menjadi barang yang wajib dibawa. 

Ririn Ekawati, artis sekaligus seorang Mama dari dua anak ini membagikan tips untuk menerapkan perlindungan diri dari dalam dan luar. Mengingat saat ini Ririn dan keluarga masih menunggu giliran vaksin, ia selalu mengedukasi anak-anaknya mengenai pentingnya protokol kesehatan.

"Selain memberikan asupan makanan bergizi dan vitamin sebagai pertahanan diri dari dalam. Di sisi lain, saya melengkapi diri, suami serta anak-anak dengan hand sanitizer, masker sebagai barang yang wajib dibawa dan dipakai saat keluar rumah," ujar Ririn. 

4. Bersihkan tubuh dari virus yang menempel dengan produk pembersih

4. Bersihkan tubuh dari virus menempel produk pembersih
Freepik

Kebersihan di dalam rumah pun perlu dijaga. Terutama setelah bepergian, bagaimana caranya agar kita tidak membawa virus yang menempel pada barang-barang dari luar. Segera cuci tangan dan mandi sesampainya di rumah.

"Saat di dalam rumah, produk-produk penunjang protokol kesehatan juga tetap dipakai misalnya mencuci tangan dengan hand wash dan mandi dengan sabun yang mengandung antibacterial dan sudah teruji klinis," ujar Ririn. 

Nah Ma, itulah pentingnya produk personal hygiene untuk meningkatkan protokol kesehatan. Yuk, tetap waspada serta lindungi diri dan keluarga dari penyebaran virus!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.