7 Hiasan Rumah yang Bisa Membawa Energi Negatif menurut Feng Shui

Pilihlah hiasan rumah yang tepat menurut feng shui agar bisa membawa energi positif!

1 November 2021

7 Hiasan Rumah Bisa Membawa Energi Negatif menurut Feng Shui
Freepik/vanitjan

Ilmu Feng Shui banyak diterapkan dalam desain rumah, salah satunya dalam memilih elemen dekorasi yang akan dipakai untuk mempercantik ruangan.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa, Feng Shui merupakan adalah ilmu yang dapat menyelaraskan manusia, bumi, dan surga, untuk mendatangkan energi positif yang akan membawa keberuntungan serta memperbaiki segala aspek kehidupan kita.

Namun, tanpa disadari kita telah menyalahi aturan Feng Shui dengan memilih benda-benda yang tidak tepat. Dengan begitu, tanpa disadari justru membawa energi negatif ke dalam rumah.

Nah Ma, penasaran hiasan rumah apa saja yang bisa membawa energi negatif? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari The Spruce.

Yuk, disimak!

1. Tanaman kering

1. Tanaman kering
Pexels.com

Berdasarkan ilmu Feng Shui, tanaman hijau yang segar dapat membawa energi positif ke dalam rumah. Sebaliknya, tanaman yang sudah layu atau sengaja dikeringkan oleh pemilik rumah dapat mendatangkan energi negatif.

Tanaman yang sudah mati tidak bisa memberikan energi kehidupan. Namun, apabila tanaman yang layu masih bisa diselamatkan. Maka dari itu, Mama perlu melakukan berbagai cara agar ia bisa tumbuh segar kembali.

2. Tanaman berduri tajam

2. Tanaman berduri tajam
Freepik/bublikhaus

Sebaiknya hindari menyimpan tanaman yang berduri tajam sebagai dekorasi rumah. Berdasarkan ilmu Feng Shui, tanaman dengan daun atau tangkai berbentuk runcing seperti jarum dapat menciptakan energi negatif.

Sebaliknya, pilihlah tanaman berdaun bulat yang lembut untuk membawa energi positif ke dalam rumah.

Editors' Picks

3. Cermin rusak dan buram

3. Cermin rusak buram
Pixabay/kirahoffmann

Cermin menjadi salah satu benda yang memiliki makna simbolis dalam berbagai kebudayaan di dunia.

Bentuknya yang datar dan jernih dapat memperluas pandangan dan mencerminkan jiwa seseorang. Oleh karena itu, cermin yang rusak atau buram tidak akan merefleksikan hal yang sebenarnya.

Jika ingin menggunakan cermin sebagai dekorasi rumah, pilihlah yang materialnya kuat. Jangan lupa untuk membersihkannya setiap hari agar permukaannya tetap jernih.

4. Cermin bagua

4. Cermin bagua
joom.com

Cermin bagua dalam ilmu Feng Shui sering dijadikan dekorasi yang fungsinya melindungi dari energi negatif, bahkan dapat mendatangkan keberuntungan bagi mereka yang memasangnya.

Benda ini memiliki bentuk oktagon atau segi delapan dengan berbagai simbol. Di tengah-tengahnya terdapat cermin bulat yang berbentuk cekung atau cembung yang bertujuan untuk membelokkan energi negatif.

Sayangnya, benda Feng Shui yang sakral ini sering sekali salah penempatannya. Cermin Bagua tidak boleh diletakkan di dalam ruangan, melainkan harus di luar rumah. 

Biasanya cermin bagua dipasang di bagian luar pintu utama.

5. Laci penyimpanan di bawah tempat tidur

5. Laci penyimpanan bawah tempat tidur
getlaidsbed.co.uk

Tempat tidur kini hadir dalam berbagai desain yang unik dan cantik. Ada yang dilengkapi dengan laci penyimpanan untuk mendukung gaya hidup minimalis.

Kita dapat memanfaatkannya untuk menyimpan buku-buku atau berbagai pernak-pernik. Selain praktis dan rapi, kamar jadi terasa lebih lega. Namun, ternyata hal ini tidak menunjukkan energi positif dalam Feng Shui, lho! 

Penyimpanan di bawah tempat tidur mewakili blok bawah sadar dalam berbagai bidang kehidupan kita, termasuk hubungan romantis.

Apabila memungkinkan, sebaiknya jangan menyimpan apapun di bawah tempat tidur, kecuali benda-benda yang berhubungan dengan tidur seperti bantal empuk, selimut, atau seprai. 

Hal ini agar energi baik dapat mengalir dengan mudah di sekitar kita. 

6. Tempat tidur tanpa headboard

6. Tempat tidur tanpa headboard
Freepik/user3455376

Kasur biasanya dilengkapi dengan headboard atau sandaran kepala dengan berbagai desain yang cantik. Selain berfungsi sebagai hiasan, juga untuk melindungi kepala agar tidak terbentur dinding saat tidur.

Dalam ilmu Feng Shui, sandaran kepala memiliki makna memperkuat, mendukung serta menghubungkan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup kita.

Pastikan sandaran kepala dipasang dengan baik pada dinding yang kokoh agar aman. 

7. Hiasan di balik pintu

7. Hiasan balik pintu
carousell.sg

Sebaiknya jangan menyimpan berbagai jenis hiasan di belakang pintu, seperti rak atau gantungan baju. Hal ini membuat pintu terhalang.

Menurut ilmu Feng Shui, idealnya pintu harus terbuka sebesar 90 derajat. Pintu yang terhalang dapat membawa energi negatif seperti perasaan stres. Selain itu, juga bisa membatasi peluang baik yang akan masuk ke dalam rumah.

Nah Ma, itulah beberapa hiasan rumah yang bisa membawa energi negatif menurut Feng Shui. Namun, jika Mama menyukai barang-barang tersebut, tentu saja boleh untuk menyimpannya. Asalkan bukan untuk tujuan untuk memperbaiki Feng Shui di dalam rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.